Skip to main content

Gambar dan Otak Kanan (Trik Presentasi Mahasiswa))

Cerita ini ringan sekali.. maksudnya tanpa adanya hal yang membuat kita berpikir panjang dan langsung masuk pada hal yang membuat kita mampu mengunyah ceritanya dengan baik...Tema yang dipilih tentulah dari bahan yang sudah kita persiapkan sebelumnya.. Dalam menyampaikan gagasan utama seseorang.. tentulah akan hambar tanpa adanya cerita ringan sebagai pelajaran atau sebagai pengingat dan bumbu dalam komunikasi antara seseorang dengan orang lain. Kenapa hal ini perlu kita jabarkan.. kadang seseorang terlihat membosankan ketika dia banyak cerita tentang sesuatu yang berlebihan... alias cerita berat.. sehingga tidak semua orang mampu untuk bertahan mendengarkan dan meniliti tiap kata yang tertumpah dari mulutnya..

Kali ini saya akan menggunakan bahan Bulan Purnama dalam cerita ringan kali ini... Baik.. sebelum kita masuk pada cerita kita. sedikit saya sampaikan... jika anda berada pada suatu kondisi yang membuat anda berdiri di depan orang banyak untuk menyampaikan apa saja yang anda ketahui tentang sesuatu hal.. pergunakanlah gambar atau visualisasi lain untuk menggiring otak kanan mereka di dunia yang lebih asyik ketika mereka terlepas dari angka-angka yang menyibukkan syaraf-syaraf otaknya dalam mencerna materi anda... Pergunakanlah permanainan asyik dalam kata-kata anda.. tapi jangan lupa dengan tujuan yang anda sampaikan...

Sekaligus juga pada kesempatan ini saya kemukakan beberapa trik untuk melakukan presentasi bagi para mahasiswa.

Bulan Purnama

Dokumentasi Pribadi Bulan Purnama dari taman Bungkul by: Bram
Bulan Purnama nampaklah indah.. tampaklah seluruh sisimu malam ini di penglihatanku... Bulan purnama menghiasi hitamnya langit.. sunyinya malam ini dan desiran angin yang membuat kita terbang dan meraih hati kita untuk ikut menyaksikan kebesaran Alloh Swt. Bulan telah terbelah.. maka benarlah apa yang ada di dalam Al Qur'an... Wahai engkau yang masih ragu dalam mengarungi hidup dengan Al Qur'an.. maka janganlah engkau heran ketika engkau melihat persamaan hal-hal yang baru ditemukan sekarang ini dengan realita yang sudah disampaikan dalam Al Qur'an dan Hadits Rosululloh Saw. 

Bulan Purnama telah beredar mengelilingi bumi sejak Alloh Swt. tetapkan bulan tersebut mengiringi matahari.. Di Zaman Rosulloh Saw. bulan ini juga masih mengiringi bumi sampai sekarang ini.. Bahkan Mukzizat yang telah nampak bagi orang-orang yang masih ragu dengan kekuasaan Alloh Swt telah melihat bahwa bulan ini pernah terbelah... Innalloha 'ala kulli syai in  qodiir..

Hati kita terbang membawa angan kita seolah ingin mengumpulkan sinarnya untuk dibawa hanyut dalam untaian Qiyamul Lail. Semerbak cerita ini menjadi hal yang akan menumbuhkan keinginan bagi para murid yang senantiasa ingin hadir dalam Majelis Muslimin yang membawa pada ketawadu'a di malam hari.

Dokumentasi Pribadi Bulan Purnama By: Bram
Salah satu bahan yang mengasyikkan dalam membuat presentasi menjadi nampak indah dan mengalir seperti sedang meniti jalan yang mudah  untuk dilalui adalah dengan menyertakan gambar. Dalam ilmu komunikasi yang tertuang dalam sistem informasi manajemen, gambar menjadi sangat menarik jika diiringi dengan kisah-kisah yang menyelimuti gambar dan kondisi yang berada di sekitarnya.

Kembali lagi dihari ketika gravitasi dari bulan mempengaruhi seluruh sisi kehidupan di Bumi, sebagian kecil yang kita mengerti bahwa ketika bulan purnama membawa pada suatu kondisi pasang pada lautan di daerah sekitar. Karena adanya hal gaya gravitasi yang ditimbulkan oleh bulan.. Peristiwa ini tentunya juga berpengaruh pada kondisi manusia dan keaadaanya.. Terjadi perbedaan aliran darah karena ada tarikan ke atas dari gravitas Bulan. Begitu juga dengan kondisi tekanan pada tiap sel pun juga berbeda dari biasanya. Dalam kondisi seperti ini alangkah baiknya jika seseorang berpuasa pada siang harinya ( pada tengah bulan).

Catatan bagi para presenter diharapkan mampu untuk mengetahui ilmu yang mengiringi suatu deskripsi yang dikemukakan. Ilmu yang baru dan cenderung membawa pendengar pada suatu kondisi yang mengherankan lebih membuat mereka merasa segar dengan cerita tersebut. Contoh diatas tentang pengetahuan gravitasi itu dan ilmu agama tentang sunnah puasa tengah bulan membawa pendengar pada kondisi nyaman untuk membaca. Seolah mereka digiring begitu saja mengikuti aliran cerita sehingga benar-benar menikmati.



Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …