Skip to main content

18 Tingkatan Manusia di Akhirat menurut Ibnu Qoyyim



Pada kesempatan kali ini kami memberikan kepada anda informasi tentang apa yang ditulis oleh Ibnu Qoyyim. Seorang ulama yang menuliskan 18 tingkatan manusia di akhirat. Kita selama ini hidup di dunia, tentu ada secercah pertanyaan di dalam hati, apakah saya ini termasuk orang baik, atau tidak? bagaimana ya?? kelak kehidupan saya di akhirat?. Rangkuman di bawah ini merupakan salah satu ijtihad ibnu qoyyim al jauzi, tentang tingkatan dan kedudukan manusia. Dan Beberapa gambar di bawah ini diharapkan dapat mengukur diri kita masing-masing untuk muhasabah, meningkatkan harapan kita kepada alloh agar dimasukkan ke dalam kelompok yang berbahagia, dengan memacu amal sholeh kita di dunia.



Ibnu Qoyyim Al Jauzi, nama seberanya adalah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abi Bakr bin Ayyub bin Sa’ad bin Huraiz az-Zar’i, kemudian ad-Dimasyqi. Dikenal dengan ibnul Qayyim al-Jauziyyah nisbat kepada sebuah madrasah yang dibentuk oleh Muhyiddin Abu al-Mahasin Yusuf bin Abdil Rahman bin Ali al-Jauzi yang wafat pada tahun 656 H, sebab ayah Ibnul Qayyim adalah tonggak bagi madrasah itu. Ibnul Qayyim dilahirkan di tengah keluarga berilmu dan terhormat pada tanggal 7 Shaffar 691 H. Di kampung Zara’ dari perkampungan Hauran, sebelah tenggara Dimasyq (Damaskus) sejauh 55 mil.



18 Tingkatan ini secara lengkap menyebutkan bagaimana kelak seseorang itu di akhirat. Tingkatan ini disusun oleh ibnu qoyyim dengan sebelumnya mempelajari al quran dan as sunnah. Selamat menyimak.


Peringkat Pertama, Ulul 'Azmi


Peringkat Kedua, Nabi dan Rosul


Peringkat Ketiga, Para Nabi yang tidak tercantum dalam Al Qur'an



Peringkat ke Empat


Para Pemimpin yang adil




Peringkat Ke Enam



Peringkat Ke Tujuh


Peringkat Kedelapan, Orang-orang yang Alloh Bukakan
pintu-pintu kebaikan yang banyak



Peringkat Kesembilan, Orang-orang yang selamat



Peringkat Kesepuluh, Orang-orang yang dikaruniai taubat sebelum
kematian


Peringkat Kesebelas, orang yang berbuat
kebajikan, di waktu lain berbuat
kejahatan


Peringkat keduabelas, orang yang
amal baiknya berimbang dengan
kejahatanya




Peringkat Ketigabelas, Kelompok yang penuh dengan kemaksiatan
dan ringan timbangan kebaikanya




Peringkat Keempat Belas, Kelompok manusia yang tidak memiliki keimanan
dan tidak pula ketaatan, kemaksiatan dan tidak pula 'Amal Sholih




Peringkat Kelima Belas, Orang-orang munafik zindik




Pemimpin-pemimpin kafir



Pengikut Kekafiran



Peringkat kedelapan belas, Golongan Jin yang kafir





Comments

Popular posts from this blog

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …

Contoh Matriks SPACE pada Perusahaan AMDK AQUA, Cara Membuat Matrik Space, Cara Merumuskan Strategi Utama Perusahaan, Kupas Tuntas Matriks SPACE

Contoh Space Matrix Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan / AMDK (Aqua)

Keberhasilan perusahaan keunggulan dan dalam persaingan di masa sekarang tampaknya sulit diprediksi. Kemampuan menciptakan perusahaan yang mampu berperan sebagai perusahaan yang kuat dalam bersaing semakin sulit untuk ditempuh. Sehingga para manajer mungkin akan berfikir keras untuk menetapkan strategi utama perusahaan. Hal ini disebabkan meningkatnya inovasi dari para pesaing sehingga keputusan strategi tidak akan berumur lama dan harus menentukan strategi baru.




Perkembangan perusahaan air minum dalam kemasan di Indonesia secara tidak langsung telah menumbuhkan tingkat persaingan antar perusahaan yang makin ketat. Bertitik tolak dari masalah tersebut perlu kiranya disusun sebuah perencanaan strategi yang baik sehingga diperoleh kondisi perusahaan yang sehat dari aspek Aset, Likuiditas dan Manajemen serta memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi untuk memperebutkan pasar air minum dalam kemasan yang cukup ketat …

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…