Skip to main content

Ancaman Bagi Orang Murtad

Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Alloh akan mendatangkan suatu kaum yang Alloh mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Alloh, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Alloh, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Alloh Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Maidah : 54)

Di dalam surat Al Maidah ayat 54 ini terdapat teguran keras, sekaligus pengukuhan pernyataan, jika engkau murtad.. maka Alloh Swt. akan mengganti engkau dengan orang suatu kaum yang seperti ciri-ciri dalam ayat di atas. Apa ciri-ciri orang yang dijanjikan oleh Alloh Swt. untuk menjawab kemurkaan terhadap orang yang dulunya beriman kemudian keluar dari dinul islam (murtad). Maka Alloh akan kelak akan mendatangkan suatu kaum dengan ciri-ciri
  • Alloh mencintai mereka
  • Mere pun mencintai-Nya
  • Bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin
  • Bersikap keras terhadap orang-orang kafir
  • Berjihad di jalan Alloh
  • Tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.
Ini merupakan pengukuhan pernyataan jika engkau murtad.. maka tidak akan menurunkan kemuliaan Alloh Swt. Engkau tidak pula dapat menjadi kuat melawan Ketentuan Alloh. Maka jika engkau dulunya beriman dan kemudian engkau murtad.. sungguh tidak akan berkurang kemuliaan di sisi Alloh Swt. dan bahkan Alloh akan menggantinya dengan kaum yang sesuai dengan ciri-ciri di atas. Kaum dengan ciri-ciri diatas maka itulah orang-orang yang benar dalam beriman kepada Alloh Hati, Lisan, dan Perbuatanya.

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan:
Alloh Swt. berfirman tentang kekuasaanya Yang Maha Besar, maka barang siapa yang memalingkan diri tidak mau menolon agama Alloh Swt. dan menegakkan syariatNya. Sesungguhnya Alloh akan menggantikanya dengan kaum yang lebih baik daripadanya, lebih keras pertahananya, serta lebih lurus jalanya. Perihalnya sama dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain yaitu:

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Alloh. Maka di antara kamu ada orang yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Alloh-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan (Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu (ini). (QS. Muhammad: 38)  

Jika Alloh menghendaki, niscaya Dia musnahkan kamu wahai manusia, dan Dia datangkan umat yang lain (sebagai penggantimu). Dan adalah Alloh Maha Kuasa berbuat demikian. (QS. An Nisaa': 133)

Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Alloh telah menciptakan langit dan bumi dengan hak? Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mengganti (mu) dengan makhluk yang baru,dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Alloh. (QS. Ibrahim: 19-20)
Dalam perihal pembahasan surat Al Maidah: 54 tersebut merupakan pembahasan tentang meninggalkan perkara yang Haq dan kembali kepada Kebathilan. Muhammad ibnu Ka'ab ayat ini diturunkan berkenaan dengan pemimpin-pemimpin Quraisy. Ayat ini berkenaan dengan orang-orang yang murtad dan baru kelihatan kemurtadanya pada saat pemerintahan Kholifah Abu Bakar.

Maksud dari Kaum yang didatangkan tersebut menurut Hasan Al Basri menyebutkan bahwa demi Alloh yang dimaksud ayat tersebut adalah Abu Bakar dan sahabat-sahabatnya. Demikian menurut riwayat ibnu abi hatim.

Tulisan dibawah ini merupakan tambahan yang saya dapatkan dari AT TAUJIH

Dan jika kalian berpaling, niscaya Dia akan mengganti (kalian) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kalian (ini). [ QS. Muhammad : 38 ].

Imam At Tabari berkata bahwa ancaman dari Alloh ini ditujukan kepada orang-orang yang akan murtad dengan pengetahuan Alloh setelah wafatnya nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Demikian pula janji-Nya kepada orang-orang yang beriman dengan ilmu Alloh pula bahwasanya ada diantara mereka yang tidak berubah dan tidak berganti diennya. Dan ketika wafatnya nabi sallallahu alaihi wasallam, maka murtadlah beberapa kaum dari penduduk al wabar dan sebagian penduduk al midar. Maka Alloh menggantikan orang-orang yang lebih baik dari mereka.

Walau para ulama’ ahli tafsir menjelaskan sebab turunnya ayat ini dengan sebuah peristiwa pada zaman sahabat radyiallahu ‘anhum, akan tetapi ayat inipun juga tetap berlaku pada generasi berikutnya. Karena memang ayat al qur’an ini diturunkan kepada seluruh ummat nabi sallallahu alaihi wasallam. Dan tidak hanya kepada para sahabat saja.

Kalau engkau murtad... sungguh.. tidak akan berkurang Kemuliaan Alloh dengan murtadnya engkau.. Kalau engkau murtad... maka engkau akan mendapatkan siksa... karena posisimu (yang dulu muslim) akan diganti oleh orang-orang yang lebih baik dari engkau dan tidak seperti engkau. Engkau akan melihatnya dan itu merupakan siksa bagi hati kalian karena Alloh akan mengganti kalian dengan orang yang lebih baik dari kalian.. lebih baik dari jalan yang akhirnya engkau tempuh.. yaitu kemurtadan....

Na'udzubillahi min dzalik...

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …