Skip to main content

Contoh Perusahaan Holding Company di Indonesia, Semen Indonesia Holding Company dari Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Semen Thang Lon

Dalam perkembangan teknologi akhir-akhir ini (2013), seringkali kita mendengar istilah-istilah baru dalam percakapan, atau dialog yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai media, baik langsung maupun tidak langsung, baik media elektronik maupun media non elektronik, tentu kita seringkali akan menemukan beberapa istilah yang mungkin baru saja kita ketahui. 

Salah satu istilah yang sering kita dengar adalah bahasan tentang materi ekonomi. Seiring dengan tersebarnya berita-berita dari media masa yang sering membahas masalah ekonomi, atau tayangan-tayangan yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi, maka perlu kiranya bagi seseorang untuk mengetahui tentang maksud dari bahasa yang kini populer di media masa. Hal ini cukup menarik untuk dikaji, karena satu pemahaman saja tentang istilah itu, maka pengetahuan kita akan semakin luas, kita tidak akan tertinggal dan terbodohi dengan kata-kata yang baru saja kita dengar itu.



Latar Belakang penulisan
Beberapa hari ini, kita sering melihat iklan yang fenomenal dan mengesankan dari PT SEMEN INDONESIA atas kerjasamanya dengan 4 perusahaan besar. Di dalam iklan itu bercerita tentang perjuangan yang keras dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, serta perjuangan yang keras dalam membangun sebuah perusahaan yang kuat dan mampu bersaing di dunia semen. Bahkan mereka datang dari sejarah yang berbeda, untuk berkumpul menjadi satu membangun sebuah kekuatan besar perusahaan semen yang diberi nama Semen Indonesia. Semen Indonesia sendiri dahulunya adalah Semen Gresik. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba memberikan gambaran secara umum tentang apa yang terjadi pada Holding Company Semen Indonesia. 





Iklan Holding Company Semen Indonesia, Semen Gresik



Holding  Company
Istilah ekonomi yang kita dengar pada saat menyimak iklan Semen Indonesia adalah Holding Company. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui atau asing terdengar di telinga kita. Adik-adik smp dan sma mungkin juga masih banyak yang belum mengetahui tentang holding company ini. Berangkat dari keinginan untuk memberikan informasi, dan memberikan tentang artikel edukasi, kami menulis artikel tentang holding company yang ada di Indonesia, salah satunya kami batasi dengan pembahasan PT SEMEN INDONESIA.

Sejarah PT Semen Indonesia


Tujuan Penulisan
Memberikan informasi kepada masyarakat tentang fenomena holding company yang kini terjadi, termasuk memberikan pengetahuan tentang holding company serta seluk beluknya. Serta pembahasan tentang PT Semen Indonesia yang kini menggantikan nama Semen Gresik.



Semen Indonesia

Semen Indonesia



Holding Company
Strategi Holding Company (Perusahaan Holding) bertujuan untuk memperoleh kepemilikan saham pada perusahaan lain. Loh, berarti holding company sama dengan akuisisi? iya benar, jika anda telah menyangka seperti itu. 

Pembahasanya seperti ini, kenapa perusahaan menggunakan holding kompany? yaitu dengan pertimbangan banyak hal yang berhubungan dengan strategi perusahaan dalam membangun rumah tangga perusahaanya. 

Lalu apa perbedaan antara Holding Company dan Akuisisi?
Biasanya Holding Company adalah kepemilikan saham atas perusahaan yang lain yang sejenis.

Sebuah perusahaan holding yang memiliki saham beredar perusahaan lain. Istilah ini biasanya mengacu pada sebuah perusahaan yang tidak menghasilkan barang atau jasa itu sendiri, melainkan tujuannya adalah untuk memiliki saham perusahaan lain. Perusahaan induk memungkinkan pengurangan risiko bagi pemilik dan dapat memungkinkan kepemilikan dan kontrol dari sejumlah perusahaan yang berbeda. 

Perusahaan mengeluarkan kebijakan holding campany, karena perusahaan telah mempunyai sebagian besar saham dari perusahaan sejenis lainya. Pada contoh kali ini adalah pada perusahaan Semen. Kepemilikian sebagian besar saham ini, membuat tata kelola keuangan perusahaan akan mengikut pada perusahaan induknya. Holding Campany merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan induk untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan tetap memanfaatkan anak perusahaan tetap pada nama aslinya.


Semen Indonesia



Lalu apa bedanya dengan akuisisi?
Nah itu yang menjadi pertanyaannya, karena di dalam akuisisi juga tidak mengenal perubahan nama perusahaan yang diakuisisi kan? tidak ada bedanya dengan akusisi. Pertanyaan itu sudah saya singgung pada artikel di atas, strategi holding company merupakan strategi akuisisi perusahaan yang sejenis. Pada kasus terapanya Perusahaan Semen Indonesia mengakuisisi 4 Perusahaan semen besar yaitu: 3 diantaranya di Indonesia dan 1 lagi dari vietnam.


Atau bukanya malah merger ya??
kalau anda masih bertanya, tanya. . mungkin dari ilustrasi yang ada di iklan atau yang anda lihat dari gambar kami, anda menyimpulkan itu merger. . wajar saja. . karena definisi merger adalah gabungan beberapa perusahaan dengan nama baru. 

Untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ada di dalam benak anda sekalian, maka kami akan memberikan kepada anda gambaran tetang kerjasama-kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.



Joint Venture,
Kerjasama dua pihak perusahaan atau lebih untuk sebuah kerjasama bisnis. Sehingga dalam kerjsama joint venture ini pihak-pihak perusahaan dapat melakukan kesepatakan untuk sebuah proyek bisnis, baik dari sisi permodalan, operasional, termasuk di dalamnya juga pembagian keuntungan.

Contoh Perusahaan yang melakukan Joint Ventures adalah PT Indofood dan Netsle



Merger, Akuisisi,dan Konsolidasi, Klik DISINI


Beda halnya dengan joint venture, ketiga hal ini merujuk pada penggabungan perusahaan bukan hanya sebuah kerjsama bisnis saja, melainkan sudah merujuk pada perubahan struktur perusahaan. Perubahan ini bisa dilihat dari beberapa hal baik berkaitan dengan nama perusahaan, maupun berkaitan dengan struktur modal perusahaan.




Sejarah Semen Indonesia
Holding Company merupakan hasil dari akuisisi, Ambil contoh pada kasus Semen Indonesia, pada kasus itu, PT Semen Indonesia mengakuisisi, ke tiga perusahaan semen besar di asia tenggara. Kenapa saya bilang tiga kok bukan empat?? karena Semen Indonesia merupakan perubahan dari nama Semen Gresik. Setelah mengganti nama menjadi semen indonesia, kini semen indonesia mulai mempublikasikan keberadaan holding company nya di media iklan elektronik, maupun non elektronik. Untuk lebih lengkapnya tahu tentang sejarah Semen Indonesia Klik DISINI


Holding Company  Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa,
Seman Than Long

Semen Gresik

Semen Than Long


Semen Tonasa


Semen Padang




Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …