Skip to main content

Info Bisnis Tulungagung: Pengelola Limbah Tutup Botol Air Minum (Usaha Pengolahan Daur Ulang Tutup Botol) menjadi Barang Baru yang layak jual.

Kita mungkin sering kali membayangkan.. betapa sampah yang ada disekitar kita menjadi sesuatu yang tidak mengenakkan dalam kehidupan kita. Kenapa?? nampaklah suatu kondisi yang kotor, ataupun kondisi yang menyesakkan ruang kehidupan kita.. sehingga sampah ini merupakan salah satu hal yang perlu ditanggulangi bukan sekedar di buang, tanpa ada usaha untuk melakukan daur ulang.

Seringlah kita mengetahui bagaimana slogan-slogan yang mengajak kita untuk go green, atau melestarikan lingkungan.. tetapi kita mungkin belum nampak jelas bagaimana melakukan hal itu dalam praktek sehari-hari. Jika suatu produk yang ada sekarang ini mungkin ada salah satunya yang menggulirkan sebuah trobosan produk ramah lingkungan yang mampu didaur ulang. Tetapi.. kita belum mengetahui secara jelas,, selain hanya sekedar tulisan dalam produk yang mengatakanya go green, tetapi prakteknya, kenyataanya belum kita lihat..


Beda halnya dengan yang ada di Tulungagung, Jawa Timur... tepatnya di desa Bago.. Kita bakal menemui sebuah usaha rumahan yang mengusahakan pengelolaan limbah tutup botol air minum dalam kemasan. Walau ini mungkin hanya sebagian kecil dari usaha untuk mengelola sampah, tetapi langkah nyatanya mampu untuk paling tidak mengurangi beban berat yang diderita dari ruang publik yang ditempati sampah.


Pada kesempatan ini, saya akan menunjukkan kepada anda tentang usaha daur ulang yang sukses di Bago Tulungagung, Jawa Timur. Pengusaha ini mencoba untuk menjadi salah satu penggerak perwujudan dari daur ulang sampah yang ada di sekitar kita. Dengan tutup botol air minum dalam kemasan, mereka membuat sebuah produk yang menarik dengan aneka warna dan bentuk dari tutup stang sepeda. 


Bagaimana cara pengolahanya??

1) Mencuci bersih tutup botol itu dari kotoran, dengan mencucinya serentak di dalam air.
2) Setelah dicuci, tutup botol-botol itu dipotong-potong dengan mesin pemotong, yang membuat tutup botol ini menjadi materi dengan permukaan yang lebih kecil.

Tutup Botol dipotong kecil-kecil.

3) Menjemur tutup botol yang sudah dipotong, ke terik panas matahari.
4) Setelah kering, lalu diangkut ke dalam mesin pemasak yang membuat potongan kecil-kecil ini menjadi benih plastik bulat-bulat kecil..yang kemudian akan diolah lagi, atau dijual.

Potongan Kecil Tutup Botol dan Bijih Plastik yang dijemur.

5) Benih Plastik yang diolah lagi, digunakan untuk bahan membuat tutup stang sepeda.
6) Mengepack, tutup stang sepeda kemudian di jual ke pasaran.

Pekerja Mengangkut Potongan Kecil dari Tutup Botol


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …