Skip to main content

Materi Manajemen Pemasaran: Ekuitas Merek, Brand Extention/Perluasan Merek, Brand Portofolio, dan Contohnya pada Dunia Realitas


Brand / Merek
Merek adalah sebuah 
  • Nama, 
  • Tanda, 
  • Simbol, atau rancangan,
  • atau kombinasi (dari ketiga hal di atas)

yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari seorang penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa pesaing. Penyebutan Nama, Tanda, Simbol/rancangan, Atau kombinasi dari ketigat hal tersebut dalam sebuah definisi mereka merupakan cara untuk mempermudah anda dalam mengerti bagaimana unsur-unsur yang membangun sebuah merek. Komponen yang berbeda dari sebuah merek antara lain Nama Merek, logo, simbol, rancangan kemasan, dan lain-lain yang merupakan unsur merek.

Contoh:
Merek yang mempunyai unsur Nama Merek



Merek yang mempunyai unsur Logo




Merek yang mempunyai unsur Simbol
Merek yang mempunyai unsur ke tiga hal di atas.



Merek menawarkan sejumlah manfaat kepada pelanggan dan perusahaan. Merek merupakan aset tak berwujud yang bernilai, dan harus dikelola secara cermat. Kenapa merek merupakan aset?? karena merek ini merupakan salah satu hal yang membangun sebuah perusahaan. Merek dengan harga tertentu yang di buat oleh seorang design grafis, bukan merupakan nilai yang sebenarnya dari suatu aset ini, karena keberadaan merek merupakan sesuatu ang tidak berwujud dengan adanya nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai ini tidak dapat ditaksir dengan tepat, alat penilainya pun (penghlihatan, perasaan, kesan, dll)  tidak bisa digunakan untuk menggambarkan dan menghitung berapa nilai yang sebenarnya dalam bentuk angka. Kunci untuk menentukan merek adalah konsumen memahami perbedaan diantara merek-merek dalam sebuah kategori produk.

Ekuitas merek harus didefinisikan dari segi efek pemasaran yang secara unik dapat diatributkan pada merek. Artinya, ekuitas merek berhubungan dengan fakta bahwa hasil berbeda yang dihasilkan dalam pemasaran sebuah produk atau jasa disebabkan karena mereknya, bila dibandingkan dengan hasil yang didapatkan jika produk dan jasa yang sama itu tidak diidentifikasi oleh merek tersebut.

Membangun ekuitas merek tergantung pada tiga faktor utama : 
(1) pilihan awal atas unsur atau identitas merek yang membentuk merek, 
(2) cara merek itu diintegrasikan ke dalam program pemasaran yang mendukung; dan 
(3) asosiasi yang tidak ditransfer secara langsung kepada merek dengan menghubungkan merek dengan beberapa entitas lain, misalnya perusahaan, negara asal, saluran distribusi, atau merek lain.

Saya akan memberikan kepada anda contoh bagaimana ekuitas merek ini bekerja pada sebuah produk dan pemasaran perusahaan.


Di saat kalian menentukan untuk membeli sebuah printer, maka keputusan yang akan anda ambil salah satunya adalah dengan melihat merek. Ekuitas merek yang ada pada sebuah produk printer akan mempengaruhi bagaimana anda mengenalnya sebelumnya. Keputusanya adalah
Produk Cannon
Printer tidak begitu bersuara,
Harga sedikit lebih mahal
Warna halus, tidak begitu mencolok

Produk Epson
Printer bersuara 
Harga lebih murah dari cannon
Warna Tajam

Apa yang ada di dalam benak anda itulah yang merupakan suatu hal yang terjadi ketika anda merespon ekuitas sebuah merek dari suatu produk.

Begitu juga dengan contoh lain, ketika anda ingin memilih sebuah kamera DSLR yang bagus, maka anda akan terbayang merek-merek yang ada di dalam benak anda. Salah satunya, anda mungkin akan terbayang untuk membeli di antara Cannon dan Nikon. Anda harus pilih yang mana???  



Cannon
Bagus untuk mengambil gambar di dalam ruangan (indoor) 

Nikon
Warna tajam, dan bagus untuk mengambil gambar di luar ruangan (outdoor)


Ekuitas merek perlu diukur untuk dikelola dengan baik. Bagaimana cara mengukurnya, cara termudah untuk mengukur ekuitas merek adalah dengan survei lapangan, tentang merek suatu produk dan merek produk pesaing yang lebih dipilih oleh responden. Sehingga dengan ukuran dan perkiraan yang telah kita kumpulkan dari hasil survei tersebut, kita dapat mengetahui dimana posisi merek sekarang??

Audit merek merupakan ujian mendalam tentang kesehatan merek dan dapat digunakan untuk menetapkan arah stratejik bagi merek. Studi-studi penelusuran melibatkan informasi yang dikumpulkan dari konsumen secara rutin sepanjang waktu dan memberikan pencerahan taktis yang berharga ke dalam efektivitas jangka pendek dari program dan aktivitas pemasaran. Audit merek mengukur ”dimana merek berada sekarang” dan apakah program pemasaran memiliki efek yang dimaksudkan.

Perluasan Merek 
Salah satu hal yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan tes pasar terhadap merek yang ada adalah dengan melakukan perluasan merek. Sebuah strategi penentuan merek bagi sebuah perusahaan mengidentifikasi unsur merek mana yang dipilih perusahaan untuk diterapkan diseluruh aneka ragam produk yang dia jual. Dalam perluasan merek, sebuah perusahaan menggunakan nama merek yang dibangun untuk memperkenalkan sebuah produk baru. Perluasan potensial harus dinilai oleh seberapa efektifnya mereka mengangkat ekuitas merek yang ada ke dalam sebuah produk baru, dan juga seberapa efektifnya perluasan yang pada gilirannya menyumbang pada ekuitas merek induk yang sudah ada.

Portofolio Merek 
Merek-merek dapat memainkan sejumlah peran berbeda dalam portofolio merek. Merek-merek bisa memperluas cakupan, memberikan perlindungan, memperluas citra, atau memenuhi berbagi peran lain untuk perusahaan. Setiap produk yang bernama merek harus memiliki penentuan posisi yang didefinisikan dengan baik. Dengan cara itu, merek-merek dapat memaksimalkan cakupan dan meminimalkan tumpang tindih, sehingga dapat mengoptimalkan portofolio. Portofolio merek merupakan suatu usaha untuk mendifersifikasikan sebuah merek. Bagaimana contohnya??

Portofolio merek ini merupakan cara yang dilakukan perusahaan untuk mengurangi risiko dari adanya ekspansi terhadap produknya. Perusahaan memilih antara dua berkaitan dengan merek saat melakukan ekspansi, yaitu dengan menggunakan Brand Extention dan Brand Portofolio. Maka Brand Portofolio ini merupakan suatu langkah untuk mengamankan risiko kejatuhan dari brand akibat adanya produk yang jatuhnya produk baru yang dipasarkan.

Contoh:
Fedex mempunyai brand utama yang menaungi seluruh bagian pembagian pemasaran fedex. 



Ketika Fedex mengembangkan sebuah usaha baru tentang Kiriman cepat Fedex, 


maka menggunakan sebuah portofolio merek seperti di bawah ini. Tiap bagian akhirnya memiliki brand sendiri dalam produknya. Hal ini dapat digunakan untuk menghindari jatuhnya brand utama akibat jatuhnya bagian pemasaran yang lain dari produk-produk yang berbeda.


Portofolio Merek Fedex

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …