Skip to main content

Sistem Informasi

Produk Apple
       Kita terlalu sering mendengarkan kata informasi dalam kehidupan kita sehari-hari, karena begitu banyak hal-hal yang berhubungan dengan informasi dalam kehidupan kita. Televisi yang kita tonton, surat kabar yang kita baca, bahkan radio yang kita dengar, iklan yang kita lihat, Facebook dan Twitter yang kita access setiap hari dan masih banyak hal lain yang kita hubungkan dengan kata informasi. Begitu pentingkah informasi? apa perlunya paham tentang informasi?

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, informasi dari pesaing sangatlah penting untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
Persaingan antar Perusahaan yang bergerak di bidang yang sama yaitu Industri Semen.



      Sekarang kita menghadapi era globalisasi, yang mana percepatan informasi yang kita terima dari sumber informasi semakin mudah kita terima kapan pun, dan dimanapun kita berada. Informasi membawa kita pada sebuah keputusan yang secara tidak langsung mungkin tidak kita sadari bahwa kita akan menggunakanya untuk sebuah keputusan. 
Sebagai contoh:
Saat kita berbelanja, kita memutuskan apakah membeli suatu barang di Indomart atau di Alfamart? tentu hal ini secara cepat bergerak di dalam benak kita ketika pengalaman berbelanja yang pernah kita alami saat berbelanja di kedua tempat tersebut. Hal ini menuntun kita pada sebuah kesimpulan yang dapat memutuskan kita untuk membeli sebuah produk. Kita menggunakan informasi dalam kehidupan kita, masih banyak contoh lainya, misalkan saat kita membeli shampoo, maka dalam benak kita pun akan bekerja untuk mengambil suatu keputusan pembelian. keputusan pembelian ini sering kali dan bahkan hampir selalu kita dapatkan dari informasi yang kita dapatkan dari produk dan jasa yang kita ketahui.

      Perusahaan yang banyak melibatkan internet dalam usahanya akan sangat membutuhkan informasi dalam kelangsungan hidup perusahaan.
      Lalu, apakah itu Informasi??
Di saat kita memahami informasi, maka kita akan disuguhi dengan terminologi-terminologi lain yang berhubungan dengan informasi. Seperti Data, Input, Proses, Output. Sekarang kita kupas masing-masing terminologi tersebut.
Apakah Itu Data??
Data adalah sekumpulan fakta mentah yang mewakili suatu kejadian.
Data selalu menghiasi suatu penelitian kita, tentang sesuatu. Dimanapun kita meneliti, maka kita akan membutuhkan data untuk melakukan observasi dalam penelitian kita.
Apakah itu Input??
Input adalah merekam data mentah, dari luar maupun dari dalam organisasi.
Organisasi disini bisa berarti perusahaan, atau hal lain yang termasuk dalam konteks organisasi.
Apakah itu Proses??
Proses adalah merubah data mentah menjadi bentuk yang berarti.
Kebanyakan data mentah itu belum mempunyai arti, maka proses akan memegang peranan dalam memberikan arti pada sebuah data. Misalkan, kita hanya menjumpai angka-angka pada sebuah penelitian, 1, 2, 3, 4, 5 maka data tersebut tidak mempunyai arti bagi sebuah penelitian, dengan adanya proses maka angka tersebut memiliki arti. Angka 1-5 ternyata bisa diproses pada tingkat kepuasan pelanggan di dalam hal ini adalah skala likerd.
Apakah itu Output??
Output adalah mengirimkan informasi kepada orang/aktivitas yang membutuhkan.
Setelah data diproses, maka kita akan mendapatkan output dari sebuah penelitian, pada kasus yang ada pada Proses tadi yang menghitung tingkat kepuasan sebagai contoh, maka informasi tingkat kepuasan tersebut dikirimkan kepada manajer marketing, sehingga data dari output tersebut akan mengangkat sebuah keputusan terhadap pemasaran.
Mengapa Sistem informasi penting dalam bisnis saat ini?
Sistem informasi merupakan dasar bagi jalanya bisnis saat ini. Di banyak industri, kelangsungan hidup perusahaan sangatlah penting dalam membantu jalanya perusahaan dalam ekonomi global. Organisasi mencoba untuk menjadi lebih kompetitif dan efisien dengan mengubah dirinya menjadi perusahaan digital yang menggunakan teknologi digital dalam proses bisnis inti, hubungan pelanggan, pemasok, dan karyawan. Bisnis saat ini menggunakan sistem informasi untuk mencapai tujuan utama organisasi: 
  • Keunggulan operasional
  • Produk baru
  • pelayanan dan model bisnis
  • Hubungan pelanggan-pemasok
  • Meningkatkan proses pengambilan keputusan, 
  • Keunggulan kompetitif
  • Kelangsungan hidup dari hari ke hari.


Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …