Skip to main content

Materi Kuliah: Business Forcasting ( Naive Methode) / Peramalan Bisnis (Memahami Metode Naive)

Kalau mungkin anda sedang mendalami suatu perkuliahan pada fakultas ekonomi dan bisnis, tentu anda akan mendapati Mata Kuliah yang asyik, yaitu Peramalan Bisnis. Mata Kuliah ini mengembangkan potensi siswa untuk memforecast grafik suatu output dari data sebelumnya untuk masa yang akan datang.

Metode Peramalan ini sederhana lo.. jadi kalau anda bingung dengan metode ini, tentu jalan anda untuk kuliah Mata Kuliah Peramalan Bisnis akan sedikit terhambat. Pengamalan dari Penulis ketika mendalami mata kuliah ini, dan berhasil mendapatkan nilai A, Sebenarnya mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang ibarat kripik itu renyah dan gurih.. Metode Naive merupakan metode peramalan bisnis dengan memanfaatkan periode berikutnya sama dengan nilai aktual periode sebelumnya. Dengan demikian data aktual periode waktu yang baru saja berlalu merupakan alat peraalan yang terbaik untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang (lebih menekankan pada penggunaan data-data masa lalu untuk menentukan atau mermalkan kondisi masa depan).



Pengertian Metode Naive


Untuk lebih mempermudah anda memahami naive model ini, maka saya akan memberikan contoh kasus: Suatu Perusahaan membuat laporan penjualan sepatu kulit selama setahun (selama tahun 2011). Perusahaan tersebut ingin memperkirakan berapa penjualan sepatu kulit pada bulan pertama tahun 2012? Gunakan Metode Naive Model.


Jawablah.. dengan Metode Naive, angka pada tanda tanya tersebut


>Jawab:


  • Uraikan Dahulu Rumus Metode Naive mulai dari 1-6
  • Terus Kerjakan Pada Lembar Excel Seperti Gambar di Bawah ini..

Metode Naive


Jawaban Untuk tanda tanya di atas ( Penjualan pada Bulan Pertama tahun 2012) adalah antara:

95; 100; 93; 95,98; 85; 95,5

Terus Kita mau jawab yang mana?? begini caranya.. cari tingkat error yang paling rendah. Nah.. bagaimana cara kita mengetahui tingkat erorr yang paling rendah: 

  • ME (Mean Error)
  • MAE (Mean Absolute Error)
  • MPE (Mean Persentage Error)
  • MAPE (Mean Absolute Persentage Error)
  • MSE (Mean Square Error)
  • RMSE (Root Mean Square Error)
  • Theils U



Saya akan memberi contoh tingkat error pada naive satu dengan ME dan MSE



Kita mulai dulu dengan pembahasan error. Nilai Error itu didapatkan dengan cara mengurangi A-Naive
  • ME didapatkan dengan cara mencari rata-rata error
  • MAE didapatkan dengan cara mencari rata-rata absolute error (erorr negative dipositive kan terlebih dahulu)
  • MPE didapatkan dengan cara mencari rata-rata percentase error terhadap A
  • MAPE didapatkan dengan mencari rata-rata percentase absolute error ( Percentase error terhadap A dipositifkan semua)
  • MSE didapatkan dengan cara mencari rata-rata error kuadrat.
  • RMSE akar dari MSE
  • Theils U = Error Kuadrat dibagi dengan selisih antara (At-At-1) Kuadrat
Dengan panduan ke tujuh cara mencari tingkat error, maka cari hasil naive mana yang memiliki tingkat kesalahan yang paling kecil (tingkat erorr yang paling kecil). Setelah tahu metode naive yang mana yang mempunyai tingkat error yang paling kecil.. maka nilai naive tersebut yang pantas menduduki kotak tanda tanya.



Ada Pertanyaan?? tinggalkan comment...


Pertanyaan tanggal 2/11/2013 

Bagaimana cara mencari absolute mean error, dan absolute variation error?

Absolute Mean Error yang anda tanyakan itu merupakan MAE pada keterangan di atas. Yaitu dengan mengabsolutekan mean (dipositif kan) kemudian dijumlah, kemudian dicari mean nya.

Absolute Variation Error yang anda tanyakan itu adalah mencari variasi pada setiap error dengan rumus:


Dimana:
ยต = rata-rata error
N = total jumlah error


Maka Penyelesainya lewat Excel akan seperti ini:

AME (Absolute Mean Error)

Contoh Pengerjaan AME

AVE (Absolute Variation Error)
Contoh Pengerjaan AVE



Comments

  1. bagaimana menghitung absolute means error dan absolute variation error
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kami jawab mas, silahkan dilihat di artikel di atas

      Delete
  2. Bisa tolong dijelaskan bagaimana penyelesaiannya menggunakan rmse?
    Atw mungkin anda berkenan membalas ke email saya enggar.putri88@gmail.com
    Sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai rmse itu hasil dari root mse gan,,

      okey kami balas via email gan..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …