Skip to main content

Info Kereta Api: Fungsi Penataan Batu-batu Kecil (Kerikil) pada Jalur Kereta Api

Penataan batu-batu di dekat rel bukan begitu saja di letakkan, tetapi perlu adanya perlakuan khusus atas batu yang ditata di dekat rel kereta. Ukuranya pun tertentu, tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu keci. Kalian dapat melihatnya kira-kira seperti ini bentuk batunya (ukuranya: mempunyai panjang relative antara 8cm-10cm).

Agustus 2012: Salah satu Potret Batu di samping Rel KA.


Becanda dengan Batu-batu Kecil di dekat rel KA.
Apa sebenarnya fungsi Batu kerikil yang diletakkan di dekat Rel Kereta Api?? Hal ini merupakan hal yang mungkin akan terlewatkan pada benak kita.. dan bahkan bisa menjadi guyonan (joke) bahwa
kenapa di sekitar rel dikasih Batu Kerikil? Karena kalau dikasih roti ntar bisa habis... :)
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan sebuah batu pada rel kereta api.. Karena perhatian terhadap letaknya.. PT KAI pun memulai untuk menata batu kerikil tersebut yang sebelumnya terletak berserakan di sekitar kereta. Tampak pada foto di bawah ini seorang pekerja yang serius dalam mendulang batu dan menatanya di pinggir.

Penataan Batu-Batu Kecil di samping rel Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kecil di Jalur Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kerikil di Jalur Kereta Api

Fungsi Penataan Batu Kerikil di Jalur Kereta Api

Beberapa Fungsi Penataan Batu di samping rel KA.
Sebenarnya, apa sih fungsi dari batu kerikil tersebut?
Fungsinya adalah:
  • Untuk menanggulangi tumbuhnya rumput yang mungkin akan tumbuh di dekat Rel Kereta Api.
  • Untuk menampung kotoran akibat dari BAB dan BAK ataupun dari tetesan Oli atau bahan bakar lain dari lokomotif yang jatuh. Sehingga kejatuhannya itu tidak akan meresap di antara celah-celah batu-batu kecil. Nah ketika semua itu jatuh diantara batu-batu kecil tersebut, maka kenampakan bekas akibat (BAB,BAK, Oli dan Bahan-bahan lain) tidak terlalu nampak dari luar dan mengurangi adanya bau yang dapat ditimbulkan akibat hal tersebut. Makanya Kebanyakan batu kecil (kerikil Tersebut di letakkan di pinggir). Anda bisa melihat hal itu dengan adanya tanda dari batu-batu yang menghitam karena kejatuhan sesuatu dari atas.

  • Untuk mengurangi peluang binatang yang bersarang di sekitar rel kereta api. Seperti kemungkinan tikus, ular, ataupun binatang lain yang bisa mengganggu stabilitas rel.
  • Untuk memberikan meneruskan energi yang ditimbulkan akibat benturan dari Roda Lokomotif dengan Rel Kereta Api. Benturan tersebut akan menghasilkan Panas, Getaran, Suara, Percikan api, energinya akan tersalurkan ketika batu yang ada di dekatnya ikut bergerak. Gerakan tersebut merupakan salah satu energi yang ditimbulkan dari gaya kontak antara Lokomotif dan Rel yang berakibat pada benturan antara Partikel Roda dan Rel. Semua Energi yang timbul akibat berjalanya sebuah Lokomotif di atas Rel akan diubah yang diubah menjadi Panas, Getaran, Suara, Percikan api, dan yang lainya adalah gerakan batu di sekitarnya. Jika batu disekitarnya tidak ada, atau bentuknya terlalu besar, atau berupa bongkahan yang sangat besar, tentu hal itu akan mengakibatkan adanya penambahan di salah satu Energi yang ditimbulkan akibat benturan Roda dan Rel, Entah itu pada Panas yaitu panas yang ada pada rel kereta dan Roda Lokomotif,  Suara, Percikan Api, Atau pada Getaran.

Perkecualian peletakkan batu-batu kecil di samping rel KA.
Tetapi penggunaan Batu tidak diadakan ketika kereta Jalur kereta melintas di atas Jembatan atau melintas persimpangan jalan aspal. Karena hal itu sudah tertanggulangi risiko-risiko seperti yang saya ungkapkan di atas. Tetapi ketidak adaan batu kerikil maka akan menjadikan Suara yang dihasilkan akibat benturan roda dan rel semakin keras, kalor yang timbul semakin tinggi (panas), getarannya semakin besar dan Percikkan api pun semakin besar pula.. kecuali yang berada di jembatan.. karena peredamnya bertambah yaitu adanya angin yang berhembus, sehingga Percikkan api pun dapat diperkecil dengan hal itu.

Kalau pun misal di persimpangan jalan aspal dikasih bebatuan, maka akan menggangu pengguna jalan aspal lainya.. sehingga terjadi kasus di sekitar persimpangan antara jalur kereta dan jalan aspal di Wonokromo Surabaya yang mengakibatkan banyak pengendara motor yang terjatuh.
Foto di bawah ini merupakan foto persimpangan kereta api di Wonokromo Surabaya. Pada gambar di bawah ini, tampak aspal sudah sejajar dengan Rel Kereta, yang mana pada saat sebelum di aspal itu, banyak penumpang kendaran bermotor yang terjatuh, karena terpeleset batu-batu untuk menyejajarkan jalan dengan rel KA.

Persimpangan Kereta api di Wonokromo, tampak aspal baru pada foto di atas, sebelum di aspal tersebut sebelumnya memakai batu kerikil.. sehingga membahayakan pengendara sepeda motor


Baca Juga:
Fungsi Sambungan rel KA, Panjang Pemuaian pada siang dan pagi hari.
Perawatan Jalur Kereta Api Pasca Pergantian Rel KA.


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …