Skip to main content

Info Gempa Banyuwangi: Banyuwangi diguncang Gempa 04 September 2012 pukul 01.26 terasa sampai Tulungagung


Gempa di Banyuwangi dirasakan sampai Tulungagung.. dengan jarak 417 km lebih (jarak Tulungagung dengan pusat gempa).. getaranya itu masih dapat dirasakan...


Gempa dirasakan barusan oleh warga Tulungagung yang mungkin bisa merasakanya...kru ibnuhaya yang ada di Tulungagung merasakan adanya goncangan gempa yang cukup untuk menggetarkan kaca-kaca almari di rumah, atau mengetarkan gelas yang ada di meja... walau dengan goncangan kecil. Nah.. saat menulis berita ini kru ibnuhaya segera browsing dan mencari informasi tentang adanya gempa yang barusan dirasakan oleh warga Tulungagung dan sekitarnya. Dan akhirnya saya dapatkan bahwa gempa terjadi di wilayah Jawa Timur yang paling timur yaitu di Banyuwangi.



Gambar yang saya dapatkan dari Situs bmkg.go.id. Titik merah merupakan pusat gempa..


Jarak Tulungagung dan Pusat Gempa kurang lebih 417 km




Menurut berita yang saya dapatkan dari Detik News... Gempa berpusat di daerah Banyuwangi Jawa Timur...berkekuatan 6.5 SR. Salut kepada detik news.. di antara berita yang lain...detik news tercepat dalam menyampaikan berita.. tidak sampai 10 menit dari kejadian.. berita sudah dapat dibaca...



Perhatikan garis yang anda lihat yang merupakan hasil pertemuan lempeng asia dan lempeng Australia. Tampak bahwa Lempeng Asia berada di atas lempeng Australia.
Gempa yang terjadi di Banyuwangi juga dirasakan di Tulungagung Jawa Timur.. dan tentunya.. di daerah sekitarnya. Gempa ini diperkirakan tidak berpotensi  tsunami... misalkan ada sedikit goncangan dari air laut.. mungkin hal itu dapat dirasakan sedikit sekali... karena Gempa yang terjadi 6.5 SR yang tidak dapat menghasilkan tsunami....

Nampaknya aktivitas Lempeng di daerah Banyuwangi cukup aktif.. sehingga dalam catatanya pernah terjadi tsunami di Banyuwangi pada 03 Juni 1994 Korban 208 orang, selain itu juga ketika ada gempa pada tahun 2011 yang daerahnya berdekatan dengan banyuwangi dengan kekuatan 68 SR. Nah.. memang perlu perhatian khusus bagi warga untuk menjadi warga yang sadar gempa.. tidak hanya di Banyuwangi saja.. tetapi di Wilayang Indonesia secara keseluruhan... kenapa demikian.. karena lokasi geografisnya berdekatan dengan pertemuan lempeng asia dan australia..mulai dari Aceh.. sampai sepanjang pulau jawa serta sampai barat pulau papua. Inilah kenampakan dari satelit bagaimana kondisi lempeng yang menjadikan wilayah indonesia aktif merasakan aktivitas tektonik.

 

BMKG Banyuwangi, mengungkapkan seluruh wilayah Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa berpotensi terjadi gempa. Bahkan gempa tersebut disertai dengan Tsunami.


Secara kajian, letak geografis Banyuwangi berdekatan dengan lintasan jalur gempa, di Samudera Hindia yang persis berada di selatan Banyuwangi. Banyuwangi memiliki garis pantai  paling panjang di Jawa Timur.

Sebab itu juga, Banyuwangi memiliki potensi diguncang gempa besar disertai Tsunami. Selain itu, pusat gempa yang dangkal juga menjadi faktor pemicu terjadinya Tsunami.




Gempa adalah sentakan asli pada kulit bumi sebagai gejala penggiringan dari aktifitas tektonisme (pergeseran lempeng) maupun vulkanisme (aktivitas gunung berapi) dan kadang-kadang runtuhan bagian bumi secara lokal misal Tanah Longsor.

Nah.. karena yang terjadi di Banyuwangi itu dirasakan sampai Tulungagung, maka hal ini dapat ditarik kesimpulan gempa tersebut adalah gempa tektonis...karena dapat menghasilkan jangkauan gempa yang jauh..dan itu merupakan salah satu tipe dari jenis gempa tektonis. Bahkan kalau ditilik dari Tulungagung masih bisa dirasakan... maka sekitar radius 417km gempa masih bisa dirasakan... Sedangkan jarak Pusat Gempa dengan Pusat Kota Banyuwangi adalah sekitar 300km. Jadi dengan perbedaan jarak lebih dari 100 meter tersebut anda bisa bayangkan bagaimana kondisi Banyuwangi pada saat itu..sedangkan di Tulungagung hanya sekedar menggetarkan kaca rumah.

Yang dapat dirasakan pada saat gempa bumi terjadi adalah getaran bumi tempat kita berada pada saat itu. Gempa tersebut terjadi akibat perpindahan energi yang dihasilkan oleh benturan maupun aktivitas bumi sehingga energi tersebut merambat melalui medianya yaitu daratan maupun lautan. Betapa besar energi yang dihasilkan..sampai-sampai di jarak yang jauh juga ikut bergoyang...Rambatan Energi yang dihasilkan.. misal kekuatanya dalam menggetarkan kaca.. atau merobohkan bangunan... hal itu di jumlah.. maka kita akan mengetahui kurang lebihnya energi yang dihasilkan dari Gempa Bumi.. jangan lupa termasuk energi yang menjadi riak air laut.

Gempa merupakan salah satu tanda kekuasaan Alloh Swt. Energi yang begitu besar tidak lah begitu saja terjadi melainkan semuanya atas kekuasaan Alloh Swt...Sungguh, kita ini adalah makhluk yang kecil dan lemah...kita berasal dari setetes air mani.. maka bagaimanakah kita bisa dipalingkan dari petunjuk Alloh?? padahal Alloh lah yang menguasai Langit dan Bumi..  Semoga ini bisa menjadi bahan renungan buat kita....betapa Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu.. dan manusia.. tidak akan mampu untuk menahan musibah gempa yang terjadi.. karena sekali lagi kita itu adalah makhluk yang lemah.. dan Alloh Swt. Maha Perkasa lagi maha Kuasa..
Tidak ingatkah kita tentang berita gempa yang ada di Al Qur an??
Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka. (Qs. Al A'rah: 78)

Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di dalam rumah-rumah mereka, (Qs. Al A'raf: 91)

Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan tobat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: "Ya Rabbi, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya".(Qs.A;raf: 155)

Maka mereka mendustakan Syu'aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka.(Qs. Al Ankabut: 37)

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …