Skip to main content

Bagaimanakah Qunut Subuh?


Tulisan Ini saya ambil dari:  

          
Sebelumnya perlu diketahui bahwa QUNUT NAZILAH disyari’atkan disetiap shalat fardhu tanpa mengkhususkan shalat tertentu. Adapun Qunut Shubuh yang biasa dilakukan adalah masalah yang diperselisihkan, tapi perlu dimengerti bahwa shalat Shubuh tetap sah baik memakai Qunut ataupun tidak. 
Tapi manakah yang lebih sunnah? memakai Qunut atau tidak?

Ulama sepakat bahwa tidak ada Qunut di shalat Maghrib, Isya, Dzuhur dan Ashar. Adapun di shalat Shubuh mereka berbeda pendapat

#Ulama yang mengatakan disunahkannya qunut di shalat Shubuh  berhujjah dengan yang berikut ini:

1.   Anas Ibnu Malik radliyallahu ‘anhu berkata:

كَانَ الْقُنُوْتُ فِي الْمَغْرِبِ وَالْفَجْرِ

“Adalah pernah qunut di shalat Maghrib dan Fajr (Shubuh)”.  
(HR. Bukhari)

2.   Al Bara’ Ibnu ‘Azib radliyallahu ‘anhu berkata:

أَنَّ الَّنِبَّي  صلى الله عليه وسلم كَانَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ وَالْفَجْرِ

Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah qunut di shalat Maghrib dan Fajr (Shubuh)”.  
(HR. Ahmad, Muslim, dan At Turmudzi, beliau berkata: Shahih)


3.   Anas Ibnu Malik radliyallahu ‘anhu berkata:

فَأَمَّا فِي الصُّبْحِ فَلَمْ يَزَلْ يَقْنُتُ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

“Adapun di shalat Shubuh beliau (Rosul) senantiaa qunut ampai beliau meninggal dunia
 (HR. Ad Daruquthni, Ahmad, Al Baihaqi dan Al-Hakim)


#Adapun ulama yang tidak menganggap sunnah Qunut Shubuh mereka berhujjah dengan dalil-dalil yang kuat:

أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم  قَنَتَ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوْعِ يَدْعُوْ عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan Qunut selama sebulan setelah ruku’ mendo’akan celaka beberapa suku Arab kemudian beliau meninggalkannya”. 
 (HR Al Bukhari dan Muslim)  


Jelas sekali bahwa beliau meninggalkan Qunut, dan juga menjelaskan bahwa Qunut beliau itu Qunut Nazilah bahkan yang lebih jelas dari itu perkataan Anas radliyallahu ‘anhu:

أَنَّ النَّبِيَّ e  لَمْ يَقْنُتْ إِلاَّ إِذَا دَعَا لِقَوْمٍ أَوْ عَلَى قَوْمٍ

“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan Qunut kecuali jika  mendoakan suatu kaum atau mencelakakan suatu kaum”.  
[dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah]    

Bahkan yang lebih jelas dari itu Sa’ad Ibnu Thariq Al Asja’i, berkata: Saya berkata pada bapakku:

يَا أَبَتِ إِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَأَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ أَفَكَانُوْا يَقْنُتُوْنَ فِي الْفَجْرِ ؟ قَالَ :أَي بُنَيَّ مُحْدَثٌ

“Ayahanda, sesungguhnya engkau telah mengalami shalat dibelakang Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali, apakah mereka melakukan qunut dishalat Fajr [Shubuh]?  beliau menjawab:  
“Hai Anakku [qunut itu] Muhdast (hal baru)”. 
 [Hadist Hasan riwayat Imam Ahmad, An Nasai, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah].

Ini jelas sekali menerangkan bahwa Qunut yang dikenal itu tak pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Khalifah yang Empat. 

#Jawaban Atas Dalil Kelompok Pertama

Kami tidak pernah berbeda pendapat dengan anda bahwa Qunut itu pernah dilakukan tapi yang jadi perbedaan adalah kelangsungan Qunut. Karena kata كان di dalam hadist itu tidak menunjukkan kelangsungan perbuatan secara terus menerus, sebagai mana dikatakan oleh Imam An Nawawi dari Jumhur Muhaqqiqin, dan kalau seandainya juga kata كان  menunjukkan terus menerus, ini tidak menafikan Qunut itu ditinggalkan pada akhirnya, buktinya Qunut di Shalat Maghrib tidak ada padahal hadistnya bersatu dengan Qunut Shubuh
Dan jika anda masih bersikeras menganggap Qunut Shubuh itu sunnat kenapa anda tidak melakukan Qunut-Qunut di Shalat Maghrib juga Shalat Fardhu lainnya? 
Ini jawaban atas dalil I dan II.
  • Adapun dalil ketiga, seandainya hadits itu shahih tentu menjadi hujjah buat anda atas kami, tapi sayangnya hadits itu dha’if karena di dalam sanadnya ada perawi yang bernama Abu Ja’far Ar Razi yang telah di anggap dha’if oleh para ulama.
Abdullah Ibnu Ahmad berkata:ليس بالقوي   (tidak kuat)
Ali Ibnu Al Madiniy berkata: إنه يخلط (sesungguhnya dia ngawur)
Abu Zar’ah berkata: يهم كثيرا (banyak wahmnya)
Amr Ibnu Ali Al Falas berkata: صدوق سيءالحفظ
Ibnu Ma’in berkata: ثقة ولكنه يخطئ
Ad Dauriy berkata: ثقة ولكنه يغلط
As Sajjiy berkata: صدوق ليس بالمتقن

Bahkan hadits ini bertentangan dengan hadits Anas sendiri yang juga sama dha’if, diriwayatkan oleh Al Khatib dari jalan Qais ibnu Ar Rabi’ dari ‘Ashim Ibnu Sulaiman, kami berkata kepada Anas: 
Sesungguhnya orang-orang beranggapan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa Qunut di shalat Fajr !! 
Anas berkata   
“Mereka bohong (salah), Beliau (Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam) hanya Qunut satu bulan mendo’akan (celaka) satu suku orang musyrik .

Oleh sebab itu jika mau jujur dan disiplin dalam ilmu, kita pasti mengatakan bahwa Qunut itu tidak di syariatkan kecuali Qunut Nazilah dan qunut witir

Adapun Qunut Shubuh  maka ia tidak disyariatkan. 

(Abu Sulaiman Aman Abdurrahman)

Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …