Skip to main content

Info Tulungagung: Waduk Wonorejo

Bendungan Wonorejo Tulungagung (Spot Mancing Tulungagung, Info Pencemaran Waduk Wonorejo Tulungagung, Lokasi Mesum Pemuda)

Waduk Wonorejo (Juli 2012)
Bagaimana menurut anda tentang gambar di atas??
Tentu, guratan indah tersebut bukanlah guratan lukisan pada kanvas, melainkan.. merupakan foto yang benar-benar diambil oleh kru ibnuhaya yang berkunjung ke Waduk Wonorejo Tulungagung pada Juli 2012. Bendungan yang indah dengan taburan pepohonan yang asri mewarnai perjalanan kita ke Waduk Wonorejo.
Apabila anda belum tahu dimana lokasinya, silahkan Klik DISINI untuk mengetahui lokasinya.

Peta Bendungan Wonorejo Tulungagung

Jalan di Waduk Wonorejo (Juli 2012)

Potret Aspal Jalan di Waduk Wonorejo (Juli 2012)

Waduk Wonorejo merupakan waduk yang menjadi supply air bagi warga Tulungagung dan sekitarnya. Tulungagung menjadi tempat yang cocok untuk pengembang proyek dalam merealisasikan sebuah tempat untuk menampung air dari beberapa sungai guna menyediakan cadangan air. Setelah pada tahun 80 an proyek ini melewati studi kelayakan pembangunan dan hasilnya secara significant memungkinkan untuk didapatkan keuntungan dengan adanya waduk Wonorejo.

Setelah bertahun-tahun waduk ini direncanakan untuk dibuat dengan pengeboman daerah wilayah yang sudah ditentukan untuk menjadi tempat yang memadai untuk dijadikan sebuah waduk. Waduk ini, diresmikan oleh Megawati pada tahun 2002.

Pemandangan yang indah menghiasi daerah di wilayah waduk pada tahun 2012 saat ibnuhaya berkunjung ke tempat itu. Banyak hal yang bisa dapatkan untuk melengkapi kita berwisata dan mencoba spot pemancingan khas alam wilayah waduk.



Tempat memancing ikan yang asyi yang diwarnai aneka tumbuhan yang menghiasi alam sekitar. Alam yang penuh warna dari aneka macam warna tumbuhan yang ada di sekitar merupakan aroma yang indah bagi kita untuk sekedar melepas penat... Tapi.. ingat.. jangan sampai kalian gunakan hal itu sebagai lokasi pacaran. Engkau telah merusak pemandangan jika engkau melakukan hal itu. Jauhi zina... jangan rusak pemandangan alam dengan pemandangan hina dari apa yang kalian lakukan.

Untuk masalah memancing, banyak spot yang bisa anda coba. tetapi saat ibnuhaya menyambangi waduk ini, dan mencoba spot memancing, nampaknya kami mulai krasan (nyaman) dengan apa yang ada dengan sambutan ikan-ikan kecil, maupun seliweran ikan-ikan besar. Kami mendapatkan suguhan menarik dari sensasi tarikan ikan nila, ikan emas, dan ikan-ikan yang lain.

Lokasi Memancing kru ibnuhaya
Saat itu kami menebar kail dan menanti kedatangan ikan, setelah beberapa saat umpan di tebar, ikan-ikan mulai merespon. Banyak  ikan yang mondar-mandir di dekat kail dan akhirnya.. Set.. set... set... !!! ikan pun di dapatkan. Dengan bekal umpan udang, kami pun mencari sebongkah ikan untuk buka nanti. Kalau anda ingin tahu dimana kami memancingnya... Berikut ini beberapa foto yang mungkin dapat anda hafalkan dimana  lokasi memancing kami.

Kotak Merah Lokasi Spot Memancing Kru Ibnuhaya









Jangan Cemari Lingkungan
Kita sering mendengar, ketika para pencari ikan tidak berakal sehat dalam mencari ikan di laut, dengan bom, racun, dll.. Tetapi ternyata hal terjadi juga di Bendungan Wonorejo Tulungagung ini... ada pencari ikan yang mencemari lingkungan dengan menebarkan racun untuk ikan.. sehingga mudah untuk didapatkan. Hindari pencemaran lingkungan.. sehatlah dalam mencari ikan.. Pencemaran lingkungan ini berbahaya.. karena air dari waduk wonorejo juga digunakan untuk supply PDAM Tulungagung, bahkan sampai PDAM Surabaya.. (Jurnal Penelitian Mahasiswa ITS: Air Waduk Untuk Supply PDAM Surabaya).

Jika anda, mencari ikan secara tidak sehat (dengan racun), maka bersiaplah anda mendapatkan balasanya..karena air dari bendungan wonorejo ini juga  untuk supply air minum.. Anda berarti meracuni banyak orang.. tidak hanya meracuni ikan saja..



Jangan Berbuat Mesum
Saat kru ke Bendungan Wonorejo yang tereknal dengan kerindanganya, ternyata dimanfaatkan oleh pemuda-pemuda untuk berbuat mesum. Kadang mereka melakukanya dengan memarkir sepeda motor di pinggir jalan.. maklum.. jalanya itu rindang dan sepi pada saat saat tertentu.. Saya peringatkan.. jangan lakukan itu.. dimanapun... Ingatlah mendekati zina itu perbuatan hina..
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (Qs. Al Isro': 32)
Suasana hijau alam sekitar membuat kita rindu dengan kealamian, membuat kita rindu untuk tetap pada fitrah kita meniti jalan yang Rosululloh contohkan untuk kita guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Tahukah engkah... Bertasbih kepada Alloh apa yang ada di langit dan di bumi, seseorang yang bermaksian di tempat seperti ini dan faktanya memang ibnuhaya menemuinya... hal itu akan merusak suasana indah dari alam ini. Engkau yang merusak itu semua... cepatlah sembuh dari sakit anda.. yang cuma mengejar nafsu birahi saja...



Comments

  1. mancing yang efektif disana pake joran ukuran brapa meter Bro ??? Ikan tombronya apa mau makan umpan??? mksudnya relatif mudah di pancing apa tdk???
    Trus Rute transportasi umum kalo dr arah blitar bagaimana ????

    ReplyDelete
  2. Joran kira2 ukuran 3-4 ( meter )pak yudi...
    Mau pak yudi, iya relatif mudah asal pakanya untuk mancing cocok...
    Menurut pengalaman untuk mancing Tombro
    dengan pakan:
    Cacing dan Pelet..
    mata pancing kira2 ukuran 7 dan 8

    informasi tambahan: untuk umpan reddevil dan nila, anda bisa menggunakan udang.

    Jalan pakai transportasi umum?? mungkin hanya sampai pada pintu masuk waduk.. sedang spot memancing berada di dalam masuk waduk wonorejo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gae cacing pospor galak g mas.

      Delete
    2. ok makasih infonya mas ibnu.....besok tak bawa cacing pospor klo gitu.

      Delete
    3. iya.. sama2
      Buat jaga-jaga, bawa bekal umpan yang lain juga kang..

      Jangan lupa infonya juga:)

      Delete
  3. aq dulu pernah mancing pake cacing pospor.dapat nila babon up 2kg mas....rasane koyok ketarik iwak.

    ReplyDelete
  4. pa kabar mas... tgl 15 Sept kemarin saya jadi mencoba mancing ke waduk wonorejo. saya sempat bermalam 2 malam disana. yang semalam mancing yang semalang ngorok hahaha... tempatnya bagus. Banyak lokasi memancing yang benar2 masih perawan atau tidak terjamah oleh pemancing. Sayangnya saat ini di waduk tersebut banyak ikan mirip ikan nila berwarna kuning sebesar 2 - 3 jari, menurut info penduduk sekitar ikan-ikan tersebut ditebarkan 2 bln yll. Nah ikan-ikan ini yang ganas makan umpan, sehingga ikan nila besar atau tombro yang jadi target seolah tidak mendapat kesempatan makan umpan. Benar di waduk Wonorejo tersebut aktivitas penangkapan ikan yang terlihat hanya dengan memancing. Sayangnya beberapa jam menjelang saya pulang, saya mendengar kasak kusuk, bahwa ada beberapa PREMAN WADUK, yang menangkap ikan dengan cara "MENEBAR PAKAN IKAN YANG TELAH DI CAMPUR RACUN IKAN", Sempat ketemu juga sih dengan orangnya. Tapi bukan dalam kondisi yang bersangkutan menjalankan aksinya. Dari kasak kusuk yang saya dengar kayaknya mereka akan beraksi malam harinya setelah para pemancing pulang.... benar2 menjengkelkan. Semoga saja pihak2 yang berwenang di waduk tersebut dapat memergokinya untuk kemudian menindaknya sesuai dengan hukum yang berlaku. karena perbuatan "meracun" ikan adalah merusak lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik-baik kabarnya mas yudi.

      Terimakasih infonya tentang hal itu. Beberapa hari yang lalu kami memancing disana.. dapat ikan lumayan banyak.. tapi berangkat pagi-pagi gitu..tapi belum mendengar kasak-kusuk itu..

      Wah.. nampaknya anda pemancing ulung mas..sampai bermalam juga..

      Iklan yang kecil itu red devil bukan?? untuk menghibur diri menunggu ikan besar memakan umpan, kami sempat bermain-main dengan ikan kecil itu.. dengan umpan udang mas..

      Oiya.. bagaimana transportnya?? kesana?? jadi pakai angkutan umum??

      Delete
  5. mas mancing tombro di sana pake teknik apa... Glosoran apa pake pelampung? Pernah dapet ikan apa aja mas mancing di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya bisa di pakai mas, tergantung spot mancingnya...di bagian mana..
      Tombro memang jarang dapat,tapi pengalaman kami itu pakai pelampung(soalnya bendungan ini arusnya tidak begitu kencang)dengan pakan pelet.

      Seringnya dapat Nila, Itu pada spot memancing kami...belum tahu pada spot yang lain.

      Kalau jenuh menunggu pakan dimakan,, kami bermain-main dengan ikan red devil yang seliweran dipinggir... ikan ini suka dengan pakan udang..

      Delete
  6. apa g ada yang jual umpan cacing mas di bendungan?soalnya nyari cacing sekarang susah banget tanah pada kering.

    ReplyDelete
  7. Coba mampir aja di Pasar Sore Tulungagung, Rp 2000 an, sudah dapat banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cacing opo iku mas....opo cacing pospor?

      Delete
    2. Cacing biasa mas (cacing tanah).. itu..
      Kalau mau cari cacing pospor juga ada disana.. juga termasuk di jual di Pasar Burung Tulungagung.

      Delete
  8. Mas kemarin saya mancing dasaran di waduk situ, kail saya sering nyangkut ranting gitu... Mohon tipsnya biar gak gampang nyangkut? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi permukaan air waduk yang naik turun, Jadi Pada saat permukaan air surut, maka pohon2 itu tumbuh lagi.. pada saat pasang, pohon2 kecil (semak2) terendam.

      Itulah yang menyebabkan kail anda tersangkut.. seperti kasus ada sahabat ibnuhaya yang mancing dan sampai mematahkan Jorannya karena kail sangat tersangkut.

      Tetapi ketika dulu kami menyebar, mencari spot memancing..ada spot yang memang banyak sangkutanya dan ada yang sedikit..atau bahkan aman dari hal itu.

      Mungkin anda bisa mencarinya.. di spot yang agak berbatu..atau ditandai dengan di sekitarnya jarang tumbuh semak-semak..

      Gunakan pelampung..sehingga dengan kedalaman yang pas, ketersangkutan itu bisa di hindari..

      Pernah ada kabar dari warga, kalau kita bisa menggunakan perahu gitu, dan mencari spot agak ke tengah.. tentu lebih aman dari tersangkut Isu-nya juga.. orang-orang tertentu yang punya akses ke perahu itu.. (kami belum mengetahui keberadaan perahu itu, ini hanya kabar yang sempat kami dengar,) Kalau ada yang tahu.. kami minta infonya ya...

      Delete
  9. cacing pospor umpan jawara di waduk wonorejo tulung agung.....semua jenis ikan mau makan.

    ReplyDelete
  10. iwake red devil uakeh tenan mas.....3 jarian gae cacing jian muantepppppppppp.......

    ReplyDelete
  11. iya.. di pinggir-pinggir banyak red devilnya...
    terimakasih infonya..

    ReplyDelete
  12. dalam sehari bs dapat berapa kilo mas mancingnya?

    ReplyDelete
  13. spot yg bagus mana mas mohon info

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …