Skip to main content

Review Jurnal: Apakah ISO 9000 bisa meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan (Corporate Business Performance)?


Tulisan di bawah ini merupakan berdasar jurnal asli Does ISO 9000 certification improve business performance? oleh: Clare Chow-Chua, Mark Goh and Tan Boon Wan yaitu tentang pembahasan perusahaan yang ada di Singapura, adakah ISO 9000 mempunyai peran dalam meningkatkan Kinerja Bisnis  (business performance) suatu Perusahaan? Pada penelitian itu Penulis mencoba membedakan perbedaan manfaat ISO 9000 bagi perusahaan yang telah (terdaftar) listing di bursa dan yang belum (terdaftar) listing di bursa. Sehingga dalam risetnya.. kali ini membutuhkan sample perusahaan sebanyak 146 perusahaan.

Iya memang perlu dilakukan penelitian terhadap sertifikasi suatu perusahaan. Biaya yang mahal dalam mendapatkan sertifikasi harus diimbangi dengan hasil yang memuaskan pada perusahaan setelah disertifikasi. Iya.. salah satunya adalah model sertifikasi ISO 9000. Bagaimanakah kiprah sertifikasi ISO 9000 dalam perusahaan??

  1. Apakah ada perbedaan antara perusahaan yang listing (terdaftar) di bursa dan yang non-listing di bursa?? pada sertifikasi ISO 9000??
  2. Apakah ISO 9000 mempunyai dampak positif pada kinerja keuangan perusahaan??
  3. Apakah Perusahaan yang listing di bursa dan non-listing di bursa memiliki hambatan yang sama dalam ISO 9000

Globalisasi dan Arus Kompetitif
Globalisasi telah secara radikal mengubah pandangan dan proses arus kompetitif bisnis. Hal ini merupakan respon perusahaan yang hidup di didalam suasana teknologi yang merambah luas di segala sektor, terutama internet. Itulah yang menjadikan perusahaan dimanapun dia berada menjadi lebih kompetitif.  Sebuah kebutuhan yang lebih besar ada untuk investasi di bidang infrastruktur dan intelektual

Standarisasi Keberhasilan Bisnis
Proses standarisasi bagi keberhasilan bisnis dalam hal ini, International Organisasi Standardisasi (ISO), sebuah federasi global 130 negara badan standar, berusaha untuk mempromosikan standarisasi dan pengembangan terkait dengan perusahaan diseluruh dunia kegiatan dalam rangka untuk memfasilitasi pertukaran barang dan layanan secara internasional, dan kerjasama di bidang intelektual, ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi.



ISO 9000
ISO 9000 standar seri sekarang secara luas diterima sebagai standar minimum untuk sistem mutu untuk perusahaan (Marquardt, 1992). Di Intinya, ini adalah satu standar sistem mutu yang mengatur kualitas bagaimana perusahaan harus mencapainya secara praktek dan teori.

Saat ini, banyak negara telah baik memakai ISO 9000 atau menggunakannya sebagai
dasar sistem nasional mereka sertifikasi mutu.

Tabel I
Tabel I di atas menunjukkan rata-rata tingkat pertumbuhan dari beberapa negara. Dengan demikian, Jepang memiliki tingkat pertumbuhan tercepat sebagai Jepang adalah salah satu negara paling awal untuk merangkul filosofi kualitas. Di Singapura, jumlah perusahaan bersertifikat ISO tumbuh, rata-rata, dengan 53 per persen per tahun dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan rata-rata global 43 persen. Sudah, lebih dari 1.808 perusahaan yang berbasis di Singapura yang disertifikasi.


Keuntungan Sertifikasi

Manfaat yang umum dari sertifikasi dalam literatur adalah 
  • peningkatan produktivitas dan 
  • akses ke pasar luar negeri. 

Memang, sertifikasi menyediakan akses ke pasar seperti Jepang, Eropa dan AS karena standar saat ini sudah banyak diterima. Sebagian besar perusahaan memiliki mengalami peningkatan penjualan secara keseluruhan setelah sertifikasi (Kantner, 1997).

Manfaat ISO 9000
Calingo et al. (1995) menemukan bahwa ISO 9000 menghasilkan 
  • kualitas yang lebih baik sistem, 
  • kepuasan pelanggan keunggulan, 
  • kompetitif dan 
  • pengurangan kualitas masalah. 


Haversjo (2000) ISO 9000 bersertifikat perusahaan memiliki pendapatan yang lebih baik (tingkat pengembalian) dari sejenis non-bersertifikat perusahaan, terutama karena penjualan meningkat. 

Casadesus dan Gimenez (2000) telah melaporkan bahwa 65 per sen dari bersertifikat perusahaan di Spanyol telah mengalami tingkat internal (sumber daya manusia manajemen, manajemen operasi), eksternal (external customer kepuasan, kurang keluhan, pembelian berulang), dan manfaat keuangan (misalnya pangsa pasar, penjualan per karyawan, kembali pada penjualan dan laba atas aset).

Ini adalah konsisten dengan Kaye (2000) yang juga melaporkan manfaat seperti yang lebih baik dokumentasi, kualitas yang lebih besar kesadaran karyawan, baik internal yang
komunikasi, dan peningkatan efisiensi operasional. 



Jawabah dari Pertanyaan-pertanyaan yang ada:

Apakah ada perbedaan antara perusahaan yang listing (terdaftar) di bursa dan yang non-listing di bursa?? pada sertifikasi ISO 9000??


Tabel II

Tabel III


Table IV (24 Manfaat sertifikasi)

Instrumen survei yang terdiri dari item manfaat 24 Sertifikasi ditemukan pada Tabel II diperiksa. Cronbach alpha keandalan Koefisien untuk instrumen adalah 0,9014, menunjukkan instrumen yang sangat tinggi kehandalan. Item Manfaat adalah faktor yang dianalisis dan rotasi varimax Prosedur dengan skor cut-off kriteria faktor 0,5 diterapkan untuk memilih faktor manfaat yang ditunjukkan pada Tabel III. Nilai dari keseluruhan Statistik KMO untuk analisis faktor adalah 0,807. Tiga faktor utama dengan demikian
diidentifikasi:


(1) proses internal yang lebih baik melalui instruksi kerja yang jelas atau
prosedur;
(2) lebih fokus eksternal menghasilkan keunggulan kompetitif yang lebih besar, lebih baik
bottom line melalui peningkatan profitabilitas, dan
(3) kuat orientasi ekspor melalui ekspansi ke pasar internasional



Bukti statistik yang kuat ditemukan untuk mendukung H1 (p, 0,01). Namun, dukungan parsial ditemukan untuk dua item (lihat tabel IV yang memiliki tanda bintang):

  • Dokumentasi yang lebih baik (p ¼ 0,04) 
  • dan komunikasi yang efektif antara karyawan (p ¼ 0,05). 


Dilihat dari mereka nilai mean, perusahaan non-listing merasakan manfaat yang lebih besar dari kedua item. Juga, pada tingkat signifikansi dari 0,1, ISO 9000 bersertifikat non-listing perusahaan merasa bahwa sertifikasi telah menyebabkan:

  • Kualitas yang lebih tinggi dirasakan dari produk / jasa (High Perceived Quality of Product and Service)------> (¼ 0,08, berarti ¼ 3,79) dan 
  • Penurunan  biaya usaha (Decline of  Bussiness cost)-----> (p ¼ 0,08, berarti ¼ 2,97). 


Kedua perusahaan yang terdaftar dan tidak terdaftar tidak merasa sangat sangat sertifikasi yang telah mengurangi biaya bisnis (rata-rata nilai 2,66 dan 2,97, masing-masing). Terakhir, non-terdaftar perusahaan bersertifikat mengklaim staf moderat retensi (p ¼ 0.1, berarti ¼ 2.83).

Oleh karena itu, perusahaan yang tidak terdaftar di bursa bersertifikat dirasakan kinerja yang lebih baik melalui saluran bawah ditingkatkan (kerugian kurang dari karyawan) dan proses internal yang efisien (melalui prosedur dokumentasi yang lebih baik).

Kinerja Keuangan Perusahaan


Setelah Beattie dan Sohal (1999), kami mengklasifikasikan KPI (key performance index) Keuangan pada strategi bisnis:

  • Profit Margin atas Penjualan, yang dihitung sebagai laba bersih dibagi dengan penjualan;
  • Return on total asset (ROA), yang dihitung sebagai pendapatan bersih dibagi total aset;
  • Return on equity umum (ROE), yang dihitung sebagai pendapatan bersih dibagi dengan ekuitas umum;
  • Rasio hutang terhadap ekuitas, yang dihitung sebagai total hutang dibagi dengan umum ekuitas, 
  • Earning per share (EPS), yang dihitung sebagai pendapatan bersih dibagi beredar saham.



Selanjutnya, kami memeriksa kinerja keuangan bersertifikat ISO 9000  perusahaan terdaftar, dengan menggunakan prosedur t-test berpasangan. Hasilnya, seperti yang dirangkum dalam Tabel V, menunjukkan bahwa perusahaan bersertifikat terdaftar melaporkan hasil signifikan lebih baik pada ROA, ROE dan utang terhadap ekuitas rasio daripada perusahaan uncertified terdaftar. Secara khusus, ada adalah perbaikan yang jelas di ROE dan rasio hutang terhadap ekuitas. Dengan demikian, ISO 9000 sertifikasi telah menghasilkan keuntungan finansial yang lebih baik melalui aset yang lebih baik manajemen, penggunaan yang lebih baik dari ekuitas dan kontrol utang. Untuk memvalidasi bahwa kinerja keuangan membaik benar-benar karena sertifikasi ISO 9000, dalam waktu Percobaan desain dilakukan. Hasilnya disajikan pada Tabel VI, yang menunjukkan bahwa semua rasio keuangan, kecuali profit margin on sales, menunjukkan signifikan perbaikan setelah sertifikasi. ISO 9000 sertifikasi meningkatkan kinerja keuangan




Hambatan ISO9000
Meskipun dampak positif dari sertifikasi ISO 9000 pada keuangan dari suatu perusahaan, dengan  mengambil tingkat sertifikasi oleh perusahaan yang terdaftar tidak terlalu tinggi (34 persen). Sebuah analisis faktor eksplorasi untuk mengeksplorasi hambatan untuk sertifikasi memiliki mengungkapkan bahwa hambatan dapat dikategorikan menjadi faktor-faktor utama berikut:
Pemasok kekurangan manajemen,
Garis jelas kuasa,

  • non-conformance to procedures
  • lack of management review and 
  • inconsistent inbound practices 
Tabel VII
Umumnya, hambatan sebelum dan sesudah sertifikasi sama. Namun, dua item berbeda (lihat table VII):

  • Kegagalan untuk menentukan tanggung jawab  dan Kewenangan personal yang terlibat dengan sertifikasi ISO 9000, 
  • dan salah tafir persyaratan ISO 9000. 


Pada item pertama, Tabel VII telah terdaftar otorisasi ini sebagai jelas dengan skor faktor 0,78. Presentase ini, lebih dari setengah dari perusahaan yang terdaftar dan tidak terdaftar menegaskan keberadaan ini. Masalahnya, dengan hampir 80 persen dari non-terdaftar perusahaan menunjukkan ini sebagai terbesar penghalang (p, 0,004). Sebuah persentase yang lebih kecil dari responden yang dihadapi item kedua dari salah tafsir persyaratan. Hanya 17,1 persen per dari perusahaan yang terdaftar dan 5,9 persen dari non-terdaftar perusahaan menganggap hal ini sebagai masalah. 

Hasil

Tabel VIII

Sekarang kita akan membahas beberapa daerah di mana temuan kami memiliki implikasi bagi perusahaan. Pertama, meskipun sertifikasi ISO 9000 telah sekitar selama lebih dari satu dekade dengan banyak organisasi yang memiliki sertifikasi agresif, hasilnya telah dicampur (Buttle, 1996; Sneddon, 1998). Manfaat ISO 9000 sertifikasi harus didasarkan pada: 

  • platform suara dan interoperabilitas transparansi sistem, 
  • prosedur dan proses. 

Makalah ini karenanya berusaha untuk memberikan empiris bukti nilai ISO 9000 terhadap kinerja bisnis. Seperti Skrabec et al. (1997), penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi ISO 9000 adalah bermanfaat bagi perusahaan, baik yang terdaftar dan tidak terdaftar. 

Namun, perusahaan-perusahaan yang terdaftar bersertifikat diluar kinerja finansial mereka yang tidak bersertifikat (Tabel V). Pemegang Saham mungkin ingin memperhatikan hal ini. Meskipun tidak ada statistik bukti yang menunjukkan bahwa sertifikasi ISO 9000 mengurangi biaya bisnis, hal ini tidak harus membingungkan kita karena dengan kebutuhan organisasi untuk mengadopsi transparansi, skalabilitas dan interoperabilitas, mereka prosedur proses dan sistem. Pada dasarnya, sertifikasi ISO 9000 memungkinkan perusahaan untuk fokus dalam arah ini (ke arah bahwa ISO 900 dapat mengurangi biaya bisnis).



Investigasi empiris kami memberikan bukti yang masuk akal, sejauh lokal konteks bisnis yang bersangkutan, bahwa sementara sertifikasi ISO 9000 mengarah ke lebih baik kinerja keuangan, non-terdaftar perusahaan dengan sertifikasi ISO 9000 memiliki prosedur dokumentasi yang lebih baik, kualitas yang dirasakan lebih tinggi produk atau jasa, dan lebih komunikasi yang efektif antara karyawan dibandingkan terdaftar perusahaan dengan sertifikasi ISO 9000. Untuk membuatnya lebih sederhana, tanpa scrutinisable akuntabilitas kepada pemegang saham, non-terdaftar perusahaan perlu memiliki diresepkan sistem untuk mendukung proses yang lebih baik dan prosedur. Jelas, manfaat adalah multi-faceted dan vital untuk masa depan global kami. Data dan hasil telah menunjukkan bahwa sertifikasi ISO 9000 memungkinkan perusahaan untuk mengalami proses internal yang lebih baik melalui instruksi kerja yang jelas atau prosedur, baik bottom line melalui profitabilitas yang lebih besar, dan ekspor yang lebih kuat melalui ekspansi ke pasar internasional. Semua faktor ini mempertajam kompetitif tepi perusahaan. Oleh karena itu, untuk perusahaan dengan orientasi kompetitif, penerapan sertifikasi ISO 9000 akan mengikuti secara alami dan akan menjadi begitu saja.





Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …