Skip to main content

Pembahasan Khazanah Trans TV 8 November 2013 " Semangat Para Pejuang "

Telaah Pembahasan Khazanah Trans TV
Pada acara khazanah tanggal 8 November 2013, membahas tentang semangat jihad melawan penjajah belanda di Surabaya. Semangat tersebut beriringan dengan gema takbir yang teriakkan para pejuang di negara ini untuk menghadapi belanda yang telah merong-rong indonesia dengan kesewenang wenanganya.




Khazanah Trans TV, Hari Pahlawan


Semangat itu dilantunkan oleh bung tomo untuk membakar semangat arek-arek surabaya sehingga akhirnya mereka mampu membunuh jendral belanda yaitu AWS MALABY. Kisah ini merupakan salah satu renungan bagi kita, jangankan harta, nyawa pun bisa dikorbankan untuk mengusir penjajah yang sewenang-wenang tindakanya terhadap sekelompok masyarakat.




Perjuangan melawan belanda ini dimotori oleh seorang muslim, yang mereka semangat untuk mengusir penjajah dengan semangat jihad yang ada di hati nya. Semangatnya bersambut dengan keyakinan dan keteguhanya sehingga mereka menjadi sangat berani dalam berperang di jalan alloh, berperang untuk meninggikan kalimat alloh di bumi ini, agar tidak ada lagi yang sewenang wenang menentukan aturan / hukum pada kehidupan berbangsa dan bernegara dengan selain hukum alloh.


Ada beberapa point yang kami tanggapi dari pembahasan khazanah trans tv pada tanggal 8 november 2013, yaitu:
  • Muslim itu berjuang dengan ikhlas karena alloh untuk membela bangsanya.
  • Ada image bahwa orang islam berperang untuk merebut kekuasaan,
  • Berjuang untuk mengusir penjajah, Padahal seorang muslim berjuang untuk meninggikan kalimat alloh, untuk menerapkan hukum-hukum alloh pada kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Kebangsaan sentris yang menggiring seseorang pada opini memerangi penjajah atas nama kebangsaan adalah jihad
  • Mengartikan bahwa musuh orang muslim itu adalah penjajah, yang dulu memerangi orang indonesia secara terang-terangan, yang dulu mencuri hasil bumi yang menjadi hak orang indonesia.


Khazanah




Muslim berjuang tidak atas nama kebangsaan.
Begitulah yang kiranya kami dengar dari petikan suara dari acara khazanah di trans tv, bahwa seorang muslim itu harus berjuang di jalan alloh untuk membela bangsanya. Peristiwa 10 November dibawa oleh untuk menunjukkan semangat muslimin membela bangsanya. Tidaklah demikian sebenarnya, tidaklah patut seorang muslim berperang atas dasar kebangsaan, melainkan mereka mesti berperang untuk meninggikan kalimat alloh. Tidak peduli itu bangsa mana, atau dimana, atau terletak diperbatasan negara mana dan mana, tetapi yang namanya muslim itu bersaudara dimanapun mereka berada.

“Bukan dari golongan kami orang yang berperang semata-mata atas dasar kebangsaan, dan bukan golongan kami yang matinya karena fanatik kebangsaannya.” (HR. Abu Dawud).

Pihak belanda yang dimotori oleh orang-orang kristen, dan sesuai dengan keturunanya, agama kristen itu warisan dari agama penjajah. Mereka kandas karena keyakinan mereka yang batil, meskipun dengan persenjataan lengkap, tetapi mereka takut mati, sedangkan disisi lain, seorang muslim yang berjuang tidak takut mati, dan mereka malah mencari mati di jalan alloh.

Maksud dari hadits tersebut bahwa perang yang dimaksud dengan jihad fi sabilillah adalah perang yang menegakkankebenaran, agar kalimat Allah dapat ditegakkan. Jadi orang yang melakukannya haruslah berniat semata-mata karena Allah memerintahkan untuk menegakkan kebenaran. Itu perang yang dibenarkan oleh Nabi kita. Selanjutnya kematian yang semata-mata didasarkan karena fanatik kebangsaan padahal bangsa itu berbuat aniaya atau tidak benar, bukanlah kematian yang dipandang syahid. Adapun hadits yang berbunyi: “Hubbul wathan dan seterusnya”, adalah hadits maudhu’ artinya hadits palsu, tidak shahih 


Muslim berjuang tidak untuk merebut kekuasaan.
Muslim berjuang tidak untuk merebut kekuasaan, atau menggulingkan penguasa. Tetapi muslim berperang untuk meninggikan kalimat alloh. Alloh Subhanahu wata'ala yang menciptakan langit dan bumi, termasuk daratan indonesia ini adalah ciptaan alloh subhanahu wa ta'ala. Seseorang memakan rizki dari Alloh, maka sudah sepatutnya seseorang itu taat kepada alloh, tidak sekedar meyakini dalam hati saja, tetapi juga harus menjalankan hukum-hukum alloh (menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya). 

Seorang muslim itu mesti taat pada pemimpinya (siapapun itu pemimpinya) selama pemimpinya masih membawa al qur'an dan al hadits untuk menjalankan tugas kenegaraanya. Selama pemimpinya melandaskan hukum islam ada setiap perkara yang terjadi pada sebuah negara. Hakikat kepemimpinan, di dalam islam adalah pemimpin dalam masalah agama dan pemimpin dalam masalah pemerintahan (urusan dunia). Keduanya kepemimpinan dalam agama (din) dan kepemimpinan dalam pemerintahan yang menjadikan title ulil 'amri tersemat padanya.

Seorang muslim, seorang mukminin berjuang di jalan alloh untuk menegakkan dinulloh (hukum alloh). Jangan terlalu sempit memikirkan mereka para mujahiddin berperang karena ingin kekuasaan sehingga enak nantinya hidup di dunia, tetapi mereka para mujahiddin berperang dijalan alloh agar kalimat alloh tinggi di bumi ini, dan agar mereka (segenap manusia) tunduk pada hukum alloh.

Belanda datang ke indonesia dengan semangat untuk menjajah dan menularkan paham-paham sekuler serta menelurkan hukum-hukum yang telah dibuatnya untuk diterapkan di Indonesia. Bayangkan saja, mereka repot-repot membuat aturan, dengan biaya besar, dengan waktu yang lama,
Bukan tah al qur'an merupakan sumber dari segala sumber hukum kehidupan manusia?
Tidak tah cukup al qur'an yang sudah termuat di dalamnya aneka aturan, yang mengatur kehidupan kita?? Apa tah kita hendak mengobarkan biaya besar untuk membuat suatu aturan yang memuat kebenaran semu, sedangkan yang gratis, tinggal pakai dan pasti benar (Al qur'an dan Al Hadits) kita tidak mau menggunakanya?


Penjajah menelorkan sifatnya pada hukum yang mereka buat.
Ingatlah, sifat dari pembuat akan menular pada pemakai produknya. Kebanyakan hukum yang ada di indonesia merupakan warisan belanda, inggris, serta amerika yang kebanyakan orang silau terhadap mereka. Sifat mereka yang serakah, menjajah, maka si pemakai hukum buatan mereka (warisan penjajah) seolah-olah mereka itu rakus seperti penjajah?

Tidakkah sadar bahwa kita masih dijajah? dijajah oleh orang yang masih menggunakan hukum selain hukum alloh untuk mengatur kehidupan dunia. Sifat penjajah pun turun pada pemakai hukum, penegak hukum tersebut, sehingga kerasa tidak? sekali lagi kerasa tidak?? kalau kita ini masih terjajah? seakan-akan kehidupan ini sulit sekali untuk dijalani seperti kita terjajah dahulu oleh belanda, seperti kita terjajah dahulu oleh jepang. Inilah hakikat ketertindasan kita semua karena disekitar kita masih banyak orang "keturunan" penjajah, "anak buah" penjajah yang masih berkeliaran untuk mengkacaukan urusan kita.



Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …