Skip to main content

Mencari Pembenaran atau Mencari Kebenaran,

Sudah kah kita mengetahui? Apa itu mencari pembenaran dan mencari kebenaran?? Dalam sebuah diskusi mungkin kita akan menemui orang yang senantiasa mencari pembenaran atas apa yang dilakukan dan dipahami, bukan malah mencari kebenaran. Untuk memahami kajian tentang hal ini, mari kita defisinikan terlebih dahulu antara Pembenaran dan Kebenaran. Mencari pembenaran merupakan hal menyibukkan seseorang untuk membela hawa nafsunya. Berbagai macam cara seseorang itu mencari pembenaran, baik dengan pendapat orang lain maupun dengan pendapat sendiri yang ngawur.


Begitu juga dengan mencari kebenaran, hal itu bisa dilakukan dengan menelaah dengan baik apa yang terjadi dan apa yang ada disekitarnya dicocokkan dengan wahyu. Itulah hakikat kebenaran, bahwa wahyu adalah kebenaran, Maka jika seseorang tidak menyandarkan kepada wahyu Alloh, maka dia sedang mencari pembenaran. Karena Hakikatnya kebenaran itu dari Alloh dan segala sesuatu dari selain alloh adalah kebathilan.


Mencari Pembenaran, 
Pembenaran merupakan sebuah usaha seseorang untuk mencari salah satu sudut pandang kebenaran pada apa yang dilakukan baik dengan rasional maupun secara hawa nafsu. Mencari pembenaran cenderung menutupi apa yang sebenarnya dilakukan dan membenarkan apa yang telah dilakukan.

Tidak ada lagi saat ini dari kebaikan mencari pembenaran, karena dua pegangan hidup manusia yang saat ini kita mengenalnya yaitu al qur'an dan al hadits. Pegangan ini merupakan penegasan, bahwa kita tidak boleh mencari-cari alasan dengan meninggalkan al qur'an dan al hadits.

(Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Alloh sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa: 165)


Yang lebih parah lagi, jika seseorang mencari pembenaran sesuai dengan hawa nafsunya dengan memilih-milih ayat, dan hadits, untuk melancarkan pendapatnya demi memenuhi hawa nafsunya, bukan malah untuk memenuhi ketundukan kepada Alloh Subhanahu wa ta'ala. Saat ini banyak sekali da'i yang mereka itu tidak menyampaikan kebenaran, tetapi malah mencari pembenaran terhadap dakwahnya, terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.


Kebenaran, 
Kebenaran merupakan salah satu kata yang mungkin setiap orang menginginkanya. Siapa yang tidak ingin kebenaran? jika masih tidak menginginkan kebenaran dalam kehidupanya, tentu orang itu termasuk terkena penyakit gila. Parah, jika orang gila yang dia menyadari kegilaan dan yang lebih parah lagi, ada orang gila yang tidak menyadari kegilaanya.



Dua pembahasan tentang mencari pembenaran dan mencari kebenaran merupakan sebuah kalimat aktif yang sangat berbeda walau sekilas kita menemukan kesamaan padanya. Seseorang yang mencari pembenaran cenderung ekstrim penilaianya kepada orang lain yang berseberangan terhadap pendapatnya dan sangat menjunjung orang yang tidak sependapat denganya hanya berdasarkan rasional saja. 

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …