Skip to main content

Renungan: Energi yang ada di Dunia ini







Nah.. setiap manusia pasti mempunyai membutuhkan energi untuk bekerja dan menjalani kehidupanya sehari-hari. Anda bisa bayangkan, apa yang terjadi jika energi itu musnah dan tidak ada sisanya di dunia ini, maka bagaimana kita bisa menjadi manusia yang sempurna?

Sempurna dengan adanya usaha yang dapat dilakukan untuk menepis segala sesuatu yang tidak bermanfaat dan menerima sesuatu yang bermanfaat dari kehidupan di dunia ini. Energi begitu besar manfaatnya bagi kehidupan kita, energi merupakan alat bagi kita untuk meraih ridho Alloh Swt. Bagaimana engkau akan berbuat baik, sedang engkau tidak mempunyai energi sedikit pun untuk bergerak. Darimana energi seseorang itu berasal? bagaimana kita memahami energi yang ada di muka bumi ini? Renungkanlah... saat engkau menggenggam tangan kuat-kuat,,, rasakanlah, betapa engkau akan merasa genggamanmu lemah ketika engkau tidak makan selama satu hari satu malam saja,,, terlebih lagi sampai tiga hari tidak makan. Maka dengan hal itu, engkau dapat merenung, betapa Alloh Swt. telah menciptakan kita dan segala perlengkapan yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita.

Makanan adalah sumber energi utama bagi manusia

Semakin kita mengetahui ilmu yang Alloh syari'atkan kepada seluruh manusia tentu akan membuat seseorang tersebut akan semakin tawadhu' dalam menjalani kehidupan ini. Sungguh luar biasa... jika kita merunut dari bagaimana energi itu bisa berada dan dapat kita rasakan. Maka kita sering kali mengenal dalam pemahaman manusia bahwa energi itu tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Saya jadi teringat ketika saya pertama kali mendengar istilah ini saat kelas 5 sekolah dasar, maka saya sulit sekali menelaah bagaiamanakah kiranya maksud dari pernyataan itu..??





Mari kita rasakan dan renungkan energi yang ada di sekitar kita....makanan yang kita makan, maka akan diproses sedemikian rupa sehingga kita dapat menjadi kuat dalam melangkahkan kaki, berjalan ke masjid untuk menunaikan kewajiban sholat berjama'ah, energi untuk bernafas, energi untuk berlari, energi untuk berbicara, dll. Semua itu akan kita dapatkan energi nya dari aneka makanan yang kita makan. Dari mana makanan itu dapat kita temui? tentu saja makanan yang kita makan itu berasal dari bumi ini, dan dari mana tumbuhan yang menghasilkan bahan makanan itu kita dapatkan?? tentu saja dari bumi ini, yang secara intens tumbuh dengan bantuan sinar matahari dan unsur yang ada di dalam tanah. Lalu siapa yang menciptakan Matahari dan Tanah itu? Tentu kita akan menjawab Alloh Swt, yang telah menciptakan semua itu untuk kita sebagai bekal menuju perjalanan akhirat.

Dia-lah Alloh, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.... (QS. Al Baqoroh: 29)




Energi itu tidak dapat diciptakan oleh manusia dan tidak dapat dimusnahkan oleh manusia. Satu-satunya yang dapat menciptakan energi adalah Alloh Swt. dan satu-satunya yang dapat memnusnahkanya adalah Alloh Swt. Kita mungkin mengenal dalam kehidupan sehari-hari tentang istilah energi, tetapi sedikit sekali dari kita merenung bahwa sungguh besar karunia Alloh dalam pencptaan energi untuk manusia.

Kalau saya menuliskanya ke dalam rumus, maka saya akan dapatkan persamaan yang sederhana bahwa energi yang memicu sesuatu, akan terakumulasi oleh pemicuan sesuatu tersebut. Misal....Energi yang dihasilkan oleh kereta api yang sedang lewat di depan rumah kita, tentu hal itu merupakan suatu hal yang dapat menjadikan pola-pikir kita semakin menarik dalam memahami tentang kehidupan ini. Energi itu ibarat

A= B+C+D+E+F......+ Z



Sebuah energi akan timbul karena ada sebab dari perubahan energi yang lainya. Energi A merupakan energi awal yang kita dapatkan pada sesuatu sehingga akhirnya dapat berubah menjadi bermacam-macam energi tanpa ada pembuangan dari kuantitas energi. Dari pernyataan ini dapat renungkan tentang keberadaan energi yang tidak dapat dimusnahkan. Keberadaanya akan terus ada selama Sang Pembuat Energi  (Alloh Swt ) tidak memusnahkanya atau menghancurkanya. Keberadaanya akan berganti dari suatu tempat dan posisi tertentu menjadi suatu energi yang bermacam-macam jenisnya.

Keterkaitan antara energi yang satu dan energi yang lain akan membentuk pola yang panjang sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa Alloh Swt. Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sekarang untuk mempermudah pemahaman anda tentang hal ini, saya akan memberikan beberapa contoh untuk anda tentang energi.



Contoh pada gambar di atas. Kereta Api merupakan salah satu sarana perubahan energi menjadi
  • Getaran (gerakan dari rel kereta, gerakan dari beton yang membentur tanah, gerakan antar batu-batu yang kecil yang ada di kanan-kiri rel kereta api )
  • Suara (berasal dari benturan antara roda kereta api dan rel kereta api)
  • Kalor (pada rel)
Energi yang dihasilkan tersebut tidaklah serta merta ada, melainkan karena ada perubahan dari energi lain yang menjadi pemicu ketiga energi tersebut dapat kita rasakan. Anda pasti bisa menebak, darimana energi tersebut berasal. Ketiga energi tersebut berasal dari energi potensial dari kereta api yang berpenumpang penuh saat berhenti di stasiun.



 
Energi dilukiskan oleh daya (P) yang dihasilkan atau perkalian antara Usaha (W) dengan waktu (s) nah, Usaha sendiri berasal dari Gaya (F) yang dihasilkan dikalikan dengan waktu (s). Nah.. dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa energi yang dalam hal ini diwakilkan dengan daya (P) akan dipengaruhi oleh dari Gaya (F) dan waktu (s). Peningkatan pada gaya suatu benda, maka akan meningkatkan gaya pada Energi yang dihasilkan, sedangkan peningkatan waktu (lamanya) yang atas  gaya dari suatu benda, maka akan mengakibatkan peningkatan kuadratic dari Energi yang dihasilkan.

P = W x s
W= F x s
F= m x a

P= F x s^2
P= (mxa) x s^2

Secara tidak langsung masa dari suatu benda itu akan mempengaruhi energi yang akan di timbulkannya dan besar perubahan energi yang ditimbulkanya.

misal:




masa kedua benda tersebut berbeda.. tentu energi yang dihasilkanya pun juga berbeda.. maka kereta api mempunyai energi potensial yang lebih besar daripada motor. Tetapi ingat.. percepatan (a) juga mempengaruhi hal ini. Masa boleh lebih kecil, tetapi jika percepatan yang dihasilkan besar, maka energi yang tersebar secara proporsional perbandingan akan lebih besar motor, jika percepatan yang dihasilkan motor mampu mengungguli hasil kali masa dengan percepatan kereta api.

Contoh:

Pada kereta Api, banyak yang dapat kita temukan dari sebuah gaya... yaitu adalah
  • gaya yang dihasilkan oleh  berat (massa dikali dengan gaya gravitasi bumi), dari lokomotif dan penumpang yang ada di kereta. 
  • gaya gesek yang dihasilkan oleh gesekan antara rel dan roda kereta api (gaya kontak antara rel dan roda kereta api).  
  • gaya dorong kereta api (oleh mesin)
Semakin besar gaya ( percepatan dikalikan dengan massa suatu benda) yang dapat dihasilkan oleh kereta maka semakin besar pula energi yang dihasilkan.

Nah sedangkan waktu dapat diwakili dengan berapa jaraknya antara dua stasiun jika dihitung dengan satu satuan waktu (second). Nah, semakin lama kereta berjalan, maka semakin besar pula energi yang dihasilkan.

Sekarang kita bahas satu per satu bagaimana kita dapat mengetahui tentang energi yang ada di dunia ini.

Gaya berat yang dilukiskan oleh massa suatu benda dikalikan dengan gaya gravitasi bumi yang akhirnya dapat kita lukiskan dengan percepatan potensial suatu benda di dunia ini (g) {sedangkan yang saya gambarkan dengan (a) adalah percepatan yang dihasilkan selain dari gravitasi bumi. Maka di dalamnya kita dapat menyimpulkan gaya tersebut adalah efek dari keberadaan bumi dan Nutrisi pada benda.

Semuanya akan membutuhkan makanan baik berupa pembentukan alam dari perubahan suatu benda maupun dari makanan yang dimakan oleh manusia. Karena gaya  yang dihasilkan dari berat tersebut dapat disimpulkan bahwa ujung-ujungnya adalah matahari yang dapat membangkitkannya.  Serta gaya-gaya yang lain yang dapat dihasilkan merupakan sumber dari matahari yang selama 12 jam menyinari daerah sekitar katulistiwa. Matahari terdapat reaksi di dalamnya antara fusi dan fisi. Reaksi tersebut ada karena adanya partikel dari Hidrogen dan Helium. Nah siapa pencipta Hidrogen dan Helium? Jawabanya dengan tegas dapat kita lantangkan Alloh Swt. yang telah menciptakanya. Energi yang berasal dari penciptaan pertama benda yang akhirnya dapat menjadi sumber energi yang lain, maka hal tersebut membutuhkan keseluruhan total energi yang dapat di hasilkan di bumi (kalau sudut pandang kita hanya pada bumi) tetapi bayangkan jika kita menyertakan alam semesta ini. Padahal kita telah mengetahui bahwa energi itu tidak dapat diciptakan ole manusia dan tidak dapat dimusnahkan oleh manusia.

Pada contoh di atas merupakan contoh sangat kecil energi yang terbentuk dari perjalanan kereta api berpenumpang jika dibandingkan dengan keseluruhan energi yang ada di alam semesta ini. Bayangkan saja.. saya akan membuat simulasi mudah untuk anda..


  • Bom yang meledak dan merusak sekitarnya
  • Peleburan Besi
  • Penghancuran Gedung yang tinggi
  • Benturan paku bumi dengan martilnya
  • Air yang turun dari tebing yang tinggi
  • Benturan Meteor dengan bumi
  • Panas pada tungku pembuatan baja
  • Pembentukan reaktor nuklir
  • Berputarnya bumi bulan dan seluruh planet yang ada di semesta ini
  • Tanah longsor
  • Tsunami


dan masih banyak yang lainya.... yang ada di alam ini.. engkau akhirnya menjumlahkanya..  karena sesuatu yang terjadi tersebut merupakan energi yang dihasilkan dari perubahan energi yang ada di semesta ini dan engkau akan tahu betapa besarnya energi yang Alloh ciptakan untuk dapat kita.. Karena jumlah energi yang dapat ditimbulkan di alam semesta ini merupakan energi yang Alloh sediakan untuk kita.. Maha Besar, Maha Suci Alloh atas apa yang orang-orang kafir sangka sebagai Sesembahan selain Alloh. Alloh adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu, tidak ada satu pun di semesta ini yang menandingi Alloh Swt.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …