Skip to main content

Transportasi Surabaya dan Transportasi Jepang

Kalau kita mendengar istilah luar negeri, mungkin yang ada di dalam benak kita adalah sebuah negara yang terletak nan jauh disana dan mempunyai teknologi yang canggih yang sulit untuk diungguli. Sebenarnya tidak seperti itu adanya.. kata-kata yang tertumpah dari mulut kita menjadikan kita pasrah begitu adanya tanpa adanya perbaikan yang dilakukan. Yang paling penting yang kita ingat, janganlah batas-batas negara itu menghilangkan persaudaraan kita. Karena Umat Islam persaudaraanya atas dasar Al Qur'an dan Al Hadits. Itulah yang perlu diperhatikan bagi kawula muda saat ini.. Walaupun mereka jauh disana, walaupun mereka mempunyai kulit yang berbeda dengan kita, tetapi pada hakikatnya kita bersaudara selama mereka berpegang pada Al Qur'an dan Al Hadits. 

Kita jangan terjebak oleh fanatik kebangsaan yang merupakan kejahiliyahan yang terdapat dalam falsafah hidup. Kita tidak boleh secara mutlak menetapkan musuh itu di luar dari negara, yang memusuhi negara... Tetapi musuh adalah siapapun yang menentang Al Qur'an dan Al Hadits lah yang merupakan musuh sejati dalam hidup kita.

Saya memberikan judul Transportasi Surabaya dan Transportasi Jepang bukan berarti itu memaknai saya sedang berada pada fanatik kebangsaan. Bukan seperti itu.. Orang jepang juga saudara kita.. selama mereka berpegang teguh dengan Al Qur'an dan Al Hadits. Ini yang perlu kita ketahui dengan cermat.. Bahwa batas-batas negara bukan lah mutlak menjadikan setiap orang itu menjadi musuh kita... sebab yang menjadi pedoman menetapkan musuh dan bukan adalah ketika seseoorang tersebut menolak Al Qur'an dan Al Hadits.

Transportasi Surabaya... mengapa saya mengangkat transportasi Surabaya??? karena saya pernah hidup di Surabaya untuk menempuh kuliah di Universitas Airlangga Surabaya. Transportasi Surabaya sebenarnya telah mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu.. banya jalan-jalan yang menjadi alternatif bagi para pengendara kendaraan bermotor. Jumlah penduduk yang menghuni Kota Surabaya juga sebanyak jumlah penduduk kota Tokyo.. Jepang.. Tapi mengapa??? kok kelihatanya Transportasinya kurang berkembang di Surabaya daripada di Tokyo...

Beberapa masalah yang kita hadapi saat kita hendak memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan aneka transportasi di Surabaya ke kota lain di Pulau Jawa. Kita bisa menggunakan beberapa Alternatif yang dapat digunakan yaitu antara menggunakan Bus dan Kereta Api... karena menggunakan Transportasi Laut.. seringnya masih digunakan untuk melakukan perjalanan antar pulau. Oleh karena itu dalam hal ini yang saya buat perbandingan adalah tentang Transportasi Kereta Api dan Bus.

Mari kita lihat gambar berikut ini untuk mengetahui bagaimana sih perbedaanya??

Gambar (kiri) kondisi transportasi di Surabaya Indonesia, Gambar (kanan) kondisi transportasi di Tokyo Jepang

Bandingkan dengan yang ada di Surabaya, Betapa mengasyikkan berada di Kota Tokyo.. Polusi Udara pun terjamin dengan sedikitnya orang yang memakai kendaraan bermotor sebagai penyumbang polusi terbanyak. Disana mereka suka untuk berjalan kaki.. selain menyehatkan bagi warga nya.. juga menumbuhkan semangat giat bekerja bagi seluruh orang di Jepang. Mereka tidak pelu Pusing dengan parkir yang sulit.. mereka tinggal  melangkahkan kaki menuju tempat tujuan sehingga dapat menggunakan fasilitas umum yang ada.. Nah bagaimana tentang fasilitas umumnya???

Mari kita lihat gambar di Bawah Ini

Gambar (kiri atas) Bus kota AC di Surabaya hanya pada jurusan tertentu, kebanyakan bus kota yang ada di surabaya adalah seperti gambar (kiri bawah) yang penuh dengan polusi baik suara maupun polusi udara. Coba bandingkan dengan gambar (kanan) itu adalah bis kota yang ada di Tokyo Jepang.

Betapa menyedihkan.. alat transportasi darat yang menggunakan ac pun di Indonesia masih sedikit. .. alami sih.. tapi asap yang ditimbulkan dari luar oleh kendaraan lain mengganggu pernafasan para penumpang.  Suatu hal yang mengkhawatirkan bagi bangsa ini bahwa.. pemerintah sudah tidak begitu peduli dengan fasilitas umunya..
Kondisi Kereta api  di Surabaya dan di Tokyo Jepang (tentu anda bisa membedakan sendiri)
Tidak sebatas tentang alat transportasinya.. Sistem transportasinya pun benar-benar dirancang untuk secara mudah dan efektif serta efisien melayani warganya.. Sistem yang dibangun tersebut memungkinkan warga negara di Jepang.. mudah untuk menentukan kemana mereka pergi.. kapan mereka melakukan aktivitasnya.. dan juga bagaimana tentang alat transportasi yang mereka pilih.. hal itu sudah terangkum dengan sistem yang baik ketika penumpang hendak menambatkan hatinya di suatu kota.



Sistem MRP pada kantor stasiun di Tokyo Jepang

Ini adalah salah satu contoh dalam memahami bagaimana perbedaan transportasi di Jepang dan di Indonesia yaitu salah satunya bisa terlihat pada karcisnya. Begitu simple tetapi pelayanannya luar biasa.. Beda dengan yang ada di Indoneseia.


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …