Skip to main content

Meningkatkan Modal Perusahaan (Venture Capital) untuk Nilai Perusahaan




Bagaimana Perusahaan meningkatkan Modal Perusahaanya? Perusahaan mesti memikirkan tentang bagaimana mereka mendanai Segala aspek investasinya baik dalam bentuk produk atau dalam bentuk lain yang dapat mereka dapatkan ketika mereka berada di pasar modal. Sekarang kenapa perusahaan menginginkan adanya Capital Gain pada perusahaannya yang merupakan salah satu ukuran yanga ada pada perusahaan apakah perusahaan tersebut berhasil dalam mengelola keuanganya atau tidak.

Setiap Perusahan mesti mencari Modal yang digunakan untuk investasinya baik pada kegiatan sehari-hari perusahaan ataupun pada pasar modal. Bagiamana perusahaan bisa mencari modal perusahaan yang berasal dari luar (eksternal ) Perusahaan?

Pilihanya adalah perusahaan meminjam uang (Debt) dan berikutnya adalah perusahaan menjual sebagian ekuitasnya, serta perusahaan dapat menggunakan keduanya secara bersamaan.
Perusahaan yang ingin menaikan modal bergantung pada pada 
  • ukuran perusahaan (size)
  • tahapan perputaran hidupnya  (life cycle stage)
  • serta pada prospek perkembanganya.
Ada bermacam-macam cara yang dapat diterangkan dengan memberikan contoh realitas tentang materi Rising Capital. Perusahaan terkadang membutuhkan dana berlebih untuk mengembangkan usahanya, hal ini menjadikan perusahaan tersebut mau untuk melirik sebuah usaha yang mungkin akan digalangnya lagi melalaui sebuah perusahaan yang sudah ada. Kebutuhan berlebih ini merupakan hal yang membuat para manajer berfikir bagaimana cara meningkatkan Modal?

Timbullah beberapa cara yang sering kita jumpai yaitu:
  • Meminjam Uang (dari Lembaga Bukan Bank, maupun dari Bank)
  • Menjual Sebagian Ekuitasnya
  • Serta Gabungan dari cara diatas.

Tentu saja biaya yang akan dimiliki sebuah perusaan bertambah seiring adanya keinginan untuk menambahkan modal di dalam perusahaan. Kenapa..  demikian?? itu yang disebut dengan Cost Of Capital. Oleh karena itu ada bermacam-macam cara.. termasuk di dalamnya Venture Capital yang mempunyai risiko tinggi terhadap apa yang dijalaninya.Venture Capital termasuk lembaga bukan bank yang memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan modal perusahaan dengan cara meminjami uang.

Apa itu yang dimaksud dengan venture capital... venture capital adalah pendanaan untuk sesuatu yang baru. secara garis besarnya bahwa Venture Capital itu mengusahakan pendanaan untuk sesuatu yang baru meskipun terdapat risiko yang tinggi bagi perusahaan. Perusahan Venture Capital menerima banyak tentang proposal dari luar. Pasar dari Venture Capital itu sangat terbatas membutuhkan suatu pendekatan personal untuk meningkatkan akses ke dalan Venture Capital market. Dengan risiko yang tinggi dari Venture Capital hal itu dapat digambarkan dengan tinggi nya pula Biaya Modalnya.

Pada dasarnya Venture Capital ini adalah perusahaan yang melakukan investasi yang bersifat sementara di dalam perusahaan lain dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan lain tersebut dalam jangka waktu tertentu dan pada akhirnya investasi ini bisa dilepas / dijual dengan nilai yang lebih tinggi dari nilai investasi awal tersebut. Bentuk investasi seperti ini biasanya memiliki resiko yang tinggi tapi juga menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi.

Biasanya  investasi yang dilakukan oleh Venture Capital ini dalam bentuk penyertaan saham sehingga Venture Capital ikut menjadi pemilik perusahaan tersebut. Walaupun kadang-kadang Venture Capital tidak menjadi pemilik mayoritas tapi biasanya Venture Capital memiliki hak istimewa untuk mengendalikan perusahaan sebagai kompensasi dari investasi yang mereka lakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan yang diinvestasikan ini dapat dikontrol dan dikembangkan dengan baik sehingga nilai perusahaan ini dapat ditingkatkan. Dan kadang-kadang Venture Capital juga memasukkan keahlian manajerial atau kemampuan teknis di dalam pengelolaan perusahaan yang diinvestasikan ini.

Sumber permodalan Venture Capital biasanya datang dari berbagai perusahaan misalnya perusahaan asuransi, dana pensiun, bank investasi, atau juga datang dari pribadi.

Kadang-kadang Venture Capital juga dilihat sebagai alternatif pembiayaan bagi sebagian perusahaan yang  merasa kesulitan mendapatkan pendanaan dari pihak bank atau belum bisa mendapatkan dana dari publik seperti melakukan “go public” atau mengeluarkan obligasi. Hal ini terutama untuk perusahaan – perusahaan yang baru mulai berkembang tapi memiliki prospek yang sangat bagus. Jadi selain perusahaan modal ventura mencari perusahaan – perusahaan berprospek untuk masuk sebagai investor, maka perusahaan – perusahaan berprospek kadang-kadang mengundang perusahaan modal ventura untuk mengembangkan perusahaannya.
Namun bagi perusahaan yang diinvestasikan, masuknya perusahaan modal ventura ini sering menyebabkan otoritas dari pemilik perusahaan yang lama menjadi berkurang atau hilang sama sekali, karena biasanya perusahaan akan dikendalikan oleh Venture Capital ini.

Bentuk investasi yang dilakukan oleh Venture Capital ini dianggap berisiko tinggi karena dia harus memastikan bahwa perusahaan yang diinvestaikan ini akan berkembang dan nilainya bertambah sehingga pada saat Venture Capital ini melepaskan kepemilikannya akan mendapatkan keuntungan. Biasanya Venture Capital akan melepas kepemilikannya pada perusahaan yang diinvestasikan dengan cara menjualnya pada perusahaan lain secara langsung atau dengan melakukan “go public” pada perusahaan yang diinvestasikan ini.
Umumnya jangka waktu investasi yang dilakukan Venture Capital hanya sekitar 3 sampai 5 tahun, tapi kadang-kadang juga bisa lebih atau kurang dari jangka waktu tersebut. Investasi ini dilakukan dalam jangka pendek  supaya Venture Capital ini bisa segera membelikan pengembalian keuntungan bagi para pemilik dana di dalam Venture Capital. 

Karena sifatnya yang jangka pendek, kadang-kadang  masuknya Venture Capital  menjadi tidak bagus untuk perkembangan perusahaan dalam jangka panjang, karena Venture Capital cenderung mencari cara untuk meningkatkan keuntungan jangka pendek sehingga mengorbankan atau menahan pengeluaran perusahaan  yang diperlukan untuk mempertahankan / meningkatkan keuntungan jangka panjang.


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …