Skip to main content

Teori Kebenaran: Memahami Keterbatasan Manusia

Saya ingin mengajak anda untuk merenungi bahwa panca indra kita itu memiliki keterbatasa-keterbatasan. Kita sebenarnya memiliki keterbatasan-keterbatasan, tetapi kita tidaklah punya kesempatan untuk mengingat bahwa kita itu memang mempunyai keterbatasan. Ketidaksadaran akan keterbatasan kita sebagai manusia, akan menimbulkan kita menjadi orang yang sombong dan tidak mengerti hakekat kehidupan ini. Ingatlah.. kehidupan ini adalah semu.. kehidupan yang jalanya lurus, engkau bisa anggap bengkok, begitu juga sebaliknya. Hal yang tidak terduga dalam memahami keterbatasan kita pun bisa membuat penyesalan kita tidak terperi rasanya.. 

Semoga tulisan ini, tulisan yang sederhana ini dapat menyadarkan diri anda tentang bagaimana keterbatasan kita sebagai manusia. Bagaimana kita menyikapi keterbatasan yang kita temui.
      

Add caption


( Perhatikan gambar di samping,, tentu anda akan mengira gambar tersebut tidak horisontal, padahal sebenarnya garis-garis yang ada tersebut adalah horisontal).





Dimanakah gambar orang? digambar ini??



























Kapal atau Bangunan?











Apakah ini??









Padahal ini hanya gambar













Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun. Dan di dapatinya (ketetapan) Alloh di sisinya, lalu Alloh memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Alloh adalah sangat cepat perhitungan-Nya. (Qs. An Nuur: 39)

Ingatlah.. dunia ini, hanya kenikmatan yang menipu.. kenapa kita terlalu memburu dunia, bekerja siang malam untuk dunia, untuk kesenangan sesaat.. padahal dunia itu adalah kenikmatan yang menipu. Bukankah itu kan yang menjadi tujuan kita ketika kita mendapati diri kita bekerja keras di dunia?? Tujuan kita sebenarnya sudah jelas, yaitu beribadah kepada Alloh Swt. Beribadah mempunyai makna yang berbeda dengan menyembah. Kita bisa melakukan pekerjaan setap menit, setiap saat..dan itu bisa bernilai ibadah kalau kita niatkan hal itu untuk mencari ridho Alloh Swt. dan sesuai dengan apa yang diajarkan Rosululloh. Tidur, itu bisa bernilai ibadah..kalau niatnya untuk mencari ridho Alloh Swt. dan sesuai dengan apa yang diajarkan Rosululloh di dalam Hadits. Jadi jangan persempit, pengertian ibadah dengan menyembah.. sungguh sangat berbeda...

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Alloh serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (Qs. Al Hadid: 20)


Iya.. dunia adalah kenikmatan yang menipu, kita bisa saja bekerja keras dan itu bernilai ibadah kalau di dalamnya ada keikhlasan dan hasilnya sebagian untuk membeli akhirat.. membeli akhirat?? dengan apa?? dengan disedekahkan, dibuat untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kaum muslimin, untuk memuliakan anak yatim.. dll. Sungguh.. jika hanya dunia dan kenikmatanya yang menjadi fokus dalam bergolaknya fikiran kita dan banting tulangnya tubuh kita dalam bekerja.. maka hanya kerugian lah yang akan didapatkan

Katakanlah: "Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?" Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. (Qs. Al Kahfi: 103-104)

Hal ini seiring dengan apa yang mendasari sifat manusia yaitu salah dan lupa. Manusia memiliki kecenderungan antara dua hal tersebut. Kadang kita merasa paling benar, kadang juga kita merasa paling tepat perbuatanya, pemikiranya, padahal disadari atau tidak kita itu memiliki keterbatasan-keterbatasan yang melekat pada diri kita. Kadang apabila kita berpikir sejenak, merenungi kejadian-kejadian yang ada, tentu kita akan mendapatkan jawaban bahwa suatu perbuatan itu salah atau benar. 

Iya benar.. manusia itu mempunyai sifat dasar salah dan lupa... nah bagaimana dengan nabi dan petunjuknya lewat hadits-hadits yang diriwayatkan?? o... tentu berbeda.. nabi memang benar adalah manusia biasa.. tetapi..

Katakanlah: "Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku.... ( Qs. Al Kahfi: 110)
Iya benar.. termasuk nabi muhammad.. itu adalah manusia biasa... bukan Tuhan, bukan Malaikat,,, tetapi apa?? bedanya?? yaitu nabi muhammad diberi wahyu oleh Alloh Swt. Iya... itulah perbedaan mendasar.. karena nabi muhammad itu diberi Wahyu.. dan tindakanya itu bukan berdasarkan hawa nafsu...

kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. (Qs. An Najm: 2-4)

Pertanyaanya adalah dimanakah kebenaran itu?? dimanakah kesalahan itu??
Kebenaran itu hanyalah milik Alloh Swt. Alloh Swt. yang telah memberikan petunjuk bagi kehidupan kita di dunia dan di akhirat. Petunjuk dari Alloh Swt. bisa kita temukan pada Al Qur'an dan Al Hadits. Nabi Muhammad Saw. adalah orang yang paling mengerti tentang Al Qur'an dan Hadist. Beliau merupakan contoh nyata bagaimana mengimplementasikan petunjuk Alloh Swt. dalam kehidupan sehari-hari. Maka tidaklah heran jika beliau merupakan orang yang paling khusuk sholatnya, merupakan orang yang paling takut kepada Alloh Swt. Tentu kita sering mendengar bahwa Islam itu mengatur segala bentuk perbuatan manusia mulai dari cara membersihkan hidung, memotong kuku, cebok setelah BAB, sampai pada mengatur soal jual beli, mu'malah, dan mengatur sistem pemerintahan yang tepat untuk digunakan dalam kehidupan ini. Segala aspek dalam kehidupan manusia telah diatur secara keseluruhan dan tidak menyisakan sebuah kecacatan yang perlu diperbaiki. Inilah kesalahan banyak orang, ketika mereka ingin merevisi hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh Alloh Swt.

Engkau masih meragukan keterbatasan kalian?? engkau masih merasa sombong?? engkau masih juga menolak kebenaran dari Alloh Swt. lewat Nabi Muhammad Saw?? 

Engkau yang merasa sombong, yang congkak, yang selalu ingin dihormati, yang selalu memamerkan kekayaannya, jabatanya, keturunanya.....dll..

Ingat...
Bahwa engkau ini kecil, engkau itu tidak berdaya sama sekali..
tidakkah engkau pernah memperhatikan kebesaran Alloh Swt??
tidakkah engkau memahami bahwa dirimu itu adalah lemah...
tidakkah Alloh itu Maha Besar, Alloh itu Maha Perkasa??

Lihatlah.. betapa Maha Besar Alloh Swt. yang telah menciptakan Langit dan Bumi, Berikan waktu untuk diri anda merenungi bagaimana kebesaran Alloh Swt. Menangislah kalau engkau ingin menangis... sungguh.. kita itu kecil..

Laa haulaa walaa  quwata illa billah..

Mari kita simak video di bawah ini...

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …