Skip to main content

Info Tulungagung: Gunung Budheg Tulungagung


Foto Agustus 2012: Gunung Budheg di Tulungagung





Pemandangan Gunung Budeg Tulungagung



Merenung
Lihatlah sekeliling anda.. gunung-gunung yang bertebaran, hamparan padang rumput, hamparan pohon-pohon, hamparan gurun pasir, hamparan lautan, bertabur bintang di malam hari yang anda lihat, langit yang luas tanpa tiang di atas anda, bukankah itu semua menjadi tanda-tanda kebesaran Alloh Swt..?? Bukankah hal itu mengisyaratkan adanya yang Maha Pencipta (Alloh Swt)?? Lalu bagaimana ketaatan anda kepada perintah, hukum, aturan Alloh Swt pada agama islam ini??? Lalu bagaimana anda menyikapi Islam yang selama ini anda akui sebagai agama kalian??




Islam adalah din yang didakwahkan oleh para rosul.
Islam adalah satu-satunya din (agama, aturan, hukum, jalan hidup, ideologi)  yang di dakwahkan para nabiSelain Islam pasti sesat dan menyesatkan. Bukankah kalian telah membaca Al Qur'an?? bukankah kalian telah memahami bahwa satu-satunya din (agama, aturan, hukum, jalan hidup, ideologi)  di sisi Alloh Swt. adalah Islam. Dan seluruh Rosul yang diutus Alloh Swt... semuanya itu mendakwahkan Islam, yang berinti pada TAUHID yaitu Beribadah saja kepada Alloh dan Menjauhi Thoghut. Dua hal ini merupakan inti dari Tauhid..


Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Alloh hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Alloh maka sesungguhnya Alloh sangat cepat hisab-Nya.
(Qs. Ali Imron: 19)


Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Beribadahlah kepada Alloh (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Alloh dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).
(Qs. An Nahl: 36)




  • Nabi Ibrahim mendakwahkan Islam

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi Musliman dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.
(Qs. Ali Imron: 67)



Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Alloh telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".
(Qs. Al Baqoroh: 132)



  •  Nabi Yakub mendakwahkan Islam

...demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Alloh telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam". (Qs. Al Baqoroh: 132)



  • Nabi Sulaiman mendakwahkan Islam

Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: "Dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai muslimin (orang-orang islam)". (Qs. An Naml: 30-31)



...Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca". Berkatalah Balqis: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat dzalim terhadap diriku dan aku seorang muslim bersama Sulaiman kepada Alloh, Tuhan semesta alam".
 (QS. An Naml: 44)




  • Nabi Musa mendakwahkan Islam

Berkata Musa: "Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Alloh, maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar muslimin." (Qs.Yunus: 84)




  • Nabi Isa mendakwahkan islam

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Alloh?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kami lah penolong-penolong (agama) Alloh. Kami beriman kepada Alloh; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah muslimun. (Qs. Ali Imron: 52)



  • Semua Nabi Mendakwahkan Islam

    Sekali lagi, saya terangkan.. agama di sisi Alloh itu hanyalah Islam. Oleh karena itu dapat kita simpulkan... dari mulai zaman nabi Nuh sampai nabi Muhammad.. mereka semua mendakwahkan Islam... mendakwahkan din (agama, jalan hidup, ideologi, aturan ) Alloh Swt.


Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Alloh hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Alloh maka sesungguhnya Alloh sangat cepat hisab-Nya. (Qs. Ali Imron: 19)
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Qs. An Nisaa: 163)

 ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakqub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani? Katakanlah: "Apakah kamu yang lebih mengetahui ataukah Alloh, dan siapakah yang lebih dzalim daripada orang yang menyembunyikan syahadah dari Alloh yang ada padanya?" Dan Alloh sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Qs. Al Baqoroh: 140)
Katakanlah: "Kami beriman kepada Alloh dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, `Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri." (Qs. Ali Imron: 84)




Gunung 
Adanya gunung bukan merupakan suatu yang kebetulan ada di sebuah tempat, melainkan hal itu semua berdasarkan ilmu Alloh tentang penciptaan langit dan bumi. Alloh yang Maha Tahu atas segala sesuatu, meletakkan sebuah gunung itu bukan menjadi sesuatu yang tidak berarti.. melainkan pasti ada manfaat dari adanya gunung tersebut. Sekarang renungkanlah saudaraku.. adanya sesuatu itu tidaklah tiba-tiba ada begitu saja, melainkan pasti ada penciptanya (pembuatnya). Contoh: lihatlah meja yang ada di sekitar anda, meja itu tidaklah serta merta ada di sekitar anda, melainkan pasti ada yang orang membuatnya, dan menatanya dari bongkahan kayu sehingga menjadi bentuk meja.. Alloh Swt.. sungguh satu-satunya yang menciptakaan alam semesta ini.



Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk (Qs.An Nahl: 15)
Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk. (Qs. Al Anbiyaa': 31)
Gunung-gunung itu merupakan pasak-pasak penahan goncangan bumi akibat aktivitas yang ada di dalam bumi. Pergerakan material yang ada di bumi mengakibatkan bumi itu akan bergoncang, jika bumi tanpa gunung-gunung. Lihat deh.. keberadaan gunung itu memang tidak begitu saja ada, melainkan tempat-tempat yang sering diguncang oleh aktvitas tektonik dari bumi itu yang kebanyakan ada gunung di daerah itu. Terus kenapa masih ada gempa?? 



Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya, (Qs. Thaha: 105)





Gunung Budheg
Gunung Budheg merupakan gunung yang terlihat khas di Tulungagung. Lihat saja.. gunung ini tampak indah berdiri kokoh di sebuah daerah selatan pusat Kota Tulungagung (Alun-Alun Tulungagung). Gunung sebagai penanda dulunya merupakan daerah aktif dari magma pijar yang pernah mengendap keluar dari bawah Tanah di Tulungagung. Tidak mengherankan bagi kita jika di Tulungagung dulunya termasuk daerah yang dekat dengan aktivitas tektonik yang merupakan daerah yang dekat dengan dua lempeng yang saling berdesakan yaitu antara lempeng australian dan lempeng asia.



Foto Agustus 2012: Gunung Budheg



Gunung Budheg merupakan gunung yang tidak aktif yang tinggi puncaknya sekitar 585 meter di atas permukaan laut. Gunung ini cukup menawan jika anda yang berhasil mencapai puncaknya dan mencicipi suasana yang khas dari Tulungagung di atas Gunung Budheg. Di tambah lagi kondisi yang bagus, letaknya juga tidak jauh dari kota.. serta ada misteri aneh di salah satu hamparan puncak gunung budheg, yaitu jika anda injakkan pada sisi yang tepat... maka anda akan merasakan suara (dung-dung).. yang menandakan di bawahnya ada ruangan.



Arena petualangan yang relatif kecil dan ketinggian sedang, mungkin bisa dijadikan alternatif dalam berlatih untuk mendaki gunung, sebelum pada tataran gunung-gunung tinggi di Indonesia. Selalu ingatlah.. bahwa dunia dan seisinya ini ada penciptanya yaitu Alloh Swt.. maka bagaimanakah kita bisa lalai?? terhadap perintah  dan laranganya.. sedangkan Alloh Swt. Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu. Kalau engkau meminta.. minta lah kepada Alloh Swt... jangan sampai engkau menjadikan tandingan selain Alloh pada kehidupanmu.. selamanya.. sampai engkau meninggal dunia.




Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan) nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Alloh ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui. (Qs.An Naml: 61)


Gunung Budeg Tulungagung

Gunung Budheg




Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,
(Qs.Qof: 7)
Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.
(Qs. Lukman: 10)


Gunung Budheg dari desa Kedungsuko




Semoga hal ini bisa menjadikan kita lebih mengerti tentang khasanah hidup dan kehidupan ini.... Sampai jumpa di lain kesempatan pada artikel suasana khas daerah Tulungagung.




Baca Juga:
Mendaki ke Gunung Budheg
Keindahan Gunung Budeg Tulungagung



Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …