Skip to main content

Wisata Tulungagung: Pantai Sidem; Terowongan Tulungagung Selatan; PLTA Tulungagung di Pantai Sidem; Terowongan Niyama

Pantai Sidem merupakan salah satu pantai yang berada di Tulungagung, atau lebih tepatnya merupakan salah satu pantai di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Keberadaan Pantai ini sungguh menawan dengan suguhan keindahan hamparan alam yang menarik. Begitu mempesona dan penuh kalimat tanya di benak kita ketika kita melihat jajaran pemandangan alam yang indah. Ada aneka macam spot yang bisa anda nikmati sembari anda meneruskan perjalanan ke Pantai Sidem.

Terdapat dua pintu air di Tulungagung bagian selatan yang langsung menghap ke Samudera Hindia yaitu Terwongan Niyama  dan Terwongan Tulungagung Selatan.



Terwongan Niyama / Terowongan Tumpak Oyod 
Tahun Pembuatan yaitu pada saat penjajahan jepang di Indonesia. Terwongan Niyama merupakan salah satu solusi yang diusulkan pemerintahan jepang berada di Indonesia pada saat itu. Pemikiran tentang pembuatan Terowongan Niyama ini berujung pada tindak pemaksaan pekerja Indonesia untuk ikut merealisasikan pemikiran pemerintah jepang di Indonesia pada saat itu. Akibatnya kita mungkin pernah mendengar cerita dari kakek nenek tentang kerja paksa / romusa yang mengerjakan proyek  terwongan niyama.



Terowongan Niyama, Tampak dari Depan


Terowongan Niyama, Tampak dari Depan



Terwongan Niyama (nampak dari belakang)


Sungai Terusan Terowongan Tulungagung

Sungai Terusan Terowongan Niyama

Terowongan Tulungagung Selatan yang satunya selain terowongan Niyama merupakan Terowongan Buatan Tahun 1985, dan Log Penutupnya diselesaikan pada tahun 1986 dan pada saat itu mulai dioperasikan. Sebab pembangunan Terwongan Tulungagung Selatan ini

Terowongan Tulungagung Selatan Tempo Dulu


Terowongan Tulungagung Selatan

Sungai Terusan dari Terowongan Tulungagung Selatan

Sungai terusand ari Terowongan Tulungagung Selatan


PLTA Tulungagung di Pantai Sidem
PLTA Tulungagung yang terletak di kawasan Pantai Sidem ini merupakan salah satu penyuplai listrik Tulungagung, selain PLTA di Waduk Wonorejo, dan PLTA di Majan. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak potensi pembangkit listrik tenaga air. Terdapat satu corong yang nampak di PLTA di Pantai Sidem ini. Aliran sungai sebagai penggerak turbin didapatkan dari aliran sungai bawah tanah dari Terowongan Tulungagung Selatan / Terowongan Niyama.



PLTA Tulungagung di Sidem

PLTA Sidem





Pantai-pantai di Kecamatan Besuki
Kecamatan Besuki
  1. Pantai Ngenjor
  2. Pantai Nglarap
  3. Pantai Klatak
  4. Pantai Mbayeman
  5. Pantai Sidem
  6. Pantai Popoh 
  7. Pantai Coro

Pantai Sidem merupakan spot memancing yang sering kita jumpai para pemanjing sedang memegang walesanya dan menanti ikan mulai menggodai makanan yang mereka umpankan. Menatap indahnya pantai sidem bersama sejuk angin sepoi yang menerpa pepohonan kelapa yang tumbuh disekitar pantai merupakan suasana yang indah untuk dinikmati.  Di Pantai Sidem pula, kita bisa menemui sungai yang langsung mengarah ke laut yang berasal dari Terowongan Tulungagung Selatan.


Pantai Sidem


Pantai Sidem

Pantai Sidem
Baca Juga Artikel lainya selengkapnya.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …