Skip to main content

Info Tulungagung: Pasar Wage Tulungagung Tempo Dulu




Pasar Wage Tulungagung merupakan salah satu saksi bisu dari banjir Tulungagung. Banjir yang sering menjadi langganan bagi warga Tulungagung dan sekitarnya ini diakibatkan oleh kurang efektifnya saluran pembuangan air pada saat itu. Hingga saat dibuka bendungan Niyama sebagai respon dari banjir tulungagung, sehingga tulungagung dapat sembuh dari sakitnya.  Sembuh dari sakit berkepanjangan karena bendungan niyama bekerja sesuai rencana. Kini pasar wage menampakkan aroma kesejukanya dan keramaianya yang sekarang tetap saja menjadi andalan bagi warga tulungagung untuk berbelanja disana.

Pasar Wage Tulungagung


Pasar Wage Baru Tulungagung
Di dalam Penampilan Pasar Wage pada tahun 2012 yang merupakan dokumentasi dari kru ihahibban, terdapat tulisan Pasar Wage Baru Tulungagung. Hal ini sebagai respon terhadap pasar wage lama yang pernah kebakaran pada tahun 2001 atau kurang lebih pada tahun-tahun tersebut. Ini dikarenakan oleh aksi kurang waspada pada salah satu penjual di pasar wage. Konsleting menjadi sebab utama kebakaran. Setelah Renovasi berjalan, maka nama Baru di sematkan pada pasar wage di Tulungagung ini.


Lokasi Pasar Wage Tulungagung
Ini merupakan lokasi Pasar Wage Tulungagung, baik saat Pasar Wage Lama maupun Pasar Wage Baru.


Lokasi Pasar Wage Tulungagung
 
Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, itulah sekilas tentang pengertian pasar yang kita dipakai oleh masyarakat secara umum. Tapi seiring dengan berjalanya waktu, pertemuan antara penjual beli bisa berlangsung selama 24 jam, bahkan setiap saat bisa bertemu, dan Pasar pun bisa buka selama 24 jam, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Apa yang mengakibatkan hal itu...?? karena teknologi yang mengiringi zaman ke zaman hingga tahun-tahun yang seseorang kian akrab dengan laptop, jaringan internet, serta e-commmerce. Hal yang membuat kita semakin mudah menjangkau mana saja dan kapan saja.


Nah di Tulungagung terdapat pasar yang secara tradisional didefinisikan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli phisicly (secara fisik). Salah satu pasar yang besar di Tulungagung adalah Pasar Wage.




PASAR WAGE TULUNGAGUNG TEMPO DULU

Pasar Wage Tulungagung punya potret tempo dulu saat-saat tulungagung masih akrab dengan banjir.

Pasar Wage Tulungagung tahun 1954

Ternyata pada tahun 1954 Pasar Wage Tulungagung sudah berdiri, dan merupakan salah satu bangunan yang menjadi kunjungan sehari-hari warga tulungagung untuk saling berjual beli. Kali ini dalam foto dibawah ini akan saya tampilkan foto Pasar Wage setelah 58 tahun berikutnya yang telah melalui masa-masa perubahan sosok pasar Wage Tulungagung.


Pasar Wage Tulungagung


Pasar Wage Tulungagung 2012


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …