Skip to main content

Pelajaran Menemukan Hape Android terjatuh di Tulungagung

Ketika malam begitu larut... dia arungi jalanan dari arah Kota Trenggalek ke Tulungagung... Set...set... suara langkahnya pada malam yang begitu dingin mengubah posisi badanya dari tegap mulai menjadi meringkuk. Karena angin saat itu berhembus lembut menyisir bulu halus di lehernya. 

Tibalah di semak jalanan dari Trenggalek menuju ke Tulungagung, sebelum 100m ke Gapura masuk kota.. terlihat kilauan dari layar hape yang tersorot lampu jalanan. Hape itu, terlupakan di balik semak-semak. Nah.. dia pun memungutnya.. dan membawanya pulang... dan bagaimanakah akhirnya...?? informasi pun dia  cari dari memori hapenya.. siapa tahu ada alamat yang bisa saya ketahui untuk dapat saya kembalikan... 

Oiya.. berikut ini spesifikasi hape yang saya temukan...

Produk: Samsung
Seri: GT S5360 (Galaxy Young)
OS: Android Gingerbread


Fikiran pun bergejolak, ketika dia sampai di rumah..  Ingat... tidak ada yang kebetulan di dunia ini.. Alloh Swt. telah maha kuasa atas segala sesuatu.. termasuk apa pun yang terjadi pada kita. Kembali kepada kejadian yang  ialami di kala itu, ketika itu hatinya bergeming ingin memilikinya.. tetapi.. akhirnya hati ini bertempur dengan perasaan iba atas perasaan orang yang memilikinya... 

Keputusan pun didapatkan.. ketika mencari kajian islam tentang barang temuan. Tentu saja.. seharusnya seseorang itu memahami segala sesuatu yang telah dan akan ia perbuat, apakah sesuai dengah kaidah-kaidah dinul islam atau belum.. karena hal itu akan membahayakan hidup kita di dunia dan di akhirat.

Ketika dia buka.. Na'udzubillah.. hape itu berisi beberapa konten porno.. sehingga kebencian kepada pemiliknya pun mulai ada.. Langsung saja.. sebanyak 2 giga,, filenya dia hapus.. 

Dan keputusan pun belum diambil ketika itu.. karena hati  bergejolak ingin memilikinya.. akhirnya.. begitu mudahnya akses ke internet.. hal itu membuat dia bisa mendapat kan pelajaran tentang menyikapi barang temuan menurut syariat islam...

Setiap muslim yang murtad, baik laki-laki maupun perempuan, maka darahnya tidak ma’shum (dilindungi), termasuk juga hartanya. Bagi orang murtad diberlakukan hukum murtad, dibunuh dan hartanya menjadi fa’i dan dimasukkan ke Baitul Mal. Namun ini tidak berlaku, jika ia bertaubat dalam tempo waktu 3 hari. Rasulullah bersabda:

مَنْ بَدَّلَ دِينَهُ فَاقْتُلُوهُ

Barang siapa mengganti agamanya (murtad dari Islam) maka bunuhlah (HR. Bukhory (2/251), Abu Dawud (4351), an Nasa’i (2/170), at Tirmidzi (1/275-276), Ibnu Majah (2535), daruquthni (336), al Baihaqi (8/195), Ahmad (1/282)) dengan sanad shahih.


Karena yang dia takutkan.. orang yang memiliki hape tersebut.. muslim.. maka dia berfikir untuk mengembalikanya... Seorang muslim tidak bisa dikatakan keluar dari agamanya.. dengan dosa-dosa besar yang ia perbuat... Maka dia putuskan untuk berprasangka baik terhadap hal ini dan melihat dzahirnya kalau pemiliknya itu muslim. Seseorang itu bukan muslim, maka harta tersebut bisa saja menjadi fa'i jika memang kondisinya adalah kafir harbi. Harta orang kafir itu pada dasarnya tidak terjaga baik darah dan hartanya.. kecuali setelah ada larangan untuk keterjagaan harta dan darahnya.

Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Dia tidak boleh mendzaliminya dan menyerahkannya kepada musuh. Dan siapa yang berusaha memenuhi kebutuhan  saudaranya maka Alloh akan memenuhi kebutuhannya. Siapa yang menghilangkan kesusahan seorang muslim, maka Alloh akan menghilangkan darinya kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Alloh akan menutup aibnya pada hair kiamat.” (Muttafaq ‘alaih)

Rasululloh shallallaahu 'alaihi wasallam menegaskan tentang haramnya darah, harta, dan kehormatan kaum muslimin. Beliau shallallaahu 'alaihi wasallam menjadikannya laksana kehormatan hari Arafah di bulan Dzil Hijjah di negeri Alloh yang haram (mulia). Rasululloh shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda,
إِنَّ دِمَاءَ كُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هذَا فيِ شَهْرِكُمْ هذَا فيِ بَلَدِكُمْ هذَا وَسَتَلْقَوْنَ رَبَّكُمْ فَيَسْأَلُكُمْ عَنْ أَعْمَالِكُمْ أَلَا فَلَا تَرْجِعُوا بَعْدِي ضُلَّالًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ بَعْضٍ

"Sesungguhnya darah, harta dan kehormatan kamu adalah haram atas kamu seperti haramnya hari kamu ini, dalam bulan kamu ini, di negeri kamu ini. Dan kelak kamu akan bertemu dengan Rabb-mu lalu Dia akan menanyakan tentang amal-amalmu. Karena itu janganlah kamu kembali kepada kekufuran atau kesesatan sesudahku, yaitu dengan sebagianmu membunuh atas bagaian yang lain." ( HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kita meyakini bahwa setiap muslim atas muslim lainnya adalah haram darah, harta, dan kehormatanya. Dan sesungguhnya seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Karena itu tidak boleh mendzaliminya, menelantarkannya, menyerahkannya kepada musuh, menghinanya, dan tidak boleh juga membuka rahasianya.

Seorang muslim wajib menghadiri undangan saudaranya apabila diundang, memberinya nasihat apabila diminta, memenuhi sumpahnya apabila bersumpah, mendoakannya apabila bersin, mengucapkan salam apabila bertemu, menjenguknya bila sakit, melayatnya bila meninggal.

Dan niat yang ingin memiliki barang tersebut berubah menjadi niat untuk mengembalikanya.. karena harta sesama muslim itu haram untuk muslim lainya. Ketika itu dia teringat... engkau belum dikatakan beriman sampai nafsumu tunduk dengan apa yang dibawa Rosululloh..

Akhirnya barang tersebut dikembalikan kepada orang yang memilikinya yaitu warga gondang, yang bernama mas nanang... Ini adalah pelajaran yang dialaminya ketika menyikapi barang temuan...


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …