Skip to main content

Informasi Kereta Api: Pembagian Jenis Kereta Api dan Ketentuan Penumpang Kereta Api

Ketentuan Penumpang Kereta Api
Anda perlu memperhatikan ini, karena jika tidak.. ketika anda menemui kondisi yang tidak terduga.. anda dapat mengantisipasinya sejak dini. Apakah kondisi yang tidak terduga itu..??
misal:
  • Ketika anda membawa barang berat, 
  • Ketika anda tidak bisa melakukan perjalanan pada hari H dan mengganti pada hari yang lain, 
  • Pembatalan Karcis, 
  • Penumpang tidak berkarcis
Ketentuan ini perlu anda ketahui, sehingga anda dapat memanage risiko yang mungkin anda dapatkan ketika anda memasuki Kereta Api dan melakukan perjalanan bersamanya.

Pembagian Kereta Api
Sebagai perusahaan yang mengelola perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mengoperasikan KA penumpangnya, baik KA Utama (Komersil dan Non Komersil), maupun KA Lokal di Jawa dan Sumatera, yang terdiri dari :
  • KA. Eksekutif merpakan kereta api yang mempunyai fasilitas lengkap, mulai dari ber-ac, kursi nyaman (di duduki dua orang, kaki bisa selonjor, tv, cepat,dll)
    Contoh: Gajayana, Gumarang, Bangunkarta, dls
  • KA Ekonomi merupakan salah satu segmen pelayanan produk inti PT. Kereta Api (Persero) di luar sejumlah KA Komersil (Kelas Eksekutif dan Kelas Bisnis).
    KA Kelas Ekonomi yang dioperasikan PT. Kereta Api selama ini masih di kelompokkan menjadi tiga segmen, yaitu KA Ekonomi Jarak Jauh, KA Ekonomi Lokal (antar kota dalam propinsi), dan KA Ekonomi Jabotabek.
    contoh:
    KA. Ekonomi Jarak Jauh (pada tabel di bawah ini)
Sumber: web PT KAI

          KA. Ekonomi Lokal: Rapih Dhoho, Penataran
  • KA. Bisnis merupakan kereta api yang memiliki fasilitas di bawah KA. Eksekutif yaitu kipas angin, pengamen dilarang masuk, penjual dilarang masuk (kecuali di stasiun, saat berhenti), Kursi bisa dibolak-balik arahnya. Contoh: Ka. Senja Singosari

  • KA. Campuran merupakan kereta api gabungan antara Kelas Eksekutif, Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi dalam satu rangkaian kereta. contoh: KA. Malabar(Kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, Mutiara Timur (Kelas Ekonomi, Bisnis), Malioboro Ekspress (Kelas Eksekutif dan Ekonomi ber-ac)
  • KA. Lokal (antar kota (yang terdiri dari beberapa kota saja)
    Contoh: Surabaya Gubeng-Kertosono, Komuter, Kelud Ekspres




Ketentuan Tarif Kereta Api (tarif anak-anak sekarang tidak ada) pada KA. Ekonomi dan Lokal

Tarif Tiket Kereta Api Rapih Dhoho dan Penataran


Pembatalan Karcis dan Pengembalian bea untuk Seluruh KA.

Ketentuan Tiket Kereta Api Ekonomi Lokal


Merubah Jam/Tanggal
Merubah jam atau tanggal keberangkatan untuk karcis pesanan boleh dilakukan 1 kali selambat-lambatnya sehari sebelumnya (H-1) dengan bea administrasi Rp 2000

Barang Bawaan
Penumpang membawa barang bawan lebih dari 20 (dua puluh) kg atau barang ringan makan tempat (RMT), dikenakan bea sesuai aturan yang berlaku.

Penumpang tak berkarcis
Penumpang tidak berkarcis diturunkan.

Regulasi Baru tentang Peraturan Tiket Kereta Api Lokal tahun 2013, per April 2013

Keterangan Tiket Rapih Dhoho, Penataran per 1 April 2013


Comments

Popular posts from this blog

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

Contoh Matriks SPACE pada Perusahaan AMDK AQUA, Cara Membuat Matrik Space, Cara Merumuskan Strategi Utama Perusahaan, Kupas Tuntas Matriks SPACE

Contoh Space Matrix Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan / AMDK (Aqua)

Keberhasilan perusahaan keunggulan dan dalam persaingan di masa sekarang tampaknya sulit diprediksi. Kemampuan menciptakan perusahaan yang mampu berperan sebagai perusahaan yang kuat dalam bersaing semakin sulit untuk ditempuh. Sehingga para manajer mungkin akan berfikir keras untuk menetapkan strategi utama perusahaan. Hal ini disebabkan meningkatnya inovasi dari para pesaing sehingga keputusan strategi tidak akan berumur lama dan harus menentukan strategi baru.




Perkembangan perusahaan air minum dalam kemasan di Indonesia secara tidak langsung telah menumbuhkan tingkat persaingan antar perusahaan yang makin ketat. Bertitik tolak dari masalah tersebut perlu kiranya disusun sebuah perencanaan strategi yang baik sehingga diperoleh kondisi perusahaan yang sehat dari aspek Aset, Likuiditas dan Manajemen serta memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi untuk memperebutkan pasar air minum dalam kemasan yang cukup ketat …