Skip to main content

Dauroh "Persatuan antara harapan dan kenyataan" di Jember dan Tulungagung Jawa Timur oleh Ust. DR Nur Ihsan lulusan Universitas Islam Madinah

Ust. Nur Ihsan merupakan seorang ust yang bergelar DR karena menyelesaikan kuliahnya di Universitas Islam di Madinah Jurusan Aqidah. Ust Nur Ihsan sangat terampil dalam mengisi sebuah materi di dalam dauroh. Terbukti ust, telah melakukan dauroh di beberapa kota, yang kami pernah ikuti adalah saat di Jember dan di Tulungagung Jawa Timur.


Ust. Pernah mempersembahkan sebuah kajian ilmiah tentang Persatuan antara harapan dan kenyataan. Apa yang menjadi tema pada dauroh kali ini merupakan suatu hal yang pelik untuk dibahas serta sesuatu yang sangat diinginkan oleh seluruh umat islam yang ada di dunia ini. Bagaimanakah membangun sebuah persatuan???





Kita seringkali terjebak oleh fanatisme golongan yang membuat kita membela mati-matian kebangsaan, membela mati-matian keturunan, jabatan, nama baik sebuah gelar, dll tetapi kita terlupa bahwa bukanlah itu semua yang menjadi sumber persatuan yang hakiki. Persatuan yang semu inilah yang membuat umat islam itu terpecah-pecah, sehingga tidak lagi seiring bersama dan seirama lagi malah yang ada menghujat kesana kemari, saling menuduh kesana kemari.


Persatuan hakiki berlandaskan pada Al Qur'an dan Al hadits

Itulah makna persatuan yang hakiki, maka hakikatnya jika seseorang melepaskan diri dari Al Qur'an dan Al Hadits, akan terjebak pada perselisihan yang banyak.

“Sesungguhnya barang siapa di antara kalian yang hidup sepeninggalku nanti maka ia akan melihat perselisihan yang banyak. Oleh karena itu wajib bagi kalian untuk berpegang teguh dengan sunnahku, dan sunnah Al Khulafa’ Ar Rasyidin yang terbimbing, berpeganglah erat-erat dengannya dan gigitlah ia dengan gigi-gigi geraham…”
(Shahih, HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ad Darimi, Ibnu Majah dan lainnya dari sahabat Al ‘Irbadh bin Sariyah. Lihat Irwa’ul Ghalil, hadits no. 2455).

Jadi siapapun orangnya, bahkan orang yang mengaku ulil amri sekalipun, jika tidak memegang al qur'an dan as sunnah, hakikatnya orang tersebut telah ikut dalam perselisihan yang banyak yang akan terjadi sepeninggal rosululloh. Apakah Persatuan itu dengan demokrari?? tentu hal itu tidaklah benar, bahwa persatuan itu adalah denga Al Qur'an dan As Sunnah.



Persatuan hakiki adalah jika seseorang taat pada ulil amri.
Materi ini merupakan materi yang bagus, jika seseorang keluar dari ketaatanya pada ulil amri, maka pada hakikatnya dia memicu perselisihan. Inilah yang sering dilupakan kebanyakan orang, bahwa ketaatan itu mutlak kepada al qur'an dan al hadits, sedang ketaatan kepada ulil amri itu tidaklah mutlak. Tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa taat pada ulil amri merupakan salah satu modal pembangun persatuan umat islam.




Beberapa Masukan kepada Ust DR Nur Ihsan,

Memang selalu menarik pembahasan yang dilakukan oleh DR Nur Ihsan dengan gemilangnya membawakan sebuah materi, nah berikutnya pada dauroh itu terdapat pertanyaan yang langsung diacungkan oleh beberapa orang yang pertanyaanya langsung menohok kepada seorang Doktor waktu itu.

Sedikit membahas tentang Menuliskan Pertanyaan di atas sebuah kertas.
Inilah bahasan yang bagus, janganlah memilah sebuah pertanyaan yang kemudian tekniknya menggunakan dengan sebuah kertas dan menuliskan pertanyaan di atasnya. Kalau lah sudah yakin dengan kebenaran yang dibawa, kenapa dilakukan dengan menuliskan pertanyaan di selembar kertas?? Kenapa harus memilah sebuah pertanyaan?? memang saat di jember demikian adanya, ada yang langsung bertanya, tetapi saat di tulungagung tepatnya di masjid al munawwar tidaklah demikian pertanyaan dituliskan pada selembar kertas.

Salah satu pertanyaan yang kami ingat ketika di Jember adalah:
Ust, tadi mengatakan persatuan itu bisa diraih berlandaskan hanya pada Al Qur'an dan As Sunnah, Lalu sekarang ini menggunakan Sistem Demokrasi?? apakah mungkin persatuan itu didapat dari Demokrasi??

Ust DR Muhammad Nur Ihsan akhirnya angkat bicara,  dengan panjang lebar beliau sampaikan, tetapi mbulet terasa. Sampai suatu saat beliau mengungkapkan, ini jawaban saya, kalau ingin yang lebih detail, silahkan ikuti kajian saya lebih lanjut.

Kenapa tidak dijawab di forum itu juga??
Beliau juga mengungkapkan, "mungkin jawaban ini tidak puas di hati anda."
Bagaimana bisa puas? sedang kebenaran di depan mata, jawaban yang mudah untuk dijawab dibawa kesana kemari sehingga menjadi samar kembali.


Senada dengan hal itu, ketika berada di Tulungagung, ust Nur Ihsan juga demikian ketika di kertas yang dibacakan terdapat pertanyaan tentang demokrasi beliau menjawab, ini bukan fak saya, silahkan anda bertanya kepada bapak (pns) disamping saya ini. Lucu sekali, beliau ini lulusan universitas islam madinah, dan jurusan aqidah, bagaimana mungkin menjelaskan tentang demokrasi saja tidak bisa?? apa mungkin ditutupi?? agar tidak menyindir pemerintahan??


Semoga tidak demikian, Semoga Ust. DR Nur Ihsan memiliki keberanian untuk menerangkan yang putih itu putih dan yang hitam itu hitam. Semoga Alloh menjaga Ust. DR Nur Ihsan dari fitnah yang membawa pada perselisihan yaitu meninggalkan al qur'an dan al hadits, Semoga Alloh memberikan pemahaman kepada Ust. DR Nur Ihsan tentang demokrasi dan mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan demokrasi kepada khalayak, amin,


Semoga yang sedikit ini mampu menjadi masukan kepada ust, dan berikutnya mampu untuk memperbaiki kualitas dauroh.

*Tidak usah bertanya dengan selembar kertas, (kalau mungkin banyak kita dengar, kita mesti mengikuti al qur'an dan as sunnah) Sekarang kami balik tanya, apakah dalam sebuah kajian yang dilakukan Rosululloh, dilakukan sahabat, jika bertanya mesti menggunakan kertas?? sedangkan langsung berbicara bisa dilakukan?? jika ada riwayat tentang itu mohon diberi tahu kepada kami.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …