Skip to main content

Perang Mercon di Alun-Alun Tulungagung, Malam Takbir 1433H



Ini adalah sebuah cerita yang mungkin bagi anda menggelikan.. atau bahkan menyeramkan. Di saat malam yang larut ketika malam takbiran.. malam yang kebanyakan orang sedang khusyuk melafadzkan kalimat takbir.. kru ibnuhaya mendengar adanya kabar tentang perang mercon di alun-alun Tulungagung. Kabar yang  menggelikan bagi kami pada saat itu, karena beginikah mental pemuda di Tulungagung??Mereka masih suka hura-hura??? atau mereka masih suka untuk membuang-buang uang untuk membunyikan mercon.?? atau mereka kini jauh dari masjid-masjid dan lebih memilih tempat hiburan yang menyesatkan mereka.

Video Alun-Alun Tulungagung


Perang mercon yang tampak serius dari kejauhan ketika melihatnya. Terlihat dari jauh sekelompok orang saling melempar mercon untuk menunjukkan kejantananya. Suara yang dihasilkan dari bunyi mercon tersebut menggema mengerumuni seluruh sudut alun-alun. Berbagai macam mercon mereka gunakan, termasuk mercon yang dapat meluncur ke atas.. kini mereka modifikasi dengan tongkat dan akhirnya dapat diarahkan ke sasaran. Tampak banyak anak yang terlibat.. mereka saling emosi dan saling membalas melempar mercon.



Di lokasi inilah salah satu yang digunakan untuk perang mercon anak-anak Tulungagung. Tepatnya pada saat waktu menunjukkan pukul satu malam ketika malam takbiran. Di mulai keisengan salah seorang yang memulai melempar mercon ke kerumunan anak-anak yang nongkrong.. kemudian timbullah peristiwa perang mercon.

Video Suasana Alun-Alun Tulungagung pada malam hari







Ketika mereka saling melempar mercon dengan seru.. ada yang berusaha menangkis lemparan mercon dan kemudian menginjaknya tetapi tetap meletus juga.. ada yang menggunakan tongkat untuk di arrahkan kepada kerumunan anak-anak yang nongkrong. Peristiwa itu mengingatkan kepada kita.. begitulah mental pemuda kita.. generasi yang diharapkan menjadi muslim sejati.. malah secara banci menunjukkan perilaku yang menyimpang. Mereka suka sekali duduk-duduk nongkrong di pinggir jalan ketika hari itu adalah malam takbiran.. mereka malah asyik nongkrong hingga malam hari.

Bahkan ketika Ramadhan, kita malah mendapatkan mereka jauh dari masjid dan memilih untuk keluar mencari suasana yang mendekatkan mereka kepada sesuatu yang sia-sia. Apalagi duduk-duduk di pinggir jalan.. bukankah kalian sudah membaca dan mengetahui?? Bukankah engkau telah mengetahui bahwa kita diperintah kan untuk menghindari duduk-duduk di pinggir jalan???

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhu dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالْجُلُوسَ فِي الطُّرُقَاتِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا لَنَا بُدٌّ مِنْ مَجَالِسِنَا نَتَحَدَّثُ فِيهَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا أَبَيْتُمْ إِلَّا الْمَجْلِسَ فَأَعْطُوا الطَّرِيقَ حَقَّهُ قَالُوا وَمَا حَقُّهُ قَالَ غَضُّ الْبَصَرِ وَكَفُّ الْأَذَى وَرَدُّ السَّلَامِ وَالْأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيُ عَنْ الْمُنْكَرِ

“Hindarilah duduk-duduk di pinggir jalan!” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah bagaimana kalau kami butuh untuk duduk-duduk di situ memperbincangkan hal yang memang perlu?’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jika memang perlu kalian duduk-duduk di situ, maka berikanlah hak jalanan.” Mereka bertanya, “Apa haknya?” Beliau menjawab, “Tundukkan pandangan, tidak mengganggu, menjawab salam (orang lewat), menganjurkan kebaikan, dan mencegah yang mungkar.”
(HR. Muslim no. 2161)

Di antara hak jalanan yang wajib kita tunaikan adalah:

  1. Menundukkan pandangan dari orang yang berlalu lalang di jalanan, terkhusus dari lawan jenis yang bukan mahramnya.
  2. Tidak mengganggu orang yang lewat, baik dengan lisan maupun dengan tangannya. Di antara contoh gangguan adalah pemalakan, penjambretan, meminta-minta di jalan, dan yang marak dilakukan di negeri ini adalah demonstrasi atau unjuk rasa, yang jelas-jelas memberikan gangguang kepada pengguna jalan.
  3. Menjawab salam orang yang mengucapkan salam kepadanya. Ini adalah kewajiban baik ketika di jalan maupun ketika di tempat lain.
  4. Memerintahkan para pengguna jalan kepada kebaikan. Termasuk di dalamnya aturan-aturan yang dibuat oleh polantas guna kenyamanan para pengguna jalan.
  5. Melarang mereka dari kemungkaran seperti melarang mereka dari demonstrasi.
  6. Tidak buang air besar dan buang air kecil di jalan yang biasa dilalui oleh manusia walaupun itu hanya jalan setapak atau jalan kecil dalam lorong. Dan tidak juga di bawah tempat dimana biasa orang-orang bernaung, baik berupa pohon atau bangunan.
  7. Menyingkirkan semua bahaya dan gangguan dari jalanan yang bisa mengganggu para pengguna jalan. Misalnya menyingkirkan gundukan pasir atau batu dari pinggir jalanan yang bisa menyebabkan kemudharatan bagi pengguna kendaraan atau bagi orang-orang yang berada di dekat situ. Termasuk melanggar hal ini adalah meletakkan penghalang di jalan saat demonstrasi (walaupun demonstrasi sendiri pada dasarnya sudah dilarang) atau memasang polisi tidur terlalu tinggi atau runcing atau memasang terlalu banyak sehingga membahayakan pengguna jalan.

Yang jelas, kapan suatu kegiatan bisa mengganggu pengguna jalan, maka masuk ke dalam larangan dalam hadits-hadits di atas.
Sedangkan engkau wahai pemuda.. apakah engkau mengamalkan hal tersebut?? engkau justru duduk-duduk secara sia-sia. Engkau tidak pernah mengamalkan hak jalan. Kalian malah mengumbar pandangan, engkau justru mengganggu pengguna jalan, engkau malah berbuat kejelekan. Bacalah hadits di atas.. mulai sekarang jauhi duduk-duduk di pinggir jalan. 
Kalian sungguh tidak sedang perlu duduk-duduk di situ.. sedangkan hak jalan itu wajib ditunaikan oleh orang yang jika mereka benar-benar perlu duduk-duduk disitu.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …