Skip to main content

Faktor Pendukung Seorang Wanita Meraih Sifat-sifat Istri Sholihah



" persiapan nikah itu tidak sebatas membeli baju, kursus memasak, dan semisalnya. Namun yang justru paling utama disiapkan adalah ilmu syar'i termasuk ilmu yang diajarkan syari'at tentang berumah tangga seperti pengetahuan hak dan kewajiban istri, hak dan kewajiban suami, cara mendidik anak, dan semisalnya"





Pelajaran dari kisah sahabiah telah kita petik, namun tersisa pertanyaan di benak, apa gerangan faktor yang dapt membantu seorang wanita untuk memiliki sifat-sifat istri sholihah? beberapa faktor tersebut diantaranya dapat kita rinci berikut ini.











1. Mengenal Alloh Swt dan sifat-sifat-Nya yang mulia,

Yang mana hal ini mendorongnya untuk taat kepada Alloh Swt dan tunduk di bawah seluruh ketetapan-Nya. Di antara yang ditetapkan Alloh Swt adalah keharusan seorang istri memperhatikan dan memenuhi hak-hak suami yang sedemikian besar terhadapnya, sampai-sampai Rosululloh Saw.bersabda:

" Tidak layak bagi manusia untuk sujud kepada manusia. Sekiranya layak seorang manusia sujud kepada manusia lain, niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya, karena besarnya hak suami terhadapnya. Demi Dzat yang jiwaku berada di TanganNya, seandainya pada kaki suami sampai belahan rambutnya ada luka yang membusuk kemudian dia (istri) menghadap ke luka tersebut lalu menjilatnya, maka belumlah dia memenuhi hak suaminya."
(HR.Ahmad dan selainya, Shohih Al Jami' Ash Shaghir no.8602).


2. Berilmu sebelum beramal.

Sepantasnya seorang wanita yang hendak melangkah ke gerbang pernikahan mempersiapkan ilmu yang cukup mengenai kehidupan berkeluarga. Karena persiapan nikah itu tidak sebatas membeli baju, kursus memasak, dan semisalnya. Namun yang justru paling utama disiapkan adalah ilmu syar'i termasuk ilmu yang diajarkan syari'at tentang berumah tangga seperti pengetahuan hak dan kewajiban istri, hak dan kewajiban suami, cara mendidik anak, dan semisalnya. Dengan bekal ilmu ini, seorang wanita akan mengetahui apa yang diinginkan syarat yang mesti ditunaikan olehnya dalam rumah tangganya.







3. Bersemangat untuk meraih surga yang sarat dengan kenikmatan yang belum pernah dipandang oleh mata,

tidak pernah pula terlintas di benak manusia. Karena berhias dengan sifat-sifat istri shalihah agar mengantarkan seorang wanita kepada surganya Alloh Swt. sebagaimana sabda Rosululloh Saw

" Apabila seorang wanita sholat lima waktu puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluanya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai."
(HR. Ahmad Shahih Jami', no. 660-661)

dan sabda beliau tentang wanita ahlul jannah (penghuni surga)
" maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga? yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. dimana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya seraya berkata: " Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridho."
(HR. An Nasa'i dalam isyratun nisa no.257. Silsilah Al Hadits Ash Shohihah, Asy Syaikh Albani no.287).


4. Takut terhadap adzab Alloh Swt yang pedih dan murka-Nya bagi pelaku maksiat
Sementara melanggar hak suami dengan sengaja dan durhaka kepadanya termasuk perbuatan maksiat yang diancam dengan siksa.
Rosululloh Saw bersabda:  

"Ada tiga golongan manusia yang tidak akan ditanya tentang mereka yaitu seseorang yang memisahkan diri dari jama'ah kaum muslimin dan bermaksiat kepada pimpinanya lalu ia meninggal dalam keadaan bermaksiat maka kamu jangan tanyakan tentang dia. (kedua) budak wanita atau laki-laki yang melarikan diri dari tuanya. dan (ketiga) istri yang suaminya pergi dan telah dicukupkan kebutuhan dunianya kemusian ia memamerkan perhiasan dan kecantikanya (tabaruj) dan bermaksiat sepeninggal suaminya. Maka mereka ini tidak akan ditanya."
(HR.Bukhori dalam Al Adabul Mufrad no.590 dishohihkan asy syaikh albani 202 dan dalam ash shahihah 542).

Demikian pula jika seorang istri tidak pandai bersyukur kepada suaminya malah mengkufuri kebaikanya, maka an nar (neraka) lah yang dijanjikan baginya, sebagaimana sabda Nabi Saw.

" Di perlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur." ada yang bertanya kepada beliau: "apakah mereka kufur kepada Alloh Swt?".beliau menjawab: " Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikanya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka(istri) setahun penuh, kemudian dia melihat dirimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: " Aku tidak pernah melihat kebaikan sekali pada dirimu.
(HR.Al Bukhori no.29 Muslim no.907).





5. Berteman dengan wanita-wanita yang sholihah, duduk bersama mereka, mendengarkan pembicaraan mereka dan mencontoh perilaku serta akhlak mereka yang mulia. Sebaliknya menjauhi teman-teman yang fasik, tidak bergaul dengan mereka dan berpaling dari perilaku mereka yang buruk. Karena keberadaan seorang teman akan mempengaruhi seseorang, bila ia berteman dengan orang yang baik, ia akan terdorong untuk berbuat baik pula. Sebaliknya, bila berteman dengan orang yang jelek dan rusak akhlaknya, sedikit banyak ia akan terpengaruh dan terasa berat baginya berbuat baik. Rosululloh Saw bersabda:

"Perumpamaan teman duduk yang baik dan teman duduk yang jelek seperti penjual parfum dengan pandai besi. Tidak terlepas bagimu dari penjual parfum itu (bila engkau duduk denganya) (dua perkara) yaitu bisa jadi engkau membeli parfumnya ataupun (bila engkau tidak membelinya) engkau mendapat darinya wangi yang semerbak. Sementara (duduk dengan) pandai besi bisa jadi (api yang ditiupnya) akan membakar rumahmu atau pakaianmu atau engkau dapatkan darinya bau yang busuk."
(HR.Al Bukhori no.2120 dan muslim no.2628).



6. Memilih suami yang sholih dan berakhlak mulia. langkah ini jelas dilakukan sebelum seorang wanita memutuskan untuk menerima pinangan seorang laki-laki. Hendaklah ia memperhatikan siapa lelaki yang datang meminangnya, apakah lelaki yang datang yang sholih atau lelaki yang tholih (tidak sholih). Bila lelaki itu sholih dan berkenan di hatinya, maka sepantasnya ia menerimanya, karena dengan bersuamikan lelaki yang sholih akan membantunya dalam meraih kebaikan yang banyak. Suami yang sholihah lah yang mengerti apa yang harus dilakukannya dalam rumah tangganya dan mengerti tentang tanggung jawab dan kewajibanya. Dia akan mendidik istrinya dengan pendidikan yang baik dan menuntun istrinya menuju kebahagiaan yang hakiki dan berupaya menjauhkan dari siksa yang pedih di alam sana. Hanya suami yang sholihah yang mengerti dan menjalankan firman Alloh Swt:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
(QS. At Tahrim: 6)

 

Wallohu a'lam Bishowab.. 




Comments

Popular posts from this blog

ATM BNI, Cara menggunakan ATM BNI, Langkah-langkah ambil uang di ATM BNI, Cara Transfer di ATM BNI

ATM merupakan 3 huruf yang akrab sekali di kalangan mahasiswa, atau seseorang yang supersibuk dengan mobilitas tinggi dalam transaksi jarak jauh. ATM seringkali menjadi tempat pilihan bagi setiap orang yang menginginkan transaksi mudah dan cepat, serta tidak perlu sibuk-sibuk menunggu di gedung resmi bank, atau tidak perlu juga berhadapan dengan SATPAM, yang selalu ramah menyapa nasabah, tidak perlu cermat dalam melihat nomor antrian dll. ATM merupakan Automatic Teller Machine, yang menjadi perwakilan bank dalam melayani anda dimanapun anda berada.  


ATM BNI
ATM BNI kerapkali kita temui sebagai ATM yang memiliki corak yang khas dengan warna dominan orange dan hijau. ATM BNI ini merupakan salah satu fasilitas yang diadakan oleh BANK BNI ataupun BNI syari'ah untuk melayani nasabahnya dalam kemudahan bertransaksi.
Untuk sementara ini, seluruh ATM BNI yang dipakai dapat dilakukan transaksi yang berhubungan dengan BNI konvensional, dan BNI syari'ah serta beberapa bank yang masuk ker…

ATM BRI | Cara Menggunakan ATM BRI | Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI | Cara Transfer melalui ATM BRI

ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang dibikin oleh BANK BRI untuk mempermudah nasabah dalam mengambil uang atau transfer kapan pun,, dimanapun selama ada ATM BRI hal itu dapat dilakukan.


Sudah banyak dari kita mengetahui apa itu ATM, apa Kepanjangan ATM, maka dalam pembahasan kali ini kami tidak akan mengulanginya lagi,, karena singkatan ATM begitu tidak asing lagi di telinga kita. 



Cara Mengambil uang melalui ATM BRI Masukkan kartu ATM AndaPilih Bahasa,(Tips Aman Bertransaksi di ATM) Tekan LANJUTKANMasukkan PIN AndaPilih Nominal Uang yang anda ingin ambil, jika pilihan uang yang anda ambil tidak ada, pilih Transaksi LAINYA.





1.) Masukkan Kartu ATM BRI Anda,

Perhatikan arah memasukkan Kartu BRI Anda,, kurang lebih lihat foto di bawah ini,, Jika anda salah / keliru dalam memasukkan, maka otomatis mesin akan menolak kartu anda. Tetapi jika anda benar dalam mengarahkan masuknya kartu ke mesin ATM BRI,, maka anda akan mendapati 2 kemungkinan,, kemungkinan pertama kartu anda akan mudah …

Informasi Transportasi: Rute Perjalanan Bus Harapan Baru Banyuwangi-Trenggalek; dan Informasi Tarif

Bus Harapan Baru  ada mempunyai trayek perjalanan antara Trenggalek - Banyuwangi. Artikel tentang Informasi Transportasi kali ini saya tulis perihal informasi yang saya punya tentang rute perjalanan Bus Harapan Baru Trenggalek-Banyuwangi. Kita telah mengetahui bersama, bahwa informasi tentang alat transportasi itu sangat penting untuk diketahui oleh pemudik. Pengetahuan tentang informasi sebuah alat transportasi membuat pemudik lebih siap dalam mengarungi perjalananya seperti menyiapkan jumlah uang yang harus dibawa, kemana dia harus turun, serta memperkirakan lamanya perjalanan.



Bagi kalian para mahasiswa yang kuliah di Jember (Unej) dan sekitarnya..maka nama bus ini mungkin tidak asing lagi kedengarannya.. terutama bagi mahasiswa yang berasal dari Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan sekitarnya. Karena bagi anda terdapat 2 pilihan perjalanan dengan menggunakan bus atau menggunakan kereta api. Kalau anda menggunakan bus, anda bisa memakai Bus Harapan Baru, atau bisa juga memakai Bus …