Skip to main content

Materi Manajemen Pemasaran: Keuntungan dan Kerugian Konsumen saat Jasa Komunikasi semakin ketat bersaing.

pic by: riyantoro



Jasa telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok masa kini. Selain sang perintis, Telkomsel, kini warga masyarakat bebas memilih jasa layanan ponsel dari beberapa operator lainnya, yakni 
  • Excelcomindo, 
  • Indosat, 
  • Bakrie Telecom, 
  • Mobile-8 Telecom, 
  • Natrindo Selular, 
  • Sampurna Telekom, 
  • dan Pasifik Satelit Nusantara. 

Hukum alam dalam dunia bisnis jelas tak terhindarkan. Persaingan sengit antaroperator ponsel sudah terjadi. Semakin lama persaingannya semakin seru. Tiap operator mengeluarkan ”ilmu” tertinggi untuk memperluas pangsa pasar.

Keuntungan yang diterima Konsumen Hal yang paling menggiurkan konsumen atau calon konsumen pastilah tarif yang terus menurun. Rupanya salah satu kiat yang diterapkan oleh para operator ponsel untuk memenangkan pertarungan adalah perang tarif.

Tarif paling murah, bahkan seringkali gratis, pastilah panggilan sesama pelanggan operator yang sama (on-net). Operator lama tak mau kalah. Mereka juga menerapkan tarif murah untuk mempertahankan atau memperluas pangsa pasar. Jadi, perang tarif antaroperator ponsel memang tak terhindarkan lagi. Lalu banyak operator yang menawarkan berbagai keuntungan, antara lain roaming gratis, tarif telepon interlokal sama dengan tarif lokal, SMS gratis, dan bonus pulsa. Perang tarif ini jelas menyebabkan tarif Ponsel cenderung menurun. Pada akhirnya telepon bergerak (mobile phone) atau ponsel menjadi lebih atraktif daripada telepon tetap. Ponsel kini menjadi substitusi telepon tetap sebab pengguna dapat melakukan berbagai layanan seperti dengan telepon tetap, termasuk internet dan chatting.

Kerugian yang diterima Konsumen 
Dengan adanya perang tarif pulsa telepon seluler, maka sebagian besar provider menurunkan kualitas yang ditawarkan pada konsumen, salah satunya adalah kekuatan signal. Pada umumnya provider yang menawarkan tarif pulsa yang sangat murah, memberikan kualitas signal yang kurang baik, terutama di daerah-daerah yang terpencil. Oleh karena itu, konsumen yang berorientasi pada kualitas, seperti kalangan atas dan menengah, tidak akan tergiur dengan promosi tarif murah yang ditawarkan oleh provider.

Keuntungan yang diterima Pemasar
Yang tergolong operator ponsel besar (lebih 5 juta pelanggan/ sambungan) hanya tiga, yakni Telkomsel (35,6 juta pelanggan/sambungan), Indosat (15,9 juta), dan Excelcomindo (9,5 juta). Ini berarti pangsa pasar Excelcomindo 14,8 persen, Indosat 24,8 persen, dan Telkomsel 55,6 persen, dan sisanya (6,2 persen) menjadi milik lima operator Ponsel kecil lainnya. Tiap operator masih berhasil meraup pendapatan dan laba yang cukup besar. Ini dapat dilihat pada Laporan Tahunan tiap operator Ponsel. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan jumlah konsumen yang terus meniningkat.

Kerugian yang diterima Pemasar
Semakin banyaknya operator baru Ponsel di negeri ini telah meningkatkan kompetisi, menurunkan tarif, sehingga berdampak terhadap penurunan tingkat pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue per User–ARPU) di banyak operator. Dari data Return on Asset (ROA) operator Ponsel dapat dilihat bahwa ROA banyak operator Ponsel telah turun pada 

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …