Skip to main content

Materi Kuliah: Investasi pada Reksa Dana dan seluk beluknya

Kita mungkin sering kali mendengar kata investasi pada kehidupan kita sehari-hari. Investasi secara umum dapat diartikan sebagai penanam suatu modal, untuk jangka waktu tertentu, dengah harapan mendapatkan return di masa yang akan datang. Itulah makna dari investasi secara sederhana, kita mencoba untuk menanamkan modal yang kita punya.. seperti tenaga, uang, harta, kekayaan, untuk jangka waktu tertentu. 

Sebelum melakukan investasi, kita sering kali mesti menimbang keputusan investasi yang akan kita lakukan, dalam sebuah planning yang matang. Mengapa mesti ada pertimbangan itu?? pertimbangan itu sebagai usaha efisiensi yang dilakukan oleh calon investor untuk mendapatkan return. Tools yang digunakan untuk berinvestasi ada bermacam macam, seperti: Kuliah, Obligasi, Saham, Reksa Dana, dll.

Reksa Dana
Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi. Reksadana dibentuk oleh manajer investasi dan bank kustodian (pihak yang memegang dana investasi sehingga dana investor tidak dipegang langsung atau disalahgunakan oleh MI (MI adalah Manager Investasi yang mengelola dana para investor pada reksa dana). Bank kustodian mengawasi setiap penggunaan dana investasi yang ada.)melalui akta kontrak investasi kolektif (KIK) yang dibuat oleh notaris.

Pihak dalam Reksadana:
  • Bank Kustodian
  • Manajer Investasi
Cara Lain
Pada kondisi yang tidak terlalu formal, atau mungkin jika sekelompok orang mau menggunakan konsep Reksa Dana maka dapat menggunakan 2 orang untuk menjalankan prakteknya. Salah satu sebagai manajer investasi yang dapat mendistribusikan uang untuk investasi di tempat yang sekiranya cocok dan mendapatkan return yang positif. serta yang satunya adalah orang terpercaya yang menyimpan uang dan melakukan pembukuan terhadap uang yang ditampung dari para nasabah. Cara lain ini saya maksudkan anda bisa kok mengelola model seperti reksa dana tapi pada ruang lingkup yang tidak terlalu formal.. misal pada kalangan keluarga, saudara-saudara, atau kalangan tertentu saja.

Apa fungsinya?? Fungsinya kalian dapat lebih bisa mengkontrol investasi yang dilakukan dari orang yang ditampung bersama-sama. Seperti menghindari Praktek Riba. Sebagai umat islam, kita berusaha sekuat tenaga untuk menghindari Riba terjadi pada perekonomianya.. Kenapa??

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
(Qs. Al Baqoroh: 275)
 
Dari Jabir RA beliau berkata,
‘Bahwa Rasulullah SAW melaknat pemakan riba, yang memberikannya, pencatatnya dan saksi-saksinya. Rasulullah SAW mengatakan, ‘mereka itu sama.’ 
(HR. Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud RA dari Rasulullah SAW beliau berkata, 

'Tidaklah suatu kaum menampakkan riba dan zina, melainkan mereka menghalalkan terhadap diri mereka sendiri azab dari Allah SWT. 
(HR. Ibnu Majah)

Bagaimana sih seluk beluknya Reksa Dana?? Jika kalian mengetahui tentang seluk beluknya maka anda dapat mengetahui pula tentang kekuranganya...Dengan demikian anda dapat menghindari dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …