Skip to main content

Sifat Sombong, Kesombongan, Jangan Sombong, Sekelumit tentang kesombongan

Latar Belakang Penulisan: 
Kesombongan merupakan hal yang mungkin sering menghinggapi kehidupan kita baik secara sadar maupun tidak. Kesombongan itu merupakan hal yang mesti menjadi koreksi utama dalam kehidupan kita, karena tidaklah pantas seseorang itu menyombongkan diri terhadap apa yang seseorang miliki. Lalu apakah yang dimaksud dengan sombong itu? Penting untuk kita ketahui bahwa kesombongan merupakan salah satu sifat yang membuat kita tidak tentram di dunia dan akhirat. Lalu bagaimana kita mendefinisikan sifat sombong itu?, perlu diketahui bahwa definisi yang dapat menjauhkan kita dari sifat sombong dan menjauhkan kita dari siksa di akhirat nanti (baca: karena sombong) adalah definisi yang Alloh sendiri wahyukan lewat al qur'an dan al hadits. Definisi inilah yang mestinya kita pegang, karena selain definisi yang kita peroleh dari keduanya, atau dirujukkan pada keduanya, tidak akan membuat kita menemukan jawaban final dari penjabaran sifat sombong yang benar. 

Ingat, kebenaran itu dari sisi Alloh Subhanahu wa ta'ala, sedangkan kesalahan itu dari selainNya. 
Kebenaran itu adalah dari Robbmu (Alloh Subhanahu wa ta'ala), sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (Al Baqoroh: 147)
Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan KEBENARAN; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. (Al Baqoroh: 119)

Tujuan penulisan artikel ini adalah: 
Untuk mengingatkan diri penulis sendiri, serta orang lain yang masih dihinggapi oleh kesombongan atau keinginan untuk menyombongkan diri. Selain itu artikel ini juga bertujuan untuk menepis kesombongan yang ada pada diri kita karena kita semua tentu sepakat, bahwa mengetahui, dan memahami kesombongan akan membuat kita mudah untuk menjauhinya.



Pengertian Sombong. 

Titik acuan pembicaraan kita adalah kesombongan, apa itu sombong? Kesombongan adalah Menolak Kebenaran dan Meremehkan Orang lain. Sombong bukanlah dengan berpakaian indah, memakai sandal yang bagus, memakai sarung yang bagus, memakai kendaraan yang bagus, tetapi sombong itu adalah jika seseorang menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. 


“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91)

Menolak Kebenaran, 
Lihat, Menolak kebenaran terdapat pada hal yang paling prioritas dalam kesombongan. Sebab, segala faktor kesombongan itu, dimanapun ia lakukan, sadar atau tidak, itu berawal dari penolakanya terhadap kebenaran. Apa itu kebenaran? Kebenaran adalah sesuatu yang datangnya dari Alloh Subhanahu wa ta’ala. 


Kebenaran itu adalah dari Robbmu (Alloh Subhanahu wa ta'ala), sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (Al Baqoroh: 147)
Al Qur'an dan Al Hadits itu al haq (kebenaran) karena datangya dari Alloh Subhanahu wa ta'ala, jika seseorang melawan Al Qur'an dan Al Hadits, melawan ketentuan di dalamnya, melanggar apa yang ada padanya, maka cukuplah seseorang itu dianggap sombong, cukuplah seseorang itu merasa takut, tidak akan masuk surga kelak di akhirat nanti, melainkan adzab akan menanti.
Sesunguhnya Alloh Ta’ala berfirman: “Kemuliaan adalah pakaian-Ku dan sombong adalah selendang-Ku. Barangsiapa yang mengambilnya dariku, Aku Adzab dia. (HR. Muslim)


Meremehkan orang lain.
Meremehkan orang lain yang membawa kebenaran,
Inilah perkara yang besar, jika seseorang meremehkan orang yang membawa, memahami, dan mencoba mengamalkan al qur'an dan al hadits. Jika seseorang berangkat dari meremehkan al qur'an dan al hadits, membangkang terhadap ketentuan yang ada di dalamnya, maka ia pun akan terjerumus untuk meremehkan orang yang membawanya (baca: membawa kebenaran). Maka lengkaplah apa yang ada pada dirinya menjadi sombong (takabbur)

Meremehkan orang lain karena fisik,
Tidaklah sepatutnya kita menyombongkan diri dengan apa yang ada pada diri kita yang merupakan karunia alloh subhanahu wa ta'ala. Jika kita melihat seseorang yang mempunyai kekuranga, dalam hal apa pun pada fisiknya, janganlah kita mencelanya. Sangat mudah bagi alloh untuk setiap saat mengubah wujud kita seperti seseorang yang mempunyai kekurangan tersebut. Karena tubuh ini merupakan karunia alloh, tidak sepatutnya seseorang menyombongkan diri terhadap fisik yang dia miliki, sombong dalam artian, tidak menggunakanya dengan baik, tidak menutup auratnya, serta meremehkan fisik orang lain.

Meremehkan orang lain karena ilmu,
Tidaklah sepatutnya kita menyombongkan diri. Apalah arti diri ini, jika kita tidak punya pendengaran, penglihatan, dan hati. Maka sekalipun terhadap ilmu yang kita miliki, janganlah kita menyombongkan diri dengan ilmu yang dimiliki. Belum bisa seseorang itu dianggap berilmu kalau dia masih menyombongkan apa yang ada pada dirinya terhadap orang lain. Hakikat keilmuan kita (baca: ilmu syariat islam) itu adalah untuk meraih ridho alloh, jangan sekali-kali kita menyombongkan diri terhadap ilmu yang kita ketahui dalam artian kita menolak kebenaran, yang ada pada ilmu tersebut dan membanggakan pendapat kita sendiri. Hakikat keilmuan kita adalah untuk disampaikan kepada orang lain, dan diamalkan, bukan malah untuk disombong-sombongkan.


Walau kita merasa benar, tetap. . kita tidak boleh sombong dalam menyikapi suatu masalah. Kesombongan itu membawa kepada kebinasaan. Kesombongan itu melahirkan turunan-turunan yang akhirnya mendekatkan kita pada keingkaran. Kesombongan tidak sepatutnya kita pakai untuk menjadikan diri ini terlihat lebih dari yang lainya. Sesungguhnya rasa syukur itu lebih baik daripada kita mesti sombong.


Harapan,
Maka tulisan ini merupakan koreksi terhadap diri penulis sendiri secara khusus, karena kita adalah makhluk yang dekat dengan kesalahan dan kelupaan. Itulah kekurangan manusia. . manusia itu tempatnya lupa dan salah. Ada orang yang bilang: Justru lupa dan salah itu lah merupakan syarat manusia menjadi manusia. Jika dia tidak mempunyai kelupaan dan kesalahan, maka patut dipertanyakan kemanusiaanya.


Janganlah kita terlalu sombong, sok lebih tahu, lebih paham. . coba kita lihat. . apakah kita tidak malu. . tuh ketika kita tidur. . kita tidak bisa apa-apa. . dilontarkan pertanyaan pun kita tidak bias menjawab. Ketika diri ini sombong. . tidak kah merasa. . kita itu terbatas, melihat dan mengamati saja hanya pada apa yang ada di depan kita. Kita tidak tahu apa yang dibelakang kita.


Kesombongan merupakan sebab iblis menjadi makhluk yang terlaknat, karena iblis benci terhadap manusia, maka iblis pun akan menularkan sifatnya itu untuk menyesatkan manusia ke jalan yang benar.


Kesombongan itu membutakan kita akan cahaya kebenaran, kesombongan itu mengeraskan hati ini untuk selalu memandang remeh apa yang kita lihat. 


Rangkuman,
Ingat, kesombongan itu bermula dari seseorang menolak kebenaran. Itulah awal seseorang bisa terjerumus kepada kesombongan. Jika dia menolak kebenaran, maka orang-orang yang membawa kebenaran pun akan diremehkan pula. Tidak ada kebaikan pada sifat sombong yang ada pada diri ini, senantiasa kita beristighfar, semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita baik yang kita sadari maupun tidak. Semoga kita terhindar dari sifat sombong.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …