Skip to main content

Pelajaran Kehidupan: Apa Hubungan Tawakkal dan Usaha??

Hubungan Tawakkal dan Usaha
Tawakkal kepada Alloh Swt. tidak berarti bahwa manusia harus bertopang dagu berpeluk tangan, enggan berusaha dan malas bekerja. Tawakkal yang sebenarnya ialah disertai dengan melipatkan (menyingsingkan) lengan baju dan memeras tenaga, berusaha mencari maksud dan cita-cita melalui jalan-jalan dan cara-cara yang betul dan sepatutnya dilalui.

Manusia menurut fitrahnya dan menurut perintah Alloh harus berikhtiar dan bekerja untuk kelangsungan hidupnya dengan menggunakan segala tenaga dan upaya yang telah diciptakan oleh Alloh untuk hamba-Nya dan makhluk-Nya yang termulia di atas bumi ini.

Meninggalkan usaha dan ikhtiar dengan alasan tawakkal kepada Alloh adalah keliru dan bertentangan dengan fithrah manusia dan hukum alam serta menyimpang dari perintah Alloh dan Rosul-Nya.

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Alloh) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Qs. Al Baqoroh: 267)

Alloh tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Qs. Al Baqoroh: 286)

agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya. (Qs. Ibrahim: 51)
  
Demikianlah perintah Alloh kepada Rosul-Nya, agar mereka berusaha dan berikhtiar dengan sekuat kemampuanya, setelah itu nanti Alloh akan memberikan pertolongan-Nya kepada hamba-Nya yang tunduk dan patuh. Sesungguhnya tawakkal itu tidak akan sempurna melainkan dengan berusaha dan berikhtiar mengikut hukum Alloh Swt. dan Sunnah-Nya, setelah itu barulah bersandar kepada pertolongan Alloh Swt. dan menyerah bulat kepada-Nya

Diceritakan bahwa ada seorang pria menunggang unta hendak ke masjid. Ia bertanya kepada Rosululloh, apakah ia harus menambatkan untanya atau melepaskan bebas sambil bertawakkal. Rosululloh bersabda kepadanya, "iqilha wa tawakkal". Tambatlah ia dan bertawakallah 
(HR. At Tirmidzi, Al Baihaqi)

Pada suatu ketika Umar bin Khattab ra. mau menemui sekelompok orang pemalas yang enggan bekerja dan hanya duduk menganggur sambil menyerah diri kepada nasib. Umar bertanya kepada mereka "Siapakah kamu dan apa kerjamu? Mereka menjawab, "Kami adalah orang yang bertawakkal kepada Alloh". " Dusta kau!" Jawab Umar, "Karena kamu bukanlah orang-orang yang bertawakkal, orang yang sebenarnya bertawakkal ialah yang menanam bibit di sawah lalu bertawakkal kepada Alloh. Dalam kesempatan ini beliau pernah berkata. Sesungguhnya langit tidak akan menjatuhkan hujan emas. (Sayyid Sabiq, Islamuna)

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …