Skip to main content

Anak Sholih dari Orang Tua yang Awam / Jahil



gambar ilustrasi

Berasal dari sebuah nasihat seseorang tentang birul walidain serta bagaiaman menyikapi kehidupan dari Orang Tua dan Anak, dilihat dari contoh yang luar biasa yang tertulis di dalam Al Qur'an dan Al Hadits.

Ini adalah salah satu tipe yang bisa kita ketahui dari waqi' (realitas) kehidupan sekarang ini. Seorang anak sholeh tetapi orang tuanya awam atau bahkan masih jahil. Hal ini dikarenakan bukan tarbiyah orang tua yang menjadikanya seperti itu, melainkan karena seorang anak itu telah dibukakan hatinya oleh Alloh Swt. untuk dapat secara rela mempelajari Ilmu dinul islam ini.

Ini merupakan hal yang luar biasa dari seorang anak, mungkin keberadaanya pun juga akan bisa menjadikanya jalan untuk dapat membawa Orang Tuanya ke Jalan yang diridhoi Alloh Swt. Anak yang seperti ini lah idaman setiap Orang Tua. Anak yang Sholeh dengan Orang Tua yang sholeh mungkin akan terbiasa dengan tarbiyah dari Orang Tuanya... Sedangkan anak yang lahir dari Orang Tua yang awam / jahil dia akan menjadi sosok yang ingin kalau ada kesempatan mendakwahkan kepada Orang Tua perihal dinul Islam.

Kisah pada kasus seperti ini tampak pada kehidupan Amar bin Yasir. Amar bin Yasir bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh walaupun di kala itu bapaknya masih jahil, masih menganggap patung dapat mendatangkan manfaat dan madhorot. Ta'lim pada malam hari dan pulang setelah subuh dilakukan di tempat sahabat dan secara rutin diikuti oleh Amar bin Yasir.  Rosululloh telah mentarbiyah Amar bin Yasir menjadi pribadi yang luar biasa. Menjadi singa yang siap menerkam musuh-musuh Islam lewat keteguhanya membawa din ini. Walaupun diantara Rosululloh dan Amar bin Yasir tidak ada hubungan dari langsung sebagai orang tuan dan anak, tetepi hal ini tetap saja bisa diterima oleh Amar bin Yasir.

Amar bin Yasir pun menjadi pribadi yang sholeh, dan dalam suatu kesempatan memberikan nasihat kepada orang tuanya ketika beliau menjatuhkan berhala. Dalam Kasus ini seorang anak yang mentarbiyah orang tua. Aman mengingatkan tentang apakah engkau hendak beribadah kepada patung, yang mana dia sendiri tidak dapat menjaga dirinya ketika terjatuh. Ternyata tarbiyah tersebut berhasil dan menjadikan orang tua tersebut bertaubat dan menyesal atas perbuatan bodoh ketika masih bergantung pada berhala.

Sehingga saat mereka disuruh menyatakan kalimat kekufuran mereka (Orang Tua Amar bin Yasir: Tsumamah ibu Amar dan Yasir ayah Amar) mereka tidak mau mengikuti karena mereka teguh pendirian dan tarbiyah dari Amar telah masuk ke dalam hati orang tuanya. Amar tidak ingin orang tuanya yang banyak berjasa kepadanya mati dalam keadaan jahil oleh karena itu Amar berusaha untuk selalu menasihati orang tua agar tidak percaya kepada berhala dan berlepas diri darinya. Dan Orang Tua Amar pun dibunuh, sehingga tercatat beliau merupakan Syuhada pertama yang tercatat dalam shiroh. 

Kisah yang serupa dengan yang terjadi seperti pada judul artikel ini adalah Ikrimah yang merupakan Anaknya Abu jahl. Beliau merupakan anaknya seorang yang sangat benci dan memusuhi islam.Berbeda dengan kisah Amar bin Yasir, pada kisah Ikrimah ini bapaknya selalu memusuhi islam sampai akhir hayatnya.

Ada sebuah kisah tentang Ikrimah yang ketika beliau gugur dalam suatu perang dan mengalami sakaratul maut dan merasa haus beliau diambilkan minum oleh sahabat.. tetapi ketika hendak meminumnya terdengar suara sahabat lain yang butuh minuman maka beliau  menyuruh untuk memberikan kepada sahabat yang mengatakan butuh air. dan ketika sahabat kedua itu hendak meminum air itu ternyata ada sahabat lain yang membutuhkan air.. maka sahabat kedua itu pun menyuruh untuk memberikan kepada sahabat ketiga.  Ketika Beliau hendak meminumkan kepada sahabat ketiga, sahabat ketiga tersebut meninggal... lalu pemberi minum pergi ke sahabat kedua dan ternyata beliau juga sudah meninggal,,, dan ketika pergi ke Ikrimah.. ternyata beliaupun sudah meninggal. 

Dari pelajaran Ikrimah diatas dapat diambil pelajaran tentang Itsar (mendahulukan) kepentingan sahabat lain / saudara lain yang membutuhkan sesuatu.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …