Skip to main content

Perbaiki Kualitas Tidur


"Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha"
(QS. Al Furqon: 47).

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan."
(QS. Ar Ruum: 23)

"dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat,
 (QS. An Naba: 9)

Tidur adalah sarana untuk kita dalam beristirahat...
Kenapa demikian...??? ini merupakan obat bagi setiap orang yang mempunyai rasa kelelahan setelah mencapai beberapa target dalam aktivitasnya... Tidur merupakan nikmat dari Alloh Swt. bagi kita untuk beristirahat dengan harapan bagi hamba yang sholeh akan dijadikan ladang ibadah untuk mengisi sisa-sisa umur yang dimiliki.

Adalah hal yang mengherankan jika seorang tidak bisa mengatur tidurnya dengan baik padahal mereka telah mengetahui bahwa Rosululloh Saw. tela mencontohkan kepada kita tentang adab-adab tidur yang berpahala dan bernilai ibadah... Bagaimana menurut anda??? Tidur menyehatkan,,,, berpahala,,, dan merupakan nilai ibadah bagi kita... tentus setiap orang mengharapkan hal itu...

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. 
(QS. As Sajdah: 15-17)
 

Demikian kita harus memperbaiki kualitas tidur kita untuk menjadi hamba yang mampu secara maksimal beribadah kepada Alloh Swt. ... Coba sekarang kita lihat... siapa orang yang bisa tidak tidur dalam waktu lama??? tentu mereka membutuhkanya... Alangkah baiknya jika tidur mampu bernilai ibadah..

Untuk saudara-saudaraku yang menginginkan pahala di kala orang-orang tidur... untuk saudaraku yang menginginkan tidurnya sesuai dengan apa yang pernah dilakukan Rosululloh Saw. maka perbanyak khasanah tentang bagaimana tidur yang baik... Kembali lagi.. ukuran baik itu mesti kembali pada dua hal... yaitu

*Ikhlas
*Sesuai dengan tuntunan Rosululloh Saw.

Orang yang mengharapkan kebaikan dalam setiap langkahnya... tentunya juga akan menginginkan kualitas dalam setiap tidurnya... Kualitas tidur yang baik menambah semangat untuk beribadah.... tetapi ingat... orang yang bisa mengatur kualitas tidurnya merupakan tanda-tanda dari orang yang beriman kepada Alloh Swt. karena hal itu dapat menjadikanya mampun untuk bangun tidur dan melaksanakan Qiyamul Lail sebagai ibadah tambahan setelah sholat wajib yang dilaksanakan,, sehingga dapat..menjadi langkah buat kita introspeksi diri.. dan merupakan saat yang tepat untuk kita...  berdoa kepada Alloh Swt.

"bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat.Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan."
(QS. Al Muzzammil: 2-6)


Wallohu a'lam
Apabila terjadi kesalahan pada tulisan hamba... kembalikanlah hal tersebut kepada Alloh Swt. dan Rosulnya.. karena Alloh Swt. dan Rosulnya merupakan panduan yang menjadi prioritas kita yang menharapkan Ridho Alloh Swt.  Ketika Rosululloh Saw. sudah berkata demikian dan demikian... maka kita tidak patut untuk menyanggah kata fulan seperti ini.. kata fulan seperti ini... 
Semoga kita menjadi manusia yang dapat menjadikan islam ini sebagai langkah untuk berkehidupan.. sehingga nilai sampah dari dunia.. bisa menjadi berarti... sehingga orang bisa di anggap orang jika mengikuti jalan islam yang merupakan Dinul Al Haq...

"Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci."
(QS. As Shaff: 9)


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …