Skip to main content

Pelajaran Kehidupan: Memahami Nikmat Alloh Swt. pada kehidupan kita

Ilustrasi Ombak

Pelajaran tentang Nikmat Alloh Swt. pada kehidupan kita
Artikel ini saya tulis, berkaitan dengan adanya pengajian yang membahas tafsir Al Qur'an ayat: 31-32. Pada pelajaran tentang tafsir tersebut, banyak sekali pelajaran yang kita dapatkan. Kehidupan ini, tidaklah berjalan begitu saja... melainkan Alloh Swt.. yang berkuasa pada kehidupan ini.. Alloh Swt.. yang berkuasa atas semesta alam... Maka ketika seseorang tertipu dengan hal itu.. tertipu dengan kehidupanya sendiri.. melupakan nikmat Alloh Swt. atas dirinya dan kehidupanya.. dia akan menjadi orang yang bingung dalam penyesalan... Tidakkah kita pernah mendengar.. di dalam ayat Al Qur'an..

Renungan tentang hidup dan kehidupan di bumi ini
dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (jadi begini)?", pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. (Qs. Az Zal zalah: 3-5)
Manusia yang mengira bahwa kehidupan ini hanya berlalu begitu saja berlalu.. Tanpa mengetahui/memahami bahwa kehidupan ini semua atas kuasa Alloh Swt. Bumi ini dan seisinya tidaklah berjalan begitu saja.. melainkan bumi dan kehidupan di alam semesta ini berjalan atas perintah Alloh Swt. tidak ada campur tangan siapa pun dalam hal ini. Maka ketika hari kiamat, manusia heran..Bumi tidak seperti biasanya, bumi tidak lah seperti yang mereka sangka bakal baik-baik terus.. tanpa mengenal hari kiamat.... Diguncangkan bumi ini.. sehingga mereka bertanya.. Mengapa Bumi (jadi begini)?? Karena sesungguhnya.. Alloh yang telah memerintahkan kepadanya (bumi).

Terbukti.. hidup kita sekarang ini, merupakan atas kehendak Alloh Swt. Hidup ini merupakan nikmat dari Alloh Swt. tidak hanya begitu saja ada, dan tidak begitu saja.. berjalan.. melainkan Alloh Swt. yang menguasai langit dan bumi..

Kita hidup di dunia atas nikmat dari Alloh Swt.
Mengawali pembahasan kita tentang tafsir Surat Lukman ayat 31 dan 32 serta beberapa hal yang dapat kita pahami dari cerita-cerita pemateri..

Pada Surat Lukman ayat 31
Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) -Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. (Qs. Lukman: 31)

Di dalamnya terdapat pertanyaan, apakah engkau tidak memperhatikan??? Sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Alloh Swt. Alloh Swt yang berkuasa atas berlayarnya sebuah kapal di lautan. Inilah yang perlu direnungkan.. bahwa kita itu hidup di dalam kehidupan kita di dunia ini atas nikmat dari Alloh Swt. Tidaklah begitu saja berada disini...

Orang kafir tidak terbersit di dalam hatinya kalau ini merupakan tanda kebesaran Alloh Swt. Sehingga mereka tetap pada kehidupanya yang durhaka kepada Alloh Swt. Bukankah mereka itu hidup dengan nikmat alloh??, dengan rezeki dari alloh,?? Memang benar.. tidaklah mereka orang kafir itu.. mengerti, menggunakan akalnya untuk menelaah ayat-ayat Alloh Swt. Inilah hanya bagi orang-orang yang berfikir sajalah yang dapat merenungin seluruh tanda-tanda Kekuasan Alloh Swt.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Qs. Ali Imron: 190-191)
Siapakah orang yang berakal yang dimaksud dalam surat Ali Imron: 190-191???
yaitu orang-orang yang:

  • orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri 
  • orang-orang yang mengingat Alloh sambil duduk
  • orang-orang yang mengingat Alloh sambil dalam keadaan berbaring

Ketiga hal di atas merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perbuatan manusia.. perbuatan manusia itu terdiri dari ke tiga hal di atas...
Nah..untuk menjadi orang yang berakal...dari segala sesuatu yang diperbuat oleh manusia.. haruslah disertai dengan mengingat Alloh (dzikrulloh)....
Anda tahu keutamanaan dzikrulloh??

Ibnu Taimiyah:
Dzikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”

Ingatlah pada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian.” (QS. Al Baqarah: 152). 

Ibnul Qayyim mengatakan,  “Seandainya tidak ada keutamaan dzikir selain yang disebutkan dalam ayat ini, maka sudahlah cukup keutamaan yang disebut.”

Cerita tentang kapal besar
Dulu, bapak-bapak ibu-ibu dan adik-adik, saya dulu pernah melihat sebuah kapal yang besar, yaitu kapal Amsterdam yang mana depan belakangnya itu jaraknya  bila anda berjalan itu sampai kecapaian... Di dalam kapal ini terdapat pameran seluruh pengusaha belanda berada di Kapal dan ingin memberikan pameran. Subhanalloh.. kapal yang besar.. berton-ton, bisa terapung di lautan. Ini bukan atas kemampuan manusia.. bukan... melainkan itu semua atas kekuasaan Alloh Swt. Orang-orang yang beriman yang memahami dan mentadaburi tanda-tanda kekuasaan Alloh Swt. 

Dokumen Internet: Kalap Tengker
Masih tidak percaya?? Kalau kapal besar itu bukan atas kemampuan manusia??? begini.. bapak-bapak ibu-ibu.. jika saja seluruh manusia ini.. berkumpul.. dari orang-orang yang dianggap pandai, professor, dll...bersama-sama menciptakan nyamuk... tentu mereka tidak akan mampu menciptakanya... Itulah mengapa.. sedangkan proses yang dilakukan manusia itu pun juga atas kehendak Alloh Swt.. apa kalian tidak mengira tidak pernah memahami??,, berjuta-juta sistem sarah.. di Tubuh ini yang mengkoordinasikan berbagai macam perbuatan manusia...  lalu.. apa kalian masih tetap sombong.. sedang seekor lalat pun tidaklah bisa kalian ciptakan.. apalagi sistem saraf yang rumit... Jadi Prosesnya pun itu juga atas kehendak Alloh Swt.
Nyamuk

Bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara ku ...
Kalau engkau ingin dibanggakan Nabi Muhammad Saw. yang  memuji seorang mukmin. Bahwa orang mukmin itu semuanya kondisinya itu baik.
Siapa itu orang mukmin??

  • Apabila ia memperoleh kenikmatan akan bersyukur, 
  • Apabila ia tertimpa musibah, ia akan bersabar
“Sungguh ajaib kondisi seorang mukmin, seluruh kondisinya pasti menjadi baik. Dan itu hanya dimilki oleh seorang mukmin saja. Apabila ia memperoleh kenikmatan akan bersyukur, maka kesenangan itu akan menjadi kebaikan buat dirinya. Apabila ia tertimpa musibah, ia akan bersabar, dan musibah itu pu akan menjadi kebaikan buat dirinya”. (HR. Muslim)

Pada Surat Lukman  ayat 32
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya maka tatkala Alloh menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka Muqtasidun (tetap menempuh jalan yang lurus). Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar. (Qs. Lukman: 32)
Makna Muqtasidun:
Menurut Ibnu Zaid adalah tidak sholeh tetapi juga tidak bermaksiat.. (tengah-tengah, pen).

Cerita Anak Nelayan
Dulu saya mempunyai sahabat anak nelayan... yang dia itu bercerita pernah mengikuti ayahnya pergi mencari ikan di lautan. Mungkin diantara kalian pernah mendapatkan cerita.. kalau nelayan yang besar.. itu menggunakan dua kapal untuk menangkap ikan di laut. Kapal yang satu hanya untuk mengangkut Jaring dan beberapa orang,,, yang mengatur penebaran jala, sedangkan kapal yang satunya membawa awak kapal yang mengatur kapan menebar jala dan dimana menebar jala, serta kapal ini akan menarik jala hingga melingkar luas.. sampai akhirnya bertemu lagi.



Pada suatu ketika tiba-tiba ada ombak besar, dan suasana langit yang gelap, Kapal terombang ambing di Laut. Dia..(anak nelayan) itu tidak bisa melihat apa-apa pada malam yang gelap dan bergelombang itu. Sungguh ketika terjadi seperti ini.. seseorang bisa menderita trauma yang besar di dalam jiwanya sehingga apabila dilamun ombak.. seseorang tiba-tiba menyeru Alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya... Inilah.. cerita dari seorang anak nelayan ini menjadi pelajaran bagi kita semua tentang bagaimana ombak yang besar, kondisi di tengah lautan itu akan membuat orang tiba-tiba menjadi orang mukmin dadakan... mereka tiba-tiba menyeru Alloh Swt. Dan memurnikan ketaatan kepadaNya.. Tidak ada yang diminta tolongi kecuali Alloh Swt.

Di saat malam yang penuh tragedi itu terjadi ombak besar, serta malam yang deras, mungkin juga deraian percikan ombak sesekali menyentuh kulit nelayan... nampaklah di depan mata mereka ada sebuah kapal besar yang mendekat... pada saat itu sang ayah.. mengambil lentera dan mencoba melihat apa gerangan sosok yang besar dihadapan mereka itu..semua awak kapal mengalami ketakutan yang mendalam. Ketika sosok besar yang diperkirakan sebuah kapal itu mendekat.. sang ayah melemparkan lentera sebagai penerang kapal.. di kegelapan.. maka dilempar ke arah kapal besar itu.. untuk berusaha memberi tahu pemilik kapal itu..

Setelah dilempar dikegelapan.. dan menanti benturan dengan kapal besar itu..  ternyata benturan itu tidak terjadi.. lihat lagi.. kapal itu tidak ada.. hal ini bisa saja karena ada ombak yang besar yang menyerupai kapal besar..bahkan seperti gunung...

Pada saat seseorang itu dihalau ombak yang besar dan terombang-ambing..maka hilang semua selain Alloh Swt. Tidak ada yang lain yang disebut kecuali yang dibutuhkan adalah pertolongan.


Cerita Lagi Tentang  Empat orang Pemancing yang tersapu ombak
Ada lagi sebuah cerita yang didapatkan dari seseorang yang di Tulungagung...ada tiga orang yang memancing di Segoro Kidul Tulungagung (sekitar popoh ). Mereka memancing di atas tebing yang tinggi..dan disitu yang menjadi spot memancing mereka dan melemparkan umpan pancing ke laut. Tebing yang curam itu.. menjadi spot menarik, karena di atas tebing itu kita langsung menghadapi laut yang dalam dan tempat yang favorit dari ikan-ikan berkumpul.

Tidak ada perasaan aneh pada saat itu diantara keempat orang itu, ketika mereka menunggu umpan ditarik ikan, dan mendengar ombak yang menghantam-hantam di tebing dengan suara yang menggema. Pada saat itu terjadi malam hari.. dan samar-samar pandangan ketika itu. Tidak disangka dan tidak dinyana.. saat seseorang melempar umpan yang kesekian kali.. dan malam yang gelap.. tiba-tiba ombak itu datang dari belakang mereka.. menyapu mereka. Ombak yang datang ini merupakan ombak yang tinggi sehingga sampai  mencapai tebing mereka sedang memancing.


Dalam peristiwa itu hanya satu orang yang dapat menyelamatkan diri. Dan berlari untuk meminta pertolongan kepada warga yang jaraknya berkilo-kilo dari tempatnya memancing. Saat keesokan harinya mencari mereka bertiga yang tersapu ombak dilautan... Salah satu dari pemancing tersebut adalah orang kauman Tulungagung, begitu menurut cerita pemateri. Kejadian begitu menraumakan diri, ombak yang besar...maka orang selamat ini sekarang menjadi trauma berat.. dan semakin sering untuk ke masjid.


Semoga hal ini bisa menjadikan pelajaran bagi kehidupan kita di dunia.. sebelum semuanya berakhir... sebelum semuanya terlambat ketika nafas kita sudah di tenggorokan. Bukankah kita seharusnya bisa menjadikan suatu peristiwa itu sebagai pelajaran hidup... lihatlah.. berapa korban tewas 8 orang,, ketika terjadi kecelakaan di selat sunda, antara kapal asing Singapura dengan kapal roro KM Bahuga. Kalau sudah mati..maka tidak akan dapat lagi seseorang itu menebus segala penderitaannya di akhirat.. dengan apa pun.. kecuali dengan 'amal baik kita di dunia ini...

Semoga kita menjadi orang yang selalu meniatkan setiap perbuatan kita, untuk meraih ridho Alloh Swt... amin...



Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …