Skip to main content

Manajemen Pemasaran: Cara Membuat Marketing Project / Proyek Pemasaran yang merupakan salah satu bagian dari Business Plan.

Di dalam membuat Marketing Project, kita mesti memahami terlebih dahulu tentang kaidah dari Manajemen Pemasaran. Dengan berbagai hal yang tersaji pada materi Manajemen Pemasaran, maka kita dapat mengambil beberapa untuk pembuatan Proyek Pemasaran dari suatu Produk. Apa saja itu??

Pertama,
Anda mesti bisa menguraikan tentang perusahaan yang memproduksi suatu produk. Jika anda membuat marketing project perusahaan yang sudah ada sebelumnya anda bisa membikin beberapa hal uraian yang mencakup tentang garis besar perusahaan. 
misal:


Procter & Gamble Company telah mempunyai badan hukum di Ohio pada 1905. Perusahaan tersebut didirikan oleh William Procter and James Gamble pada 1837. Procter & Gamble memfokuskan diri pada produk bermerek untuk meningkatkan kehidupan konsumen seluruh dunia. Saat ini perusahaan telah memasrkan lebih dari 300 merek yang telah tersebar di lebih dari 160 negara. Perusahaan beroperasi di lebih dari 80 negara melalui Market Development Organization "MDO".

MDO meliputi pelanggan ritel yang resmi, saluran dagang dan tim khusus untuk negara yang bekerja untuk membangun merek perusahaan di pasar lokal. MDO diorganiasi mencakup tujuh wilayah, yaitu Amerika Utara, Eropa Barat, Asia Utara-Timur, Amerika Latin, Eropa Timur dan Tengah / Timur Tengah / Afrika, Cina dan ASEAN /Australia/India. Perusahaan dikelompokkan menjadi tiga Global Business Units: P&G Beauty; P&G Family Health; and P&G Household Care. Dalam P&G Beauty unit, meliputi Retail and Professional Hair Care, Skin Care, Feminine Care, Cosmetics, Fine Fragrances and Personal Cleansing. Hair Care merupakan bisnis utama dan Feminine Care merupakan bisnis utama lainnya. Merek dalam P&G Beauty antara lain Pantene, Wella, Olay, Always and Head & Shoulders.

Dalam P&G Family Health, perusahaan menawarkan produk perawatan kesehatan mencakup Oral Care, Pharmaceuticals, Personal Health and Pet Health and Nutrition. Merek P&G Family Health meliputi Actonel, Crest, Iams, Pampers, Bounty and Charmin brands. Dalam P&G Household Care, terdiri dari Fabric Care and Home Care, mencakup Tide, Ariel, Downy dan Dawn. In Snacks and Coffee, perusahaan membagi menjadi dua kategori, yaitu Salted Snacks and Coffee. Dua merek dalam Snacks and Coffee - Pringles dan Folgers. Pada 27 January 2005, Procter & Gamble bekerjasama dengan The Gillette Company. The Gillette Company merupakan perusahaan yang menghasilkan produk untuk pria, misalnya silet, pisau cukur dan tempat penyipanan peralatan dan juga tersedia untuk produk wanita. Gillette juga menyediakan batu baterai alkalin dan sikat gigi yang mampu masuk ke pasar global. Pada 2007, Procter & Gamble ini dipimpin oleh Alan G. Lafley, sebagai CEO/Chairman of the Board/President/Director.

PT. P&G adalah salah satu perusahaan dunia yang sudah sangat terkenal melalui produk-produknya. Market sharenya telah mengungguli para kompetitor-kompetitornya. Dan sekarang, PT. P&G telah masuk ke berbagai dunia, salah satunya di Indonesia, dengan meluncurkan beberapa produknya seperti Olay, Pantene, Head and Shoulders, Kitkat, dan beberapa produk unggulan lainnya.

Dalam perkembangannya tersebut, tentu saja PT. P&G tidak lepas dari manajemen pemasaran yang berada di dalam perusahaan PT. P&G bagaimana strategi demi strategi diterapkan untuk memasarkan produk dari PT. P&G dan meraup bahkan lebih banyak lagi konsumen, bagaimana strategi PT. P&G dalam menghadapi kompetitor terberatnya.

Jika anda menginginkan untuk membuat proyek pemasaran dari produk baru, misalkan anda ingin memperkenalkan produk yang anda buat, dan anda membikin suatu proposal tentang perencanaan bisnis. Di dalamnya anda juga mencantumkan tentang latar belakang produk, seluk beluk produk, atau dengan kata lain garis besar produk. Buat deskripsi itu seperti yang tertera pada contoh P&G di atas.

Kedua,
Buat Uraian tentang Market Orientation dari suatu produk atau perusahaan. Market orientation merupakan salah satu budaya organisasi yang memenuhi kriteria Resource-Based View sebagai sebuah resource dan yang mampu membentuk kapabilitas organisasi. Budaya market orientation ditujukan untuk memberikan nilai yang terbaik bagi konsumen melalui pemahaman kebutuhan konsumen, baik yang ekspresif maupun yang latent, memahami pesaing, dan sinergi organisasi dari koordinasi individu dan bagian-bagian dalam organisasi. Kapabilitas dalam memahami konsumen, memahami pesaing, dan terbentuknya koordinasi dalam organisasi, yang diintegrasikan dengan resources lain, akan menghasilkan advantages yang akan membawa organisasi unggul ditengah persaingan yang semakin meningkat.

Contoh Pembuatan Market Orientation, klik DISINI

Ketiga,
Buat Uraian tentang Analisis Lingkungan, Pesaing, Pelanggan. Gambaran ketiga hal ini merupakan hal yang menjadi bahan penilaian dari marketing project tentang prediksi eksistensi dari produk yang akan dipasarkan.

Contoh Pembuatan Analisis Lingkungan, Pesaing, Pelanggan, Klik DISINI

Keempat,
Buat uraian tentang STP, Segmentation, Targeting, Positioning. Ketiga hal ini merupakan penilaian dari marketing project atas arah dan tujuan produk tersebut di pasarkan. 
  • Segmentasi: merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.
  • Target: Berkenaan tentang Target suatu produk untuk dapat mempertahankan market share dan bagaimana perusahaan membuat inovasi-inovasi terbaru dalam produknya.
  • Posisi: bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam hal ini termasuk barnd image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. Inilah alasan kenapa konsumen memilih produk suatu perusahaan bukan produk pesaing.
Contoh Cara Pembuatan uraian tentang STP, Klik DISINI

Kelima,
Membuat uraian tentang bauran pemasaran (marketing mix). Bauran Pemasaran merupakan kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaranMenurut Marius P. Angipora (1999) marketing mix adalah perangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Contoh Pembuatan uraian tentang bauran pemasaran, Klik DISINI..


Nah, kelima hal itulah yang anda butuhkan untuk membuat proyek pemasaran, sehingga anda dengan mudah dapat memetakan bagaimana pemasaran suatu produk dengan hanya membaca Marketing Project nya.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …