Skip to main content

Informasi Wisata: Mendaki Gunung Kelud

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi kepada anda tentang pendakian ke Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan tempat wisata Gunung, terbaik se-Jawa Timur. Hal ini karena akses ke Gunung Kelud dibangun dengan baik dan aspal yang bagus dan lebar, sehingga siapa saja mampu untuk menjangkaunya. Di bawah juga disediakan semacam shelter di Kuta Bali untuk menjangkau puncaknya. 



Untuk semakin menambah kesan ke Gunung Kelud, kami memutuskan untuk mendaki ke Gunung Kelud dengan jalan kaki. Pendakian berawal dari Masjid sebelum mulai menyusuri jalanan Aspal Gunung Kelud. Rekor yang kami pegang mendaki Gunung Kelud adalah 2,5 Jam mulai dari Masjid yang ada sebelum Pintu Gerbang Gunung Kelud sampai Memasuki Terowongan Gunung Kelud. Kalian bisa memecahkan rekor kami?? silahkan coba... :)



Terowongan di Gunung Kelud


Anak Gunung Kelud


Spot Panjat Tebing di Gunung Kelud

Jalanan di Kawasan Gunung Kelud

Selama menyusuri jalanan ke Anak Gunung Kelud, kami hanya berbekal Air, Kopi Bubuk, Gula, serta perlengkapan camping lainya seperti tenda, tali, dll. Perjalanan yang luar biasa, ketika nampak malam hari yang dingin di jalan ke Gunung yang sepi, sungguh menjadi hal yang berkesan pada perjalanan ini. Apalagi bekal yang tidak serba ada..merupakan suatu hal yang menarik karena kita bisa seperti survival / semisurvival dengan mencari ilalang, untuk dihisap batangnya, mencari Kaliandra, untuk dimakan serta mencari buah murbei.

Kami hanya berbekal kopi, gula, air 2 botol Air Mineral 1.5 liter, serta perlengkapan camping lainya. Ada pula yang tidak membawa bekal apa2 kecuali hanya air saja. 

Perjalanan yang luar biasa, ketika nampak malam hari yang dingin di jalan ke Gunung yang sepi, sungguh menjadi hal yang berkesan pada perjalanan ini. Apalagi bekal yang tidak serba ada..merupakan suatu hal yang menarik karena kita bisa seperti survival / semisurvival dengan mencari ilalang, untuk dihisap batangnya, mencari Kaliandra, untuk dimakan serta mencari buah murbey. Mereka tumbuh di Pegunungan pun tidak kebetulan, karena tidak ada yang kebetulan. Tentu saja tanamanan itu tumbuh di pegunungan, pasti membawa manfaat bagi orang yang ada di Gunung. Cari tahu aja, khasiat tanaman-tanaman ini, tentu anda mendapatinya cocok untuk pendaki gunung.


kaliandra

ilalang


Murbey

Saya punya sedikit trik agar kalian bisa gratis masuk kawasan Gunung Kelud. Kalian jangan lewat pintu gerbang, tetapi lewatlah jalan yang sering dilalui motor cross, tenang saja.. hanya berputar sebentar kok... lalu anda akan menemui jalan aspal lagi. Jadi sebelum memasuki Pintu Gerbang Kawasan Gunung Kelud, anda belok aja ke kanan ke arah lapangan dan lewat jalan disamping Gedung Teater dan Musium Gunung Kelud. :)

Kami bermalam di Camping Spot Gunung Kelud. Serasa serem sekali dikala malam mulai menutupi, asab dari Anak Gunung Kelud pun mulai menutupi pandangan bak kabut di pagi hari yang tebal sekali. Tetapi kali ini kabut ini mengandung belerang. Kami mulai memasang tenda dengan memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh di sekitar Camping Spot / Rest Area Gunung Kelud yang berada dekat dengan anak Gunung Kelud dan Spot Panjat Tebing.


Gedung Teater dan Musium Gunung Kelud

Gunung Kelud


Tenda pun sudah terpasang, kami buat perapian untuk menghangatkan badan, serta memasak kopi dan selanjutnya mengarungi malam di tenda. Sangat dingin sekali pada waktu pukul 02.00 pagi hari. Dan dikala ada sebagian kita yang tidak bisa tidur, maka ada diantara kami yang keliling melihat pemandangan Anak Gunung Kelud. Kami pun berjumpa dengan beberapa wisatawan yang berdatangan pada malam hari. Mereka memanfaatkan moment berpagi-pagi hari untuk melihat sorotan sinar yang indah dari lampu ke Anak Gunung Kelud.

Mysteri Road Gunung Kelud
Mysteri Road Gunung Kelud

Mengungkap ilusi pandangan mata terhadap mysteri road, baca DISINI. Memang kenampakanya jika dilihat pada peta indera jarak jauh, jalan tersebut menurun, walaupun saat melintasinya terlihat menaik. Itulah ilusi pandangan mata kita yang terbatas ini. Saya pun waktu mendaki gunung kelud, melakukan eksperimen terhadap pernyataan tentang pengaruh medan magnet di lokasi ini.. saya mencoba dengan menggunakan botol air mineral yang masih terisi. Ternyata sepanjang mysteri road, yang ditandai dengan pagar di tepi jalan, tidak seluruhnya bisa menggelindingkan botol. Mungkin anda bisa mencobanya, dengan meletakkan botol pada lokasi yang random.. pasti anda akan mendapati botol tidak bisa menggelinding saat start dari diam. Hal itu merupakan bukti bahwa kenampakan jalan itu merupakan ilusi mata. Maka sangat terburu-buru jika kalian menyimpulkan adanya medan magnet.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …