Skip to main content

Materi Manajemen Pemasaran & Manajemen Strategik: Analisis Persaingan, Dinamika Persaingan


Competitors (pesaing) adalah perusahaan yang beroperasi pada pasar yang sama, menawarkan produk yang serupa, dan mentarget pembeli yang sama.
Contoh:
  • Pepsi vs Coca cola
  • Indofood Vs Wingsfood
  • Cannon Vs Epson
  • Honda Vs Yamaha
  • Apple Vs Samsung
  • dll

Perusahaan berinteraksi dengan Pesaing mereka sebagai bagian dari konteks yang lebih luas yang mana antar perusahaan beroperasi sambil mencoba untuk mendapat penghasilan di atas rata-rata. Sebenarnya persaingan akan membangun sebuah perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam mengarungi kancah persaingan. Jika tidak ada pesaing yang berarti, yang terjadi adalah seperti pasar monopoli sehingga kualitas dari jasa dan produk akan ditentukan oleh satu pihak yaitu pihak produsen. Dengan lahirnya persaingan yang sehat (Kartel: persaingan yang tidak sehat) maka perusahaan akan lebih memperhatikan kualitas produknya. Karena jika suatu perusahaan tidak memperhatikan ini, maka mudah saja bagi pelanggan untuk berpaling ke lain hati kepada produk pesaingnya.

Macam-macam model persaingan yang ada di dalam Manajemen Strategik.
  • Competitive Rivalry (Persaingan kompetitif) adalah sekumpulan tindakan dan respon kompetitif yang terjadi diantara perusahaan sebagai manuver untuk mendapat posisi pasar yang menguntungkan.Persaingan kompetitif mempengaruhi kemampuan individual perusahaan untuk memperoleh keuntungan kompetitifyang berkelanjutan.
  • Competitive Behavior (Perilaku kompetitif) sekumpulan tindakan dan respon kompetitif yang dilakukan perusahaan untuk membangun atau melilndungi keuntungan kompetitifnya dan untuk meningkatkan posisi pasarnya.
  • Multimarket competition terjadi ketika perusahaan bersaing melawan perusahaan lain pada beberapa produk atau pasar geografis.
  • Competitive dynamics merujuk pada semua perilaku kompetitif, yaitu keseluruhan tindakan dan respon yang diambil oleh semua perusahaan yang bersaing di dalam pasar.
  • Kesuksesan strategi ditentukan tidak hanya oleh aksi kompetitif awal perusahaan tetapi juga seberapa baik perusahaan mengantisipasi respon dari pesaing kepada strategi perusahaan dan seberapa baik perusahaan mengantisipasi dan merespon tindakan awal pesaing (juga disebut serangan).
Peta Persaingan dapat digambarkan secara sederhana seperti ini:



Analisis Persaingan

Langkah awal yang diambil perusahaan untuk mampu memprediksi tingkat dan asal dari persaingannya dengan pesaing lain. Jumlah pasar dimana perusahaan saling bersaing (market commonality) dan kesamaan pada sumber daya mereka (Resource Similiarity) menunjukkan tingkat dimana perusahaan bersaing.

Perusahaan dengan market commonality yang tinggi dan resource similiarity yang tinggi berartisecara langsung dan saling bersaing satu sama lain”.


Market Commonality Pesaing cenderung untuk menyetujui tentang perbedaan karakteristik dari pasar-pasar individu yang membentuk suatu industry. Meskipun ada perbedaan, banyak pasar dalam industri terhubung dalam hal penggunaan teknologi atau kebutuhan kompetensi inti untuk mengembangkan sebuah keuntungan kompetitif.
Market Commonality berhubungan dengan jumlah pasar dimana perusahaan dan pesaing yang terdapat didalamnya dan tingkat kepentingan dari pasar individu untuk masing-masing perusahaan. Perusahaan bersaing melawan satu sama lain pada beberapa atau banyak pasar yang terlibat di kompetisi multimarket. Perusahaan yang bersaing pada beberapa pasar memiliki potensi untuk merespon aksi pesaing tidak hanya di dalam pasar yang diikuti, tetapi juga pada pasar lain di mana dia bersaing dengan pesaing lainnya. Perusahaan dengan multimarket contact yang lebih besar lebih jarang memulai serangan, tetapi lebih suka untuk bergerak agresif ketika diserang.

Resource Similiarity Adalah luas dimana sumber daya berwujud dan tidak berwujud perusahaan jika dibandingkan dengan pesaingnya dalam hal jenis dan jumlah. Perusahaan dengan tipe dan jumlah sumber daya yang sama biasanya mempunyai kekuatan dan kelemahan yang sama dan menggunakan strategi yang sama. Contah: FedEx dan United Parcel Services.


Dinamika Persaingan
Dinamika persaingan berhubungan dengan kelangsungan aksi dan respon yang berada di antara seluruh perusahaan yang bersaing di dalam sebuah pasar untuk posisi yang menguntungkan.
Untuk menjelaskan dinamika persaingan, kita mendiskusikan efek dari berbagai tingkat kecepatan persaingan pada beberapa pasar (disebut juga slow-cycle, fast cycle, dan standart cycle), tingkah laku (aksi atau respon) dari seluruh pesaing di dalam sebuah pasar.
  • Slow-cycle markets : di mana keuntungan kompetitif perusahaan terlindungi dari peniruan biasanya untuk jangka panjang dan dimana peniruan itu mahal. Membangun sebuah keunikan dan kepemilikan kemampuan menghasilkan keuntungan kompetitif dan kesuksesan pada pasar slow-cycle. Setelah keuntungan yang dimiliki dikembangkan, tingkah laku kompetitif perusahaan pada slow-cycle market berorientasi untuk melindungi, menjaga, dan memperluas keuntungan itu.
  • Fast-cycle market adalah pasar diamana kemampuan perusahaan yang berkontribusi untuk keuntungan kompetitif tidak terlindungi dari peniruan dan ketika peniruan sering cepat dan tidak mahal. Persaingan perusahaan pada fast-cycle menyadari pentingnya kecepatan, perusahaan menghargai bahwa waktu sebagai sumber daya bisnis yang berharga seperti uang atau kepala bagian dan biaya keraguan dan penundaan adalah hanya sebuah langkah menuju over budget atau kehilangan financial forecast.
  • Standart-cycle market adalah pasar dimana keuntungan kompetitif perusahaan sedang terlindungi dari peniruan dan ketika peniruan itu sedang mahal. Keuntungan kompetitif secara parsial terdapat pada standart-cycle, tetapi hanya ketika perusahaan mampu melanjutkan meningkatkan kualitas dari kemampuannya, membuat keuntungan persaiangan dinamis.

Pada akhirnya, inovasi mempunyai pengaruh yang substantial pada dinamika persaingan seperti efek pada aksi dan respon dari seluruh persaingan perusahaan di dalam pasar slow cycle, fast cycle, atau standart cycle.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …