Skip to main content

Nasihat untuk Pemuda: Memilih Teman yang baik, Jauhi Teman yang buruk.



Kebutuhan manusia terhadap lingkungan yang baik, laksana kebutuhan tanaman terhadap tanah yang subur. Kala tanah itu bagus, cukup kandungan unsur haranya, suhunya cocok dan airnya cukup, maka tanaman tersebut akan bersemi, tumbuh berkembang, dan berbuah sesuai dengan yang diharapkan. Sebaliknya, tanaman tersebut tidak akan erkembang dengan menghasilkan buah yang sesuai dengan yang didambakan, bahkan tanaman itu bisa mati karenanya.

Rosululloh Saw bersabda,

“Sesungguhnya perumpamaan teman yang shalih dengan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Seorang penjual minyak wangi bisa memberimy atau kamu membli darinya, atau kamu mendapatkan wanginya. Dan seorang pandai besi membuat pakaianmu terbakar, atau kamu mendapat bau yang tidak sedap.”(Riwayat Al Bukhori dan Muslim)

Selayaknya kita mencari lingkungan yang baik, teman yang sholih yang bisa mendukung kita untuk selalu istiqomah dalam kebaikan dan ketaatan kepada-Nya. 

Alloh Swt berfirman

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”(QS. Al Kahfi ayat 28)


Alloh Swt menyuruh orang-orang yang beriman untuk senantiasa bergabung dengan orang-orang yang baikdemi menjaga keimanan mereka, seperti dalam firman Alloh Swt

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”(QS. At Taubah 119)
Dalam ayat ini, Alloh Swt tidak mencukupkan dengan menyuruh orang-orang yang beriman untuk bertakwa saja, namun Alloh Swt memerintahkan mereka untuk senatiasa menyertai orang-orang yang jujur sebagai sarana melestarikan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh Swt.

Rosululloh Saw bersabda:
“Seseorang itu tergantung kepada kebiasaan teman dekatnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapa yang dijadikan teman dekatnya (karibnya).”(Riwayat Tirmidzi, dan dihasankan AlBani dalam Ash Shohihah 927)

Keutamaan bergaul dengan pelaku kebaikan
Perlu diketahui, bahwa interaksi sosial itu, apabila dibangun di atas landasan kemaksiatan maka pelakunya sama-sama akan mendapatkan dosa dan murka Alloh Swt. Jika dibangun atas dasar keduniaan belaka maka pelakunya tidak akan mendapatkan balasan apa-apa. Namun jika hubungan tersebut dibangun atas dasar kecintaan dan ketaatan kapada Alloh Swt. Maka hubungan yang seperti ini sangat dianjurkan oleh syariat , dan pelakunya berhak mendapatkan kecintaan , keridhoan, dan pahala yang melimpah dari Alloh Swt.

Seseorang yang bergaul dengan orang lain atas dasar cinta kepada Alloh Swt. sangat mengharapkan ridhoNya, maka dia akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang besar di dunia, diantaranya:

1. Mendapat cinta Alloh Swt

Alloh Swt. Berfirman dalam hadits Qudsi yang artinya
“ Berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang salaing mencintai karena aku, berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling menasihati karena aku, berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling mengunjungi karana aku, berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling memberi karena aku, mereka berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya.”
(Riwayat Ibnu Hibban, dishohihkan oleh al bani dalam Shohih Targhib wa Tarhib, 3019)

2. Merasakan manisnya Iman
Rosululloh Saw bersabda:
“ Barangsiapa ingin merasakan nikmatnya Iman, hendaklah ia mencintai saudaranya dan dia tidak mencintainya kecuali karena Alloh Swt.” (Riwayat Ahmad dan Al Hakim dan di hasankan oleh Al Bani dalam Ash Shohihah,2300)
Juga dalam sabda lain yang artinya:
“ Tiga perkara yang apabila terdapat pada seseorang, dirinya akan merasakan manisnya iman. Jika Alloh Swt dan RosulNya lebih ia cintai daripada selain keduanya, mencintai seseorang yang tidaklah ia mencintainya kecuali karena Alloh Swt., ia benci untuk kembali kepada kekafiran setelah Alloh Swt menyelamatkan dari kekafiran sebagaimana ia benci untuk dilempar ke dalam neraka.”(Riwayat Bukhori dan Muslim)

Sungguh pada zaman sekarang ini, betapa sangat sulit untuk menemukan hubungan yang hanya dilandasi karena kecintaan dan ketaatan kepada Alloh Swt. Semata, kecuali segelintir orang-orang yang dirahmati Nya. Kita lihat mereka merapat dan menjauh hanya karena alasan dunia, faktor ekonomi dan politik atau faktor lainya yang kiranya akan menguntungkan dari segi materi.

Fa Innalillahi wa Inna ilaihi Roji’un 


3. Alloh Swt akan memuliakannya
Rosululloh Saw bersabda,
“Tidaklah seorang hamba mencintai hamba yang lain karena Alloh Swt. Melainkan Alloh Swt akan memuliakanya.”(Riwayat Ahmad dan dishohihkan oleh Albani dalam Ash-Shohihah 1256)


Dan cinta terbesar Alloh Swt akan diraih oleh orang yang paling besar kecintaanya kepada saudaranya.
“ Tidaklah dua orang yang saling mencintai karena Alloh Swt, melainkan orang yang paling dicintai Alloh Swt. diantara keduanya adalah yang paling besar kecintaanya kepada saudaranya.”(Riwayat Bukhori dalam Al Adabul Mufrad, dan dishohihkan oleh Albani dalam Shohih At Targhib wa Tarhib 3014)

4. Senantiasa mendapat kebaikan yang tak terhingga
Ketika seorang bergaul dengan orang yang sholih, maka ia akan senantiasa menyaksikan ketulusan hati, amal-amal kebaikan, kejujuran dalam muamalah, bantuan dan motivasi, mendengarkan untaian nasehat-nasehatnya dan akan menuntunya untuk sama-sama beramal sholih sepertinya, lebih-lebih kalau ia bergaul dengan ulama, selain akan mendapatkan kebaikan tadi, ia pun akan senantiasa meneguk madunya ilmu, arahan dan contoh yang benar dalam segala kebaikan.

Alangkah beruntungnya mereka yang menghabiskan masa hidupnya di bawah bimbingan ulama, jauh dari kebodohan, terbebas dari syubhat yang mengitarinya atau syahwat yang siap memangsanya, selalu mendahulukan kepentingan saudaranya daripada diri dan keluarganya, dan mereka adalah para sahabat beserta Nabinya.

Rosululloh Saw berkata
“Seseorang itu tergantung kebiasaan teman karibnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa yang dijadikan teman karib.”(Riwayat Tirmidzi, dan dihasankan Albani dalam Ash Shohihah 927)

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …