Skip to main content

Risiko Bisnis, Risiko Pasar Perusahaan

Saya sedikit berbagi kepada kalian tentang Manajemen Keuangan II yang pernah saya enyam pelajaranya ketika berada di bangku kuliah.. Perusahaan dengan sistem yang sederhana dan belum mengendus kegiatan pinjam-meminjam uang, ataupun kegiatan keuangan dari luar, belum menggunakan saham dan securitas sebagai alat untuk mendapatkan modal yang berasal dari investor yang membeli sahamnya pada pasar primer, belum menggunakan merger, konsolidasi, atau akuisisi .. maka perusahaan tersebut akan hanya mempunyai risiko bisnis.. yaitu risiko yang berada di dalam operasional perusahaan saja.. Dalam kasus lain Risiko Bisnis ini akan disebut dengan Risiko Spesifik / Risiko Unsistematik.




contoh saja: ini adalah produk sosro

Produk di atas tentu dihasilkan dengan sebelumnya memperitungkan tentang biayanya, 

#tentang operasional produksinya, 
#tentang pekerjanya
#tentang branding yang akan dilakukan,
#tentang promosi yang akan ditampilkan di papan Reklame, 
#tentang dimana letak promosinya,
#tentang segmentasi pasarnya, 
#tentang pesaingnya... (contoh pesaing Joy Tea: Teh Pucuk Harum, Teh Nu Green Tea, Zeas Tea dll.) 

Sehingga dapat disimpulkan fungsi yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan sebuah produk baru maka perusahaan akan mengahadapai yang namanya permasalahan 
#manajemen keuangan, 
#manajemen pemasaran, 
#manajemen sumberdaya manusia, 
#manajemen pemasaran. 
Dan ini akan Di dalam Manajemen tersebut dalam tiap tiap departemenya akan menghadapi yang namanya Risiko. 

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa sebuah Manajemen Perusahaan akan menghadapi yang namanya Risiko dan  Pendapatan yang berupa Return hasil investasi yang dilakukan.

Iklan Sosro

Bagaimana mereka mempertahankan posisi produknya ketika kelak perusahaan lainya secara frontal menggelar promosi besar-besaran. Semua itu diperhitungkan oleh perusahaan dalam mempertahankan sebuah produk. Ketika perusahaan tersebut menggunakan langkah lain dalam pembiayaan produksinya.. maka Perusahaan tersebut akan mempunyai Risiko lagi...yaitu Risiko Finansial. Kenapa demikian... karena saat perusahaan menggunakan jalanya untuk menggunakan utang dari luar, maka dia akan berhadapan dengan kondisi pasar yang berubah-ubah sesuai kaidah-kaidah risiko finansial. Nah ketika perusahaan menghadapi risiko yang menjangkiti Sistem Kerja perusahaan... Begitu banyak langkah yang dilakukan oleh perusahaan. 



Perusahaan Pos akan go public tahun 2013, ketika itu perusahaan pos akan menghadapi risiko pasar yang akan berdampak pada kondisi keuangan perusahaan.

 
Ada yang Namanya Merger, Akuisisi, Konsolidasi,,,, ada pula yang menerapkan debt yaitu dengan menggulirkan obligasi dan long term debt. Perusahaan mulai menemukan kondisi untuk mengatur struktur modalnya. Bagaimana Keberadaan Debt terhadap Ekuitas perusahaan. Nah masalah semakin bertambah kompleks... Masalah semakin bertambah banyak, banyaknya ketergantungan terhadap hal yang lain di luar perusahaan membuat perusahaan selalu menghadapi kondisi Uncertainty (ketidak pastian). Kenapa demikian?? Karena perusahaan mulai menggantungkan kondisi keuangan, struktur modal dari pihal luar. Itu yang terjadi....

Dalam Prakteknya memang semakin banyak perusahaan yang menyukai Debt.. (Utang) Kenapa?? karena debt dapat digunakan sebgai pengungkit bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Taruh saja... kita yang awalnya tidak punya uang sama sekali,,, tetapi kita bisa mendapatkan mobil dalam waktu sehari.. dengan cara apa??? salah satunya dengan cara hutang... Hutang menjadi semakin kompleks lagi ketika dia berada di kalangan orang kapitalis.. 

Di Negara Kapitalis.. Kesenjanga antara si miskin dan si kaya semakin menjadi,,, tidak ada subsidi di negara kapitalis.. Negara memperkenankan warganya untuk utang sebanyak-banyaknya,,, karena merupakan pengungkit yang baik bagi perusahaan kecil,, perusahaan yang ingin berkembang. Suku bunga di negara Kapitalis pun sangat rendah.. sehingga mereka menjadi semakin yakin untuk berinvestasi dalam menjaga likuiditas keuangan.

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …