Skip to main content

Nasihat: Malam yang indah Ketika Sepertiga Malam terakhir



Sesungguhnya dunia ini ranum dan hijau, dan sesungguhnya Alloh menguasakanya (dunia itu) atas kalian. Dia (Alloh Swt) melihat apa yang kamu perbuat, maka takutlah kalian kepada dunia dan takutlah terhadap (fitnah) wanita, karena fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil adalah wanita (Hr. Muslim no.2742)
Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia melalaikanya ialah: Kesehatan dan Waktu Luang (Hr. Bukhori: 7/170)

Sufyan Ats Tsauri:
Tidak ada sesuatu yang terasa lebih berat bagiku kecuali membenahi niatku, sesungguhnya ia berbolak balik pada diriku ( Buku Memburu Warisan Nabi)

Imam Syafi'i: 
Sejauh mana kesungguhan 
Sejauh itu pula teraih ketinggian

Barangsiapa menyangka
Bahwa ada ketinggian tanpa kesungguhan

Berarti ia telah menyia-nyiakan usianya
untuk meraih hal yang mustahil diraih (Buku Memburu Warisan Nabi)

Fudhail bin Iyadh
Senantiasa orang yang pandai  itu diliputi kebodohan terhadap apa yang diketahuinya sehingga ia mengamalkanya. Jia ia telah mengamalkanya maka ia benar-benar orang yang pandai

Betapa sejuk betapa harum semerbak malam yang menyibukkan bagi seorang muslim yang kian hari menjaga keistiqomahan nya dalam melaksanakan Qiyamul Lail. Beberapa baris hafalan dari Al Quran menjadi hal yang menarik di suatu malam bagi para perindu syurga... Engkau yang telah mengenal waktu.. engkau yang telah mengenal hari..ketahuilah... waktu siang telah menyibukkan kita.. waktu siang telah membuat kita lalai dalam hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Alloh Swt. Waktu siang tersebut telah menjadi kesibukkan kita yang banyak, kesibukan yang membawa kita mengarungi beberapa waktu untuk dunia. Kini malam ini telah tiba...  malam yang begitu manis untuk mentadaburi Al Qur'an.. malam yang begitu indah untuk bertemu dan mengadu ke Alloh Swt.

Malam yang indah ketika sepertiga malam hanya bisa dirasakan oleh orang yang memiliki hati yang bersih..dengan segala amal yang pernah dia kerjakan di Jalan Alloh. Keindahan tersebut semakin bisa dirasakan ketika mereka berada pada puncak keimanan. Setiap orang berbeda-beda dalam menyikapi suatu malam yang membuatnya berdiri untuk segera menundukkan hatinya dalam menghadap Alloh Swt. Hati yang sakit tidak bisa merasakan segarnya malam itu.. hati yang sakit akan merasakan kehambaran ketika berdiri untuk melaksanakan Qiyamul Lail.


Menyeruak ke dalam dada.. sehingga merasakan ketenangan dan kenyamanan ketika mereka bisa secara istiqomah dapat menjalankanya.. Di saat kebanyakan orang tertidur pulas.. engkau malah menangis... dan memohon Ampun kepada Alloh... alangkah indahnya hal ini.. jika engkau mampu melakukanya.. dengan baik.. Suara lirih dan merdu bacaan Al Qur'an menghiasi suasana rumah setelah melakukan Qiyamul Lail. Malam ini juga merupakan malam yang menjadi kesempatan bagi para pemuda yang ingin menjaga hafalanya, bagi para pemuda yang ingin berlomba-lomba seperti untuk beramal sholeh.

Malam itu juga menjadi malam bagi orang yang punya motivasi kuat untuk meraih keindahan di dunia dan di akhirat. Malam itu berlalu secara pasti ke waktu subuh. Di saat orang-orang yang sedikit sekali melakukan hal itu  di kala banyak orang yang tertidur pulas dan melalaikan saat-saat indah ketika tidak banyak orang diantara orang-orang yang menjaga Qiyamul Lail nya... dan Tidak banyak diantara orang-orang yang menjaga Qiyamul Lail nya itu. yang menjaga niatnya hanya untuk meraih Ridho Alloh Swt.

Sufyan Ats Tsauri:
Aku tidak bisa sholat malam lima bulan lamanya hanya karena lantaran satu dosa yang kulakukan...
"Aku pernah melihat seorang laki2 menangis dan aku membatin daam hati 'itu adalah karena riya' '"

Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang sholih sejak zaman dahulu. Oleh karena itu Nabi menghasung para sahabat untuk melakukan shalat malam.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Alloh). (Qs. Adz Dzariyat: 15-18)
Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail, karena sesungguhnya ia adalah jalanya orang-orang sholih sebelummu, dan merupakan qurbah (pendekatan) kepada Rabbmu, serta sebagai penghapus kejelekan2 dan pencegah perbuatan dosa (HR. Thabrani dengan derajat hasan)


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …