Skip to main content

Pesona Tulungagung: Ribuan Burung Sriti / Burung Walet berhamburan di Sekitar Jembatan Ngujang, Pesona Ribuan Burung

Jembatan Ngujang, Foto HD
Mungkin di dalam benak anda, di Jembatan Ngujang terdapat kera... itu sudah biasa.. tetapi bagaimana jika yang terlihat adalah kerumunan burung sriti / burung walet yang berhamburan di sekitar Jembatan Ngujang?? Mungkin ada yang bilang..

  • masak sih?? 
  • iya saya sudah pernah lihat kok... 
  • biasalah..memang sriti / walet suka berhamburan sebelum waktu maghrib datang...  

Anda termasuk bilang yang mana?? :)
Tahan sebentar tentang rasa penasaran anda pada sriti / walet, kami tunjukkan dulu kepada anda tentang foto kera yang ada di Ngujang yang menjadi salah satu ciri khas Pemandangan Jembatan Ngujang. Bagi anda yang masih awam berada di kerumunan kera-kera, kami punya tips untuk anda...

  • Jangan tunjukkan ketakutan anda pada kera, sehingga mencoba untuk lari... karena seperti yang pernah terjadi.. engkau akan dikejarnya... (tenang... tapi.. tentu lari anda lebih cepat dari kera.. tapi tidak tahu lagi kalau kera itu banyak) :)
  • Bersikap cuek saja terhadap keberadaan kera, dan jangan melihatnya ketika si kera berusaha menatap anda dengan tajam.. :)
  • Hindari membawa barang-barang yang mungkin akan menarik si kera untuk mendekat.
  • Sebaiknya kalau anda belum berpengalaman, jaga jarak dulu...jangan mendekati kerumunan kera.
  • >Sedikit mendekat ke orang yang duduk2 menikmati indahnya aliran sungai dan sudah terbiasa berada di situ... sehingga anda semakin tertata mentalnya..
  • Kalau bawa bekal sedikit, tak usah lah memberi makan pada kera, karena yang lain pasti akan cemburu, dan meminta makanan kepada anda juga.. :)



Jembatan Ngujang Tulungagung, Kera Ngujang


Kera di Ngujang, Foto Full HD


Pada kesempatan ini kami akan menampilkan kepada anda gambar tentang keadaan pada saat sriti / walet  berhamburan terbang di langit menyambut petang. Salah satu pemandangan menarik yang dapat anda nikmati ketika anda melintasi Jembatan Ngujang pada saat petang adalah ribuan sriti / walet yang berhamburan kian kemari.

Sebelum saya melanjutkan cerita saya tentang suasana alami yang menarik ini, alangkah baiknya jika saya menasihatkan kepada anda, jangan lupa sholat maghrib ya..kalau anda sedang asyik menikmatinya. Karena waktu bertebaranya ribuan burung ini.. (Sebenarnya Ribuan atau Jutaan pun kami belum mengetahui jumlah pastinya, jadi prasangka kasaranya.. kami menyebutnya ribuan) adalah pada waktu petang atau kira-kira 10 menit sebelum waktu sholat maghrib masuk.

Burung Sriti dan Burung Walet.
Pada beberapa tulisan di Internet, kedua Burung ini berbeda satu sama lain.. tetapi kedua burung ini rukun, sehingga tidak jarang mereka terbang bersama. Ini merupakan salah satu alasan kenapa judul artikel ini kami Tulis dengan Ribuan Burung Sriti / Burung Walet.. karena kami masih belum bisa membedakan Burung Sriti dan Burung Walet pada struktur tubuhnya. Menurut cerita sih.. tetapi ini hanya menurut pengalaman orang, kata beliau.. kalau sriti itu lebih jelas terlihat cabang dari ekornya.. sehingga terbentuk huruf Y.

Kalau anda lebih tahu tentang perbedaan burung sriti dan burung walet secara ilmiah, bagikan ilmu anda itu dengan kami ya.. 


Jembatan Ngujang Burung Sriti / Burung Walet

Ribuan burung ini bertebaran di atas Jembatan Ngujang. Hal ini yang membikin kru ibnuhaya sedikit  merinding ketika melihatnya..karena seakan-akan ribuan sriti /walet ini bersegera menyambut waktu maghrib datang, dengan atraksi terbang yang menarik, serta seni komando yang bagus (seperti contoh lainya yang seperti satu komando adalah gerombolan ikan teri yang ada di lautan)...burung ini menghiasi langit yang semakin terlihat gelap pada pandangan kita...dan akhirnya satu per satu hinggap di kabel-kabel listrik di dekat Jembatan Ngujang, ada juga yang berada di pepohonan. Subhanalloh, ini sungguh pemandangan yang indah untuk dinikmati. Di balik bisingnya kendaraan yang melintasi, serta sorot lampu kendaraan yang semakin terasa terang karena gelap mulai datang... sriti/walet ini mulai berterbangan, seolah-olah mereka terbang kegirangan menyambut datangnya waktu Maghrib. Kami pun segera mengambil gambar burung-burung ini, untuk dapat kami share / tampilkan kepada anda tentang pesona ribuan sriti / walet di Tulungagung.

Sorot matahari ketika itu mulai menguning, dan tampak satu atau dua dari burung yang terbang sendirian. Mungkin kawan2nya masih belum datang. Menarik memang.. terbang dengan lincah dan bermanuver dengan baik di angkasa...  Sorot cahaya matahari mulai semakin samar2 terhambur di penglihatan kita, matahari pun mulai tampak posisinya semakin dekat dengan awan merah sebagai tanda waktu maghrib datang.


Jembatan Ngujang, Burung Sriti di Sore Hari

Suara gemerisik sriti / walet pun mulai sayup-sayup terdengar, kami  melihat kerumunan burung-burung mulai berdatangan, dan terbang kian kemari. Sampai akhirnya.. suara terbangnya (kepakan sayap) burung ini pun terdengar, karena saking banyaknya burung yang terbang di atas Jembatan Ngujang, sehingga gelombang suara yang dihasilkan  dari kepakan sayap burung-burung mengalami interferensi (Interferensi adalah penggabungan dua atau lebih gelombang yang menghasilkan pola-pola gelombang baru). Jadi kalian jangan heran, bagaimana kepakan sayap burung sriti / walet bisa terdengar?? karena interferensi akan menghasilkan pola gelombang baru, yang akhirnya bisa terdeteksi telinga kita.


Kalau kepakan sayapnya saja bisa terdengar, maka jangan anda tanyakan lagi, bagaimana gemerisiknya sriti / walet yang mengeluarkan suara dari mulutnya.. terbang bersama kawan-kawanya. Bagi adik2 yang sudah mendapatkan pelajaran interferensi gelombang, maka sriti / walet ini bisa menjadi contoh pada realita alamiah terjadi interferensi gelombang.

Jembatan Ngujang Tulungagung, Ribuan Burung Walet di Sore Hari
Jembatan Ngujang Tulungagung di Sore Hari
Jembatan Ngujang, Ribuan Burung Sriti di Sore Hari


Video Ribuan Burung Sriti / Burung Walet di Sekitar Jembatan Ngujang




Baca Juga
Jembatan Ngujang Tempo Dulu tahun 1949
Pesugihan (syirik) di dekat Jembatan Ngujang

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …