Skip to main content

ARIMA Auto Regressive Integrated Moving Average

Materi ARIMA adalah salah satu materi dari Peramalan Bisnis (Business Forcasting) yang menelaah peristiwa yang terjadi pada kondisi penjualan perusahaan dengan data-data sebelumnya.. ARIMA diberikan pada mahasiswa untuk menjadi kajian dari metodologi yang dipakai bila mereka melakukan studi analisis dari sebuah perusahaan yang digunakan dalam Skripsi.

Lalu Apa itu ARIMA???
ARIMA adalah metode yang dikemukakan oleh BOB-JENKINS yang kemudian menjadi salah satu alat statistik untuk forcasting yang sulit dilakukan analisisnya bagi yang belum memahami maksudnya.. 

ARIMA merupakan kependekan dari AUTO REGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE. Dari pengertianya kita mendapatkan dua macam bahan dalam kajian ini yaitu 
1. AUTO REGRESSIVE 
2. dan MOVING AVERAGE. 

Untuk mempelajari tentang ARIMA kita perlu memahami terlebih dahulu mengenai keduanya untuk memecahkan perkara dari suatu masalah dalam data yang diolah untuk suatu hasil tertentu dalam TIME SERIES. Model Arima ini merupakan kelas yang terspesialisasi dari teknik penyaringan linear (Linear Filtering) yang mengabaikan independent variable secara total dalam membuat peramalan.

Alat ini digunakan untuk menentukan nilai sekarang atau nilai masa lalu dari variable dependent untuk memproduksi peramalan jangka pendek yang akurat.

Nah kapan kita Melukan Peramalan dengan ARIMA???
# Ketika kita tidak tahu determinant dari variable yang akan dimasukka dalam forcasting
# Datanya pada keadaan causal variable (variable sebab akibat) yang tidak dapat digunakan

Sebagai contoh: yaitu ketika kita melakukan forcasting terhadap nilai pasar suatu saham yang digunakan  oleh Analisis para Broker yang kebanyakan datanya pada kondisi pergerakan harga pasar di masal lalu...

Misal ARIM ini bisa digunakan Broker untuk melakukan analisis forcasing terhadap pergerakan harga saham ANTM pada Bulan Juli 2012 misalnya... seperti itu.


Nah kembali lagi tentang Metode Bob-Jenkins 
Metode ini adalah yang menjadi inspirasi dari perkembangan ARIMA. Secara murni, Metode Bob-Jenkins adalah metode yang versi univariat dari sebuah metodologi yang memprojec-kan secara sendiri dari metode forcasting time series.


ARIMA tidak membuat asumsi tentang ketentunan jumlah berkenaan bobot relatif (relative weight) yang akan digunakan untuk melakukan forcasting pada bobot relatif tersebut. Analis memilih model yang tepat, termasuk tentang masalah jumlahnya, Metode yang digunakan untuk menghitung koefisien menggunakan metode nonlinier kuadrat terkecil.

AUTO REGRESSIF (AR)

Yt = bo + b1 Yt-1 + …. + bp Yt-p + e
Ketentuan AR
#Variable independent tidak berkorelasi satu sama lain
# Koefisien Regresi dapat ditemukan dengan menggunakan metode non-linear least square 
# AR adalah Jumlah observasi masa lalu termasuk di dalamnya forcasting data periode ke depan.

MOVING AVERAGE (MA) 
Yt = e + wt et-1 + …. + wq et-q
Metode ini mirip dengan metode exponential smoothing.
Untuk lebih memahami tentang ini saya telah mengupload data saya berupa ppt yang dapat kalian download
dengan klik gambar di bawah ini:


 
 

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …