Skip to main content

Tanya Jawab: Adakah Sholat Taubat itu?? bagaimana caranya??


Adakah sholat taubat?

Tanya:
Apakah benar ada sholat sunnah taubat? Kalu memang benar tolong sebutkan penjelasanya. Demikian, Wassalamu’alaikum wr. wb.

Abdulloh, Klaten


Jawab:
Shalat taubat itu ada dan hukumnya sunnah menurut pendapat empat imam madzab. Sebagaimana hadits dari Abu Bakar ra, ia mendengar Rosululloh Saw bersabda,

“ Tidaklah seorang laki-laki melakkan sebuh dosa, lalu berdiri mensucikan dirinya dengan sholat dengan meminta ampunan padanya, kecuali Alloh akan mengampuninya. Beliau membacakan surat Ali Imron 135 ‘ Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendri mereka ingat akan Alloh Swt , lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa mereka......’” (HR. Tirmidzi) Beliau berkata haditsnya hasan.
Dalam hadits lain diriwayatkan dari Abu Darda’ bahwa Nabi Saw bersabda,
“ Barangsiapa yang wudhu dengan sebaik-baik wudhu, lalu berdiri sholat dua raka’at atau empat raka’at, baik sholat wajib atau sunnah dengan dua raka’at dan empat sujud yang baik meminta ampunan kepada Alloh, maka Alloh akan mengampuninya. “ (HR. Thabrani)

Sholat sunnah ini dilaksanakan sebagaimana sholat sunnah nafilah yang dilaksanakan kapan saja kecuali waktu-waktu terlarang.

Ada lima waktu terlarang:
1) Dari terbit fajar sampai terbitnya matahari.
2) Terbitnya matahari sampai setinggi ukuran tombak.
3) Setelah sholat ashar sampai terbenam matahari.
4) Ketika matahari berada di tengah-tengah sampai terbenam matahari.
5) Ketika matahari mulai terbenam sampai sempurna terbenamnya

Ibnu Thaimiyah berkata :
“ Demikian pula dengan sholat taubat, bila seserorang terjerumus dalam dosa maka taubat wajib segera ia lakukan dan disunnahkan untuk melaksanakan dua raka’at sholat, lalu meminta ampunan pada Alloh Swt.”
(lihat: Al Mausu’ah Al Fiqiyyah Al Kuwaitiyah: 2/9662, Majmu Fatawa Ibnu Taimiyah:23/215)

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …