Skip to main content

Buah Matoa, Masa Tanam Matoa, Khasiat Buah Matoa, Pohon Matoa, Musim Berbuah Matoa, Matoa Merah Tua / Matoa Hitam



Buah Matoa
Mungkin diantara kita sudah sering mendengar tentang buah yang dikabarkan oleh banyak orang sebagai buah asli Papua. Dulu saat awal2 ketenaranya ketika tahun 2000-an, buah matoa mulai dikenal di kepulauan jawa. Entah bagaimana prosesnya.. tetapi kenyataanya buah matoa pun juga bisa hidup di Pulau Jawa. Buah Matoa sungguh menyenangkan untuk dilihat, mungkin karena terasa aneh dengan buah ini yang kenampakanya tidak lazim di pulau jawa... hehe..



Buah Matoa, Khasiat Buah Matoa


Buah Matoa, Musim Berbuah


Buah Matoa Manis










Buah Matoa ini ternyata bisa tumbuh di Pulau Jawa, ini merupakan kabar gembira bagi kita semua, kita telah mengetahui bersama, bahwa buah yang tumbuh di suatu daerah, memang cocok untuk seseorang yang ada didaerah tersebut. Kita telah mengetahui, bahwa orang papua itu kuat-kuat, dan mereka tahan banting dengan energi yang ada didalam tubuhnya mampu bertahan dari hawa dingin dan mampu berjalan lama untuk membawa barang daganganya ke kota. Pohon matoa ini tumbuh diantara daerah mereka yang merupakan buah asli papua. Dengan demikian tentu buah matoa memiliki kandungan yang baik untuk keperluan tubuh guna menjaga endurance tubuh (daya tahan tubuh).




Dengan ciri-ciri tumbuhan yang mirip dengan pohon rambutan karena memang masih sekerabat dengan Pohon Rambutan dalam taksonomi, Buah matoa ini memiliki rasa yang khas, antara kelengkeng dan aroma durian.


Buah Matoa Hitam / Merah Tua

Jual Buah Matoa Hitam 


Buah Matoa berbuah dua kali dalam setahun, salah satunya berbuah sangat banyak, dan yang lainya hanya separo dari salah satunya. Biasanya 


KANDUNGAN BUAH MATOA  
Kulit Buah mengandung
  • tanin 
  • saponin. 
Biji mengandung
  • lemak 
  • polifenol. 
Daun mengandung
  • tannin 
  • saponin. 
Kulit batang mengandung
  • tannin, 
  • saponin, 
  • flavonida, 
  • pectic substance, 
  • dan zat besi. 



Kandungan Buah Matoa
Buah mengandung
  • Protein, 
  • Lemak, 
  • Zat besi, 
  • kalium, 
  • Fosfor
  • Vitamin A, 
  • Vitamin B, 
  • vitamin C,
  • Sukrosa, 
  • Fruktosa, 
  • Glukosa,
  • Asam Tartarik 
  • dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia)




Tanin terdapat dalam bagian tanaman tertentu, seperti daun, buah, kulit kayu, dan batang. Pada buah yang muda sering terdapat tanin, kadar tanin menurun sejalan dengan menuanya buah. Tanin merupakan antiseptik untuk mencegah hama serangga dan kapang yang akan menganggu kehidupan yanaman bersangkutan.
Tanin banyak dimanfaatkan sebagaiobat keputihan, peradangan, dan untuk melangsingkan tubuh.

Saponin steroid mempunyai aktivitas sebagai hormon. Saponin triterpenoid sering dimanfaatkan sebagai ekspektoran mengangkat lendir kotoran (obat batuk). Saponin untuk obat luar dapat bersifat membersihkan. 

Flavonida berguna untuk antiradang,


Buah Matoa Manis, Daging Buah Tebal


Matoa Merah Tua / Matoa Hitam


Jual Matoa Manis


Fruktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan syaraf. Buah Matoa ini mengandung senyawa yang berkhasiat memberi rasa tenang / mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berfikir. 



Buah Matoa Merah


Buah Matoa Merah yang Manis dan Bergerombol


Buah Matoa Manis



Masa Tanam Matoa dari Biji hingga dewasa dan siap berbuah.
Berdasarkan pengalaman yang saya alami pada Pohon Matoa yang ada di  pekarangan rumah, yang merupakan hasil pembiakan dari biji, ternyata Matoa mulai dari biji hingga siap berbuah memerlukan waktu selama kurang lebih 6 tahun. Penantian ini mungkin terlalu lama bagi sebagian kita..:) Tetapi jika anda tahu bagaimana rasa buah matoa, maka penantian itu tidaklah terasa lama untuk dinanti.

Dulu, saat saya mendapatkan buah matoa yang terasa aneh bagi saya untuk dilihat.. dan dimakan.. karena baru pertama kali.. maka saya berinisiatif untuk menanam bijinya.. eh.. ternyata qodarulloh.. Matoa itu pun lambat laun mulai menampakkan batangnya yang mulai kecoklat2an. Ketika berumur 2,5 tahun, tumbuhan ini akan tumbuh lurus ke atas... untuk mendapatkan cabangnya kita mesti memotong bagian atasnya.

Bunga Matoa

Bunga Buah Matoa


Dalam satu tahun, Matoa akan berbuah dua kali...



Pertama:
Berbunga saat sebelum bulan Ramadhon, sehingga ketika bulan Romadhon kita mungkin akan mendapati banyak pohon matoa yang mulai menampakkan bintil2 buah matoa di cabang buah. Ketika Hari Raya idul fitri, buah matoa mulai menampakkan tanda-tanda matang. Sehingga pada liburan Hari Raya Idul Fitri kita bisa mengkonsumsinya.




Kedua:
Setelah 3 Bulan masa berbuah yang pertama, maka pohon matoa ini akan berbunga lagi yang kedua kalinya. Bersamaan dengan musim penghujan.. sehingga masa berbuah yang kedua ini lebih sedikit jumlahnya dari masa berbuah yang pertama.


Kondisi di atas dapat berubah tergantung kondisi alam pada saat itu. Seperti contohnya pada kasus tahun 2013 ini. Matoa saat pertama kali berbuah di tahun 2013 ini terlihat sedikit daripada keduanya. Ini merupakan kondisi khusus, pengecualian pada tahun 2013 ini, dibanding tahun-tahun lainya, karena wajarnya, buah matoa itu berbuah pertama itu banyak sekali sedangkan berbuah kedua dalam tahun yang sama lebih sedikit.


Pada tahun 2013 ini buah matoa berbuah banyak antara oktober-november. Buah yang manis sekali ini nampaknya merupakan tanda-tanda alam akan pergantian musim yang akan terjadi dalam waktu dekat ini. Buah matoa, merupakan buah untuk kita menghadapi musim-musim pancaroba yang terjadi pada kehidupan kita.



Jenis Buah Matoa
Pada Jenis Buah Matoa berdasarkan gerombolan buahnya pada dasarnya ada dua, yaitu 

  • Buah yang bergerombol banyak.... biasanya kalau matang berwarna merah tua... 
  • dan Buah Matoa yang bergerombol sedikit dengan buah yang lebih besar dari jenis pertama, biasanya kalau matang kulit buahnya tetap berwarna hijau. 
Jenis Buah Matoa berdasarkan  warnanya yaitu

  • Buah Matoa Merah Tua / Matoa Hitam
  • Buah Matoa Kuning
  • Buah Matoa Hijau


Tetapi menurut pengalaman saya, yang pernah merasakan ketiga jenis buah matoa, maka menurut saya yang paling manis adalah buah matoa merah tua.


Pada foto yang saya tampilkan di bawah ini, merupakan jenis buah matoa yang apabila matang berwarna merah tua.. ciri2nya.. apabilah berbuah bergerombol banyak.. buahnya lebih manis daripada rambutan, bahkan manisnya menyerupai kelengkeng.




Jual Matoa Hitam Manis
Jual Matoa Hitam Super




Jual Matoa Manis



Perawatan Buah Matoa di Pohon
Ketika buah ini mulai berbunga, maka sampai masak menjadi buah yang siap dimakan kira2 memerlukan waktu 2 bulan. Jangan membrongsong buah ini menggunakan  plastik, kain, atau bahan yang lain yang rapat.. karena buah akan membusuk bukanya malah matang... tetapi brongsong buah dengan jaring untuk mempermudah panennya nantinya.




Apabila anda menginginkan benih dari buah matoa yang manis ini, langsung saja hubungi:






Buah Matoa
Kami juga menjual buah matoa manis per kilogramnya Rp 50.000.





Benih Matoa
Kami Sarankan untuk anda yang mencari benih matoa, benih yang kami punya mahal yaitu Rp 120.000, (ongkos kirim gratis). Sebaiknya anda cari pusat pertanian di dekat kota anda, sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika anda tetapi berminat pesan di tempat kami,, paket akan kami kirim via herona untuk daerah wilayah jawa saja,, Silahkan paket anda ambil sendiri di stasiun terdekat dari tempat anda yang telah ditunjuk. BAYAR setelah BARANG SAMPAI.


Jual, Sedia, Benih Matoa


Cari, Pesan, Benih Matoa Merah Tua, Hijau, ataupun Kuning


Terimakasih,

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …