Skip to main content

Manajemen Proses Bisnis

Lembaga Sertifikasi

Perusahaan biasanya menggunakan lembaga sertifikasi untuk mendapatkan pengakuan orang-orang dengan rating tertentu dengan jasa Lembaga Sertifikasi. Kenapa??? karena jika perusahaan mengabarkan sendiri kekuatanya, memamerkan sendiri kualitasnya, tentu seseorang akan bilang " ah.. mungkin itu yang ditampilkan yang baik-baiknya saja... sedang kejelekan di dalamnya disembunyikan" Nah untuk mengatasi hal ini lahirlah Lembaga Sertifikasi yang secara netral menilai suatu perusahaan.

Lembaga Sertifikasi yang kita bahas pada kesempatan kali ini adalah ISO 

ISO

Organisasi Internasional untuk Standardisasi dikenal sebagai ISO, adalah Badan Penetapan Standar Internasional yang terdiri dari Perwakilan dari berbagai organisasi standar nasional. Organisasi ini didirikan pada 23 Februari 1947, mengumumkan standar ke seluruh dunia industri dan komersial eksklusif. ISO memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss. Sementara ISO mendefinisikan dirinya sebagai sebuah organisasi non-pemerintah. Kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum, baik melalui perjanjian atau standar nasional, membuatnya lebih kuat daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah. Dalam prakteknya, ISO bertindak sebagai konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pemerintah.

Organisasi yang saat ini dikenal sebagai ISO dimulai pada 1926 sebagai Federasi Internasional Asosiasi Standarisasi Nasional (ISA). Organisasi ini sangat terfokus pada teknik mesin. Ini dibubarkan pada tahun 1942 selama Perang Dunia kedua tetapi re-organisasi di bawah nama saat ini, ISO, pada tahun 1946.

Logo ISO
 
ISO adalah organisasi sukarela yang anggotanya dari berbagai bangsa yang mewakili pemerintahannya masing-masing. Sebagian besar karya ISO dilakukan oleh 2700 teknis, subkomite komite dan kelompok kerja. Setiap komite dan subkomite dipimpin oleh Sekretariat dari salah satu anggota organisasi.

Logo organisasi mempunyai dua bahasa resmi, Inggris dan Perancis, termasuk kata ISO, dan biasanya disebut dengan nama ini bentuk singkat. ISO menegaskan bahwa ISO bukan akronim atau initialism untuk nama lengkap organisasi baik dalam bahasa resmi, melainkan organisasi mengadopsi ISO berdasarkan ISO kata Yunani, artinya sama - menyadari bahwa inisial organisasi akan berbeda dalam berbagai bahasa, pendiri organisasi memilih ISO sebagai bentuk pendek universal namanya. 


Untuk menghadapi konsekuensi dari tumpang tindih di wilayah-wilayah standardisasi dan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi, ISO dan IEC membentuk Joint Technical Committee yang dikenal sebagai ISO / IEC JTC1, adalah komite bersama pertama. Komite bersama kedua diciptakan pada tahun 2009 - Komite Proyek Bersama - Efisiensi energi dan sumber energi terbarukan - terminologi umum.

Logo ISO 9001

Logo ISO 14001

Logo 9001
 
ISO 9001 adalah Standard Management mutu yang sangat dikenal di dunia. Standard yang dimaksud adalah Standard Management Proses, sedangkan ISO 14001 adalah Standard Management Lingkungan, dimana sebuah Perusahaan yang sudah mengimplementasikan standard ini membuktikan komitmen Perusahaan ini terhadap kesadaran lingkungan, dalam usaha turut serta mengupayakan pencegahan pemanasan global dunia yang cenderung naik.

Sertifikasi ini mengarahkan Perusahaan untuk mengelola dampak lingkungan dari bisnis-nya bersama-sama dengan jaminan mutu proses melalui ukuran yang kongkret dan di-audit secara berkala untuk menunjukkan akuntabilitasnya.

PT Hyundai Indonesia Motor , selaku Agen Pemegang Merek dan PT Hyundai Mobil Indonesia dan sebagai Distributor Tunggal Hyundai di Indonesia, akan terus konsisten dalam menjalankan Visi dan Misi perusahaan :
Visi       :  Menjadi Agen Tunggal & Distributor yang terkemuka & disegani.
Misi     : Menyediakan mobil yang berkualitas & bersaing, memiliki jaringan yang berstandar tinggi & seragam serta mengerti keinginan Pelanggan. Selain terus berinovasi dalam  menghadirkan produk-produk unggulan sesuai dengan global strategy.

Hyundai Indonesia sejak awal juga sudah berinisiatif untuk mencanangkan standard management proses yang melibatkan seluruh karyawan untuk meningkatkan kinerja secara konsisten, meningkatkan kecepatan proses dan meningkatkan output per-hari, untuk tercapainya kepuasan Pelanggan.

ISO 9000 adalah suatu kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu. ISO 9000 dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu suatu organisasi internasional atau komite yang mengembangkan standar manajemen mutu dan kualitas. TC 176 ISO memiliki 3 (tiga) Subcommittees (SC), 1 (satu) kelompok kerja dan 3 (tiga) kelompok tugas  yang menghasilkan suatu standar dan petunjuk dokumen sebagai berikut:

1.      Concepts and Terminology
2.      Quality Systems
3.      Supporting Technologies


Manfaat yang didapatkan dengan penerapan standarisasi sistem manajemen mutu seperti ISO 9000 adalah:
1.      Aspek Konsistensi Pelaksanaan dan Pengawasan
a. Memberikan pendekatan praktik yang sistematis untuk manajemen mutu.
b. Memastikan konsistensi untuk memelihara mutu produk/jasa.
c. Menetapkan kerangka kerja untuk proses peningkatan mutu lebih lanjut dengan membakukan proses guna memastikan konsistensi dan mampu menelusuri serta meningkatkan hubungan antar fungsi yang mempengaruhi mutu.

2.      Aspek Pengendalian Pencegahan a. Menentukan secara jelas tanggung jawab dan wewenang dari personel kunci yang mempengaruhi mutu b. Mendokumentasikan prosedur secara baik dalam menjalankan operasi dan proses bisnis penyedia jasa atau pabrik/industri c. Menerapkan sistem dokumentasi yang efektif melalui mekanisme audit mutu internal dan tinjauan manajemen yang berkelanjutan

3.      Aspek Pertumbuhan dan Pengembangan a. Sebagai sarana pemasaran b. Dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen/pelanggan c. Dapat meningkatkan citra dan daya saing perusahaan d. Dapat meningkatkan produktifitas mutu jasa/produk e. Dapat memberikan pelatihan yang sistematik kepada staf melalui prosedur dan instruksi yang baik f. Mengantisipasi tuntutan konsumen atas mutu produk dan tingkat persaingan bersama g. Sebagai dasar/pondasi yang mantap untuk pengembangan mutu selanjutnya menuju manajemen mutu terpadu

Sertifikasi terhadap salah satu ISO 9000 hanya menyatakan bahwa bisnis proses yang berkualitas dan konsisten dilaksanakan di perusahaan atau organisasi tersebut.  



Begitulah sekilas tentang ISO yang telah diakui oleh internasional termasuk di negara Indonesia telah banyak mengadob standart ISO untuk dipakai sebagai standart mutu diberbagai bidang baik pemerintah maupun non pemerintah.








Pada hari ini, Selasa 15 Juni 2010, PT Hyundai Indonesia Motor – pabrik Hyundai di Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek, memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2008 dan 14001:2004 setelah melalui audit oleh Badan Sertifikasi SAI Global dan dinyatakan layak memperoleh sertifikat dari Badan Akreditasi JAZ-ANZ (Joint Accreditation System of Australia & New Zealand).

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

Contoh Matriks SPACE pada Perusahaan AMDK AQUA, Cara Membuat Matrik Space, Cara Merumuskan Strategi Utama Perusahaan, Kupas Tuntas Matriks SPACE

Contoh Space Matrix Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan / AMDK (Aqua)

Keberhasilan perusahaan keunggulan dan dalam persaingan di masa sekarang tampaknya sulit diprediksi. Kemampuan menciptakan perusahaan yang mampu berperan sebagai perusahaan yang kuat dalam bersaing semakin sulit untuk ditempuh. Sehingga para manajer mungkin akan berfikir keras untuk menetapkan strategi utama perusahaan. Hal ini disebabkan meningkatnya inovasi dari para pesaing sehingga keputusan strategi tidak akan berumur lama dan harus menentukan strategi baru.




Perkembangan perusahaan air minum dalam kemasan di Indonesia secara tidak langsung telah menumbuhkan tingkat persaingan antar perusahaan yang makin ketat. Bertitik tolak dari masalah tersebut perlu kiranya disusun sebuah perencanaan strategi yang baik sehingga diperoleh kondisi perusahaan yang sehat dari aspek Aset, Likuiditas dan Manajemen serta memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi untuk memperebutkan pasar air minum dalam kemasan yang cukup ketat …