Skip to main content

Contoh Kasus Manajemen Pemasaran: Frontal Attack



Strategi Frontal Attack adalah ketika si penyerang berusaha menyamai produk, iklan, harga, dan saluran distribusi pesaing. Serangan frontal yang dimodifikasi, seperti memotong harga atas harga pesaing dapat berfungsi jika pemimpin pasar tidak membalas dendam dan jika pesaing dapat meyakinkan pasar bahwa produknya sama dengan produk pemimpin.

Dalam hal ini, produsen mobil berjenis MPV (multi purpose vehicle) yang merupakan model mobil terlaris di negeri ini banyak yang mulai menggunakan strategi ini. Hal ini dikarenakan beberapa tahun belakangan produsen otomotif beramai-ramai masuk dan memperkuat penetrasinya di segmen paling gemuk ini. Yang paling fenomenal di segmen ini adalah Nissan. Sebelumnya merek ini lebih banyak bermain dengan model kendaraan premium yang harganya relatif mahal seperti Nissan Serena. Namun sekarang, pabrikan mobil terbesar ketiga di Jepang ini berambisi memperbesar kue penjualannya di Indonesia dengan merilis MPV dengan harga yang lebih murah yaitu Grand Livina.


Penetrasi Nissan di segmen MPV terbilang cukup menarik. Menyadari perilaku konsumen yang demen banget sama kendaraan berkapasitas tujuh penumpang, maka dipilihlah Indonesia sebagai tempat kedua (setelah China) untuk memperkenalkan Grand Livina. Investasi US$60 juta pun digelontorkan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jaringan Nissan guna mewujudkan ambisi meraih penjualan di atas 20.000 unit pada 2008. Lebih menarik lagi, dalam beberapa iklannya di sejumlah media, Nissan berani membuat tayangan yang menggambarkan model MPV lain sebagai layaknya gerobak kayu reyot.

Kijang Innova sebagai pemimpin pasar di segmen MPV medium, menjadi model yang paling terancam pangsa pasarnya oleh kehadiran Livina. Positioning ini membuat Livina sempat dijuluki 'Kijang Killer'. Menurut pandangan masyarakat, Nissan Livina telah mampu memasuki dan diterima pasar dengan baik. Masyarakat telah mengakui kualitas produk Nissan ini yang tidak kalah baiknya dengan Toyota Kijang Inova, meskipun layanan resale value dan omzet penjualan, Nissan Grand Livina masih berada di bawah Toyota Kijang Inova. Namun secara keseluruhan, strategi frontal attack yang diterapkan oleh Nissan telah mampu membuat pesaingnya tidak dapat menganggap remeh produk terbaru dari Nissan ini.   

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …