Skip to main content

Materi Manajemen Pemasaran: Contoh Kasus Analisis Lingkungan (Internal dan Eksternal), Analisis Pelanggan, Analisis Pesaing pada Perusahaan P&G, Analisis SWOT, Matriks SWOT

Analisis SWOT, Analisis Lingkungan P&G

Analisis SWOT
Teknik Analisis SWOT merupakan sebuah pengembangan dari tahun 1950an hingga sekarang. Profesor Harvard Business School (HBS) Unit Kebijakan yaitu George Albert Smith Jr dan C Roland Christiensen pada tahun 1950 menggunakan SWOT dalam strategi organisasi dan pemasaran. SWOT kemudian dikembangkan oleh HBS hingga sekarang.

Analisis SWOT merupakan metode yang digunakan sebagai salah tools (alat) yang digunakan merumuskan Manajemen Strategic suatu perusahaan. Dan akhirnya pada analisis swot ini bisa dikembangkan metode Matriks SWOT yang kemudian dapat digunakan untuk memutuskan kebijakan strategic perusahaan. 

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar Matriks SWOT, yang mana dalam matriks tersebut menggunakan perpaduan antara:

  • Strenght dan Opportunity: berkaitan tentang bagaimana sebuah perusahaan menggunakan Kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang  ada. Sehingga dalam matriks SWOT akan melahirkan keputusan strategy perusahaan dalam menggunakan kekuatannya untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada.
  • Weakness dan Opportunity: Bagiamana Kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada. Pada bagian ini akan melahirkan strategy perusahaan untuk menghadapi kondisi yang memang perusahaan mempunyai kelemahan di dalamnya sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
  • Strenght dan Threat: Bagimana Kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada,
  • Weakness dan Threat: Bagaimana Kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.



Analisis SWOT Terbagi Menjadi 2
  • Analisis Lingkungan Internal 
  • Analisis Lingkungan Eksternal. 

Analisis SWOT

Sebelum melangkah jauh ke Matriks SWOT yang berkaitan tentang manajemen strategic suatu perusahaan, maka seorang menajer harus mampu mengidentifikasi Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal. Berikut ini saya akan menampilkan contoh dari Perusahaan P&G dengan analisis Lingkungan Internal dan Eksternalnya serta analisis lain yang berkaitan dengan lingkungan perusahaan. 

Untuk apa analisis ini?? 

Analisis Lingkungan digunakan untuk sebuah perusahaan dalam memetakkan keberadaanya di lingkungan bisnisnya, sehingga mampu memanfaatkanya atau mengambil celah yang ada untuk meraih pangsa pasar.




Analisis Lingkungan Internal
Analisis Lingkungan Internal itu berkaitan dengan Kekuatan dan Kelemahan dari kondisi Internal Perusahaan. Pada analisis Swot tentang lingkungan internal, kita mengetahui adanya Strenght (kekuatan) dan Weakness (kelemahan). Seperti dunia ini diciptakan didalamnya berpasang-pasangan, ketika suatu perusahaan berdiri, maka dia pasti mempunyai kekuatan dan kelemahan, yang semua itu berjalan beriringan mengiringi perjalanan hidup perusahaan.

STRENGHT (KEKUATAN)
Sebagai perusahaan multinational corporation, PT P&G memiliki beragam keunggulan internal perusahaan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan, yaitu sebagai berikut:
  • Memperkerjakan Pekerja Lokal, agar dapat membidik pasar lokal
  • Material atau bahan baku PT. P&G didapatkan dari berbagai belahan dunia.
  • Selalu melakukan analisis ketidakpastian untuk branding produk baru
  • Melakukan Riset Operasi.
  • Melakukan riset operasi untuk menjadikan inventory perusahaan agar lebih dinamis. 
  • P&G bersedia mengutamakan insight langsung dari konsumen, dengan selalu memperhatikan keinginan konsumen dan berusaha melakukan development sesuai dengan kebutuhan konsumen mereka. Mengembangkan model simulasi design organisasi sebuah perusahaan.
  • Memiliki diferensiasi produk yang beragam dan berbeda dari brand-brand lain.
  • Menciptakan diversifikasi produk dimana tidak hanya mengeluarkan produk kecantikan dan perawatan tubuh, tetapi juga menciptakan produk-produk makanan, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. 
  • Keunggulan dibidang pemasaran adalah PT P&G memiliki konsep pemasaran yang baik, salah satu strategi yang digunakan adalah Word of Mouth marketing yang terdiri dari 3 step yaitu: Do Talking, Do the Selling 
  • Sistem manajemen yang membebaskan pekerja untuk berinovasi baik secara individual maupun kelompok. Research and Development yang baik dalam mengembangkan produk-produknya.Melakukan manajemen pemasaran yang fokus pada pemasaran lokal untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.Menekankan pada pengontrolan dan pengawasan dalam lingkup kecil baik per level, tim kerja maupun individu.Memiliki teknologi canggih dalam pengembangan produk.

WEAKNESS (KELEMAHAN)
PT P&G memiliki kelemahan dalam hal manajemen pada setiap lini produknya, karena PT P&G memiliki cukup banyak diversifikasi produk, maka dalam pembagian manajemen juga mengalami cukup banyak kendala, selain membutuhkan control management atau pengawasan yang sulit, biaya yang ditimbulkan oleh perusahaan dalam hal beban gaji bagi tenaga kerja yang sangat besar juga membuat pembengkakan biaya operasional perusahaan.PT P&G menciptakan beragam inovasi untuk memenuhi permintaan konsumennya, akan tetapi PT P&G melupakan satu hal bahwa perusahaan-perusahaan lain yang sejenis juga tidak kalah dalam melakukan inovasi yang lebih beragam, sehingga PT P&G di mata konsumen tidak dipandang sebagai perusahaan yang paling inovatif.


Analisis Lingkungan Eksternal
Analisis Lingkungan Eksternal ini merupakan analisis terhadap dunia pesaing perusahaan dari arah mana saja. Termasuk di dalamnya mempelajari faktor-faktor eksternal terhadap perusahaan, seperti risiko-risiko pasar perusahaan. Di dalam analisis Swot tentang Lingkungan Eksternal, didalamnya terdapat Peluang dan Ancaman.

OPPORTUNITY (PELUANG)
Dengan menciptakan diferensiasi dan diversifikasi pada produk-produknya, maka PT P&G mampu memperluas pangsa pasarnya di seluruh dunia. Luasnya pangsa pasar perusahaan, tentu saja akan meningkatkan nilai perusahaan yang akan menguntungkan perusahaan juga menguntungkan pemegang saham karena kenaikan EPS (Earning Per Share) nya.

THREATS (ANCAMAN)
Dengan menciptakan beragam produk yang bervariasi, tidak menjadikan PT P&G sebagai perusahaan yang menguasai pasar secara keseluruhan, bahkan semakin banyak perusahaan lain menciptakan inovasi-inovasi produk yang hampir sama atau lebih inovatif dengan produk yang diciptakan P(&)G, hal ini membuat P&G harus selalu dan secara terus-menerus melakukan inovasi terbaru agar tidak kehilangan konsumennya.

Selain itu, ancaman produk-produk palsu yang menggunakan merek P&G sebagai label, namun dengan harga yang sangat murah, dan tentu saja sangat jauh dari standar kualitas, hal itu membuat P(&)G merasakan ancaman kehilangan konsumen yang loyal terhadap produk perusahaan, atau bahkan perusahaan dapat kehilangan nama baiknya dan mengurangi eksistensi P&G.


Analisis Pelanggan
Ketika seseorang memilih suatu produk, yang pasti terpikirkan adalah kualitas dari produk tersebut. P(&)G menempatkan mutu sebagai ujung tombak pasar dalam masyarakat. System merupakan landasan kebijakan terhadap pengawasan mutu yang memotivasi

Indonesia untuk bertindak memenuhi dan bahkan melampaui berbagai standar kualitas, baik itu merupakan standar internasional maupun standar yang ditetapkan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku di Industri makanan dan minuman.

Dengan merombak product design and development-nya, dengan lebih mengutamakan insight langsung dari konsumen. Jika semula mereka mengandalkan focus group discussion untuk menggali insight dari konsumen, P&G kemudian menggunakan  dua cara, yaitu Living It dan Working It. Living It adalah cara di mana para market researcher tinggal bersama konsumen selama beberapa hari untuk menggali pengalaman mereka dalam menggunakan produk-produk yang sudah ada, untuk kemudian mengambil insight tersebut sebagai dasar pengembangan produk baru. Banyak produk yang sudah ada memiliki kelemahan tertentu yang dapat diatasi dengan inovasi yang sederhana. Sedangkan Working it berarti para market researcher terjun ke toko-toko untuk melihat bagaimana konsumen membandingkan produk mereka dengan produk kompetitor, dan apa yang ada di pikiran konsumen selama proses pemilihan tersebut.



Analisis Pesaing 
Selain pelanggan, P(&)G juga memiliki cukup banyak pesaing. Dalam hal ini, P(&)G telah mengidentifikasi lima kekuatan yang menentukan daya tarik laba jangka panjang intrinsik pasar atau segmen pasar tertentu :


  • Ancaman persaingan segmen yang ketat. Segmen tertentu menjadi tidak menarik jika ia telah memiliki pesaing yang banyak, kuat, atau agresif. Ia bahkan menjadi lbih tidak menarik jika segmen tersebut stabil atau menurun, penambahan kapasitas pabrik dilakukan secara besar-besaran, biaya tetap tinggi, hambatan keluar besar, atau pesaing memiliki kepentingan yang besar untuk tinggal di dalam segmen tersebut. Kondisi itu akan menyebabkan sering terjadinya perang harga, perang iklan, dan pengenalan produk baru sehingga akan menjadi sangat mahal bagi perusahaan untuk bersaing.
  • Ancaman pendatang baru.Daya tarik segmen berbeda-beda menurut tingginya hambatan untuk masuk dan keluarnya. Segmen yang paling menarik adalah segmen yang memiliki hambatan untuk masuk yang tinggi dan hambatan untuk keluar yang rendah. Sedikit perusahaan baru yang dapat memasuki industri, dan perusahaan yang berkinerja buruk dapat dengan mudah keluar. Kasus terburuk adalah jika hambatan untuk masuk rendah dan hambatan untuk keluar tinggi. Perusahaan akan masuk dalam situasi yang menguntungkan, namun sulit untuk keluar dari situasi buruk. Akibatnya adalah terjadinya kelebihan kapasitas yang kronis dan penurunan harga dari penghasilan bagi semua pihak.
  • Ancaman produk substitusi.Substitusi membatasi harga dan laba. Perusahaan harus memantau secara dekat tren harga produk substitusi. Jika kemajuan teknologi atau persaingan meningkat di industri substitusi tersebut, harga dan laba dalam segmen tersebut cenderung menurun.
  • Ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pembeli.Bargaining Power berkembang jika merekalebih terkonsentrasi atau terorganisasi, produk tersebut merupakan bagian yang signifikan dari biaya pembeli, produk tersebut tidk terdiferensiasi, biaya perpindahan ke pemasok/produk lain rendah, pembeli peka terhadap harga karena laba yang rendah, atau pembeli dapat melakukan integrasi ke hulu.
  • Ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pemasok. Para pemasok cenderung menjadi kuat jika mereka terkonsentrasi atau terorganisasi, terdapat sedikit substitusi, produk yang dipasok merupakan input yang penting, biaya berpindah pemasok tinggi, dan pemasok dapat melakukan integrasi ke hilir.

Comments

  1. kren bget,,,,
    bahasanya yg mudah dimengerti,,,,
    sukses Buat P&G,,,






    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …