Skip to main content

Manajemen Proses Bisnis Lembaga Sertifikasi MALCOM BALDRIGE


 


Malcolm Baldrige National Quality Award adalah sejenis penghargaan tahunan yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat (melalui Department of Commerce) kepada setiap organisasi di negara USA – baik profit dan non profit – yang dianggap mencapai kinerja yang unggul nan ekselen. Nama Malcolm Baldrige sendiri diambil dari nama mantan Menteri Perdagangan AS yang menginisiasi kegiatan penghargaan ini. Sejak diperkenalkan pada tahun 1988, penghargaan tahunan ini telah memberikan kontiribusi yang signifikan bagi peningkatan mutu dan kinerja bisnis beragam perusahaan disana.


Seiring dengan hal itu, banyak negara di berbagai belahan dunia yang mengadopsi pendekatan dan kriteria yang digunakan oleh Komite Malcolm Baldrige untuk mengukur keunggulan kinerja. Kriteria yang mereka gunakan dikenal juga sebagai 7 Pilar Malcolm Baldrige. Dan jika diamati, tujuh kriteria ini memang sangat berperan dalam menentukan maju mundurnya sebuah organisasi (baik organisasi bisnis maupun organisasi publik).

Tujuh Pilar utama dalam Malcolm Baldrige
1.       Leadership. Kriteria ini ingin melihat bagaimana para leader di organisasi menampilkan kapasitasnya :
·         bagaimana mereka menetapkan visi dan tujuan organisasi
·         mengkomunikasikannya kepada setiap anggota. Juga apakah leaders di organisasi memiliki kecakapan untuk mengelola dan menginspirasi anak buahnya untuk mencapai keunggulan kinerja.
2.       Strategic Planning. Kriteria ini mau melihat bagaimana proses perumusan strategi ditetapkan dilingkungan kantor Anda.
3.      Customer Focus. Apakah produk dan layanan yang disediakan oleh organisasi sudah hebat? Apakah produk atau layanan yang dibentangkan oleh kantor selalu segar nan inovatif; dan membuat para pelanggan bisa tersenyum riang?
4.      Performance Measurement. Apakah setiap leaders di tempat Anda sudah memiliki key performance indicators (KPI) yang jelas dan terukur? Dan apakah key indicators itu selalu direview secara periodik untuk melihat progress dan  mengambil corrective action
5.      People Focus. Seberapa jauh perhatian dan komitmen manajemen organisasi Anda terhadap pengembangan mutu SDM-nya?
6.       Process Management. Kriteria ini mau mengukur bagaimana kantor Anda mendesain dan mengelola proses kerja kunci? Apakah setiap alur proses sudah didesain dengan ramping dan efisien?
7.      Result. Pilar yang ketuju ini mau melihat bagaimana hasil akhir kinerja organisasi : apakah makin kompetitif, makin efektif, dan makin mengkilap kinerja seluruh aspek organisasinya?

Penggagas Malcom Baldrige


\


Melalui 7 pilar diatas kita bisa menakar dimana level kinerja organisasi Anda. 7 Pilar ini juga sangat membantu jika sebuah organisasi hendak melakukan proses transformasi menuju ke arah yang lebih menjulang. Artinya, 7 kriteria diatas dapat digunakan sebagai peta, sebagai roadmap, jika organisasi Anda hendak merumuskan action plan-nya.

Malcolm Baldrige Criteria for Performance Exellence (MBCfPE) hadir sebagai salah satu metode untuk menjawab tantangan tersebut. Metode ini pertama kali diciptakan oleh U.S. Congress pada tahun 1987, dibawah Public Law 100-107, sebagai penghormatan kepada Malcolm Baldrige, Commerce Departement Secretary, yang meninggal dalam kecelakaan olahraga berkuda pada tahun 1987.

Di Negara asalnya, Amerika Serikat, Malcolm Baldrige Award diberikan setiap tahun dan diberikan langsung oleh Presiden Amerika Serikat. Sampai Tahun 2007, Malcolm Baldrige Criteria for Performance Exellence (MBCfPE) telah diadopsi oleh puluhan ribu perusahaan di lebih dari 70-an Negara, termasuk Indonesia yang mengadopsiMBCfPE menjadi Indonesia Quality Awards (IQA) for BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Seperti Informasi yang diperoleh oleh penulis bahwa PT Astra Daihatsu Motor terdaftar sebagai salah  satu nominasi Perusahaan penerima penghargaan dari Indonesia Quality Awards (IQA). Indonesia Quality Award (IQA) Foundation  memberikan penghargaan bagi perusahaan di Indonesia yang dianggap berhasil menerapkan kriteria unggul berbasis Malcolm Baldrige, sebagai bagian dari proses asesmen. Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE).

Contoh Perusahaan yang mendapatkan Malcom Baldrige adalah Krakatau Steel, sedangkan Universitas yang mendapatkan Malcom Baldrige adalah Universitas Airlangga.