Skip to main content

Kereta Api Tempo Dulu: Jalur Kereta Api yang hilang di Demak, Kudus, Pati, Rembang


Dahulu, sebelum tahun 1970an, terdapat jalur kereta api yang dijangkau dari Surabaya, Lamongan, Babat, Bojonegoro, Rembang, Pati, Kudus, Demak, sampai Semarang dan sebaliknya. Jalur ini dinon aktifkan pada tahun 1970an karena minat penumpang kereta semakin lama semakin sedikit. Dan memilih transportasi darat lainya.

Jalur Kereta Api yang hilang

Tetapi sekarang Jalur itu  Mulai Bojonegoro-Rembang-Pati-Kudus-Demak-Semarang, sudah tidak ada lagi. Jalur itu sudah dipakai lagi pada tahun 1970an karena efisiensi kinerja PT KAI (pada saat itu dikenal dengan PJKA) dalam menyajikan perjalanan yang efektif bagi seluruh penggunannya. Selain itu pada saat itu juga PT KAI juga merespon adanya minat kecil bagi warga Indonesia untuk menggunakan transportasi  kereta api yang melewati jalur ini. 

Ketika saya berada di Pati Jawa Tengah pun.. seperti  itu ceritanya, sehingga ini merupakan salah satu jalur kereta api yang hilang. Kalau kita merujuk pada jalur Kereta Api tahun 1925 maka kita akan melihat bahwa memang jalur dari Surabaya ke Semarang lewat Pati masih ada, dan baru di non aktifkan pada tahun 1970an.

Jalur Kereta Api yang Hilang di Rembang by: Nugraha, Priya

Stasiun Kudus, Demak, dan Lasem Rembang yang tidak lagi aktif

Comments

Post a Comment