Skip to main content

Perawatan Jalur Kereta Api, Pasca Pergantian Rel Kereta Api; Plasser & Theurer; Pekerja yang memperbaiki rel KA tanggal 14 Desember 2012

Pasca Pergantian Rel Kereta Api di Tulungagung Jawa Timur, maka perlulah melakukan pengecekkan terhadap rel yang baru dipasang tersebut mulai dari 
  • Ketinggian Rel, 
  • Jarak Antar Rel
  • Serta Posisi batu yang ada di pinggir rel. 

Ketinggian Rel Kereta Api Indonesia

Standirasi telah diberlakukan untuk pemasangan Rel Kereta, dengan standarisasi inilah akan diwujudkan sebuah KPI (key performance index) dari pemasangan Rel Kereta Api. Pada akhirnya, hasil pergantian rel pun juga akan diuji kembali dengan patokan standarisasi yang telah ditetapkan.

Perhatikan foto di atas, beginilah keadaan rel kereta api jika diperhatikan dengan cermat...nampak bergelombang kan?? Oleh karena dilakukan pengukuran ketinggan rel dan dengan lensa optik, sehingga bisa diketahui angka kesalahanya. Pekerja yang menulisi angka pada beton yang merupakan tingkat kesalahan pemasangan per mili mendapatkan gaji 50.000 perhari. Untuk kemudian rel diangkat dengan menggunakan alat berat Plasser and Theurer.

Sumber: Sanukinoyume; Alat Berat untuk Mengankat Rel Plasser & Theurer 08-32M84

Jarak antar rel, dikoreksi ulang dengan menggunakan mistar yang sudah terstandarisasi dengan baik. Pekerja membawa mistas ini berada dibelakang alat berat yang digunakan untuk mengangkat rel.


Berikutnya adalah perihal batu-batu kecil yang ada disekitar jalur kereta api. Hal ini perlu diperhatikan karena fungsi dari batu kecil ini penting untuk jalur kereta tersebut. Baca artikel yang telah saya tulis berkaitan tentang penataan batu-batu kecil di dekat rel kereta api.

Untuk menjaga batu tetap pada posisinya, PT KAI mengeluarkan biaya untuk membuat pondasi penahan batu-batu kecil itu. Pekerja yang kebanyakan dari Madura itu mendapatkan bayaran 30.000 ribu per hari.

Perawatan Jalur Keret Api dengan mengatur penataan batu-batu kecil

Pekerja untuk Pergantian Rel Kereta Api.
Bekerja Siang dan Malam, begitulah gambaran kalimat yang pantas untuk para pekerja PT KAI yang mengganti rel kereta api. Hal ini karena, diharapkan para pekerja tidak begitu mengganggu perjalanan kereta api sesuai jadwal. Hasilnya, menurut salah seorang pekerja yang menuturkan kepada salah seorang kru ihahibban, beliau hanya tidur 4 jam dalam sehari.. dan semenjak cerita ke ibnuhaya, beliau sudah 4 hari tidur hanya 4 jam. Sampai ada pekerja yang tidak doyan makan malam, karena saking ngantuknya dan pekerjaan belum selesai. Akhirnya teras2 rumah warga yang dekat dengan jalur kereta api menjadi tujuan

Video Perbaikan Rel Kereta Api







Pekerja untuk Pengecekkan ulang terhadap Rel Kereta Api yang telah dipasang.
Para pekerja dengan tingkat kelelahan yang tinggi, sangatlah memungkin untuk melakukan kesalahan dalam pemasangan rel. Maka sesaat setelah dilakukan pemasangan, PT KAI melakukan sidak terhadap pemasangan rel dengan melakukan pengukuran optik yang dapat mengetahui kekuarangan  jarak yang sebenarnya para rel sehingga kelurusanya pun tidak tepat. Optik yang digunakan untuk mengukur ini mempunyai ketepatan untuk mengukur sampai pada tingkat sentimeter.

Menurut salah satu pekerja yang menggunakan optik, tingkat kesalahan pada saat pemasangan rel Kereta Api di Tulungagung ini sangat kecil. Sehingga pergeseran rel, hanya berkisar 5-15 mm yang harus diperbaharui. Pekerja tersebut menandai pada beton bantalan rel dengan angka 0-15 dengan cat warna putih. Pemberian tanda tersebut berselang sekitar 4 beton. Apabila tandanya 0, maka pemasangan sudah sesuai... tetapi apabila terdapat angka 1-15 berarti itu menunjukkan angka pergeseran dalam satuan mm (milimeter). 

Pengecekkan Ketinggian Rel Kereta Api


Alat Berat Plasser & Theurer digunakan untuk pengecekkan jalur kereta api pasca pergantian Rel 

Plasser & Theurer adalah produsen Austria pemeliharaan rel dan mesin pemasangan jalan rel. Ini adalah dunia terbesar di segmennya. Indonesia  belum mampu untuk memproduksi alat berat seperti Plasser & Theurer di atas. 

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …